* *
BREAKING

Monday, 15 July 2019

Sociotrip Tebar Hewan Kurban Bersama Dompet Dhuafa, Yuk Jangan Takut Berkurban

Foto : www.bowosusilo.com

Assalamualikum sahabat muslim semuanya…

Bagaimana kabarnya? Semoga senantiasa diberikan kesehatan ya, Aamiin…

Minggu lalu saya berkesempatan untuk mengikuti “Sociotrip Tebar Hewan Kurban” yang diadakan oleh Dompet Dhuafa. Tentunya saya excited banget, karena bisa mengikuti acara ini bersama Dompet Dhuafa. Jadi, saya dan teman-teman blogger serta teman-teman media diajak mengunjungi salah satu peternakan yang ada di Cianjur. Namanya Peternakan Al-Ikhwan yang terletak di Kecamatan Cibeber.

Saya dan teman-teman blogger serta teman-teman media berangkat dari Jakarta pukul 08:30 menuju Cianjur. Perjalanan kurang lebih 4 jam setengah, karena sempat nyasar juga hehe. Peternakan Al-Ikhwan yang dikunjungi ini terletak di deket persawahan gitu, jadi memang letaknya agak kedalam. Kalau belum pernah kesana, tentu harus jelih jalan-jalannya hehe.

Foto : www.bowosusilo.com

Sampai di Peternakan Al-Ikhwan, kami langsung makan siang bersama-sama. Tentunya nikmat banget bisa makan bersama ditengah sawah dengan suasana yang khas banget. Suasana yang seperti ini jarang kita temui, apalagi buat yang tinggal di Ibukota hehe.

Setelah makan siang selesai, acara pun dimulai. Nah diacara ini membahas soal Hari Raya Kurban bersama Dompet Dhuafa loh. Tentu ini adalah bahasan yang sangat menarik bagi kita semua sebagai umat muslim. Tak terasa Hari Raya Kurban tinggal sebulan lagi. Ini artinya, bagi umat muslim yang memiliki rezeki lebih, sangat dianjurkan untuk melaksanakan Ibadah Kurban.

Hari Raya Kurban tentu momen yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim. Tentunya masih ingat dengan peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT yang memerintahkannya untuk menyembelih anaknya Ismail dan menggantinya dengan seekor kambing. Oleh sebab itu, di Hari Raya Idul Adha atau sering juga disebut Hari Raya Kurban, sangat dianjurkan bagi seorang muslim yang berkecukupan untuk melaksanakan kurban. Hewan untuk berkurban ini, boleh sapi atau kambing.

Tentu sahabat muslim sudah tidak asing lagi kan dengan Dompet Dhuafa. Ya, Dompet Dhuafa meruapakan lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis dan juga wirausaha sosial.

Dompet Dhuafa tiap tahunnya juga selalu menjadi lembaga yang menyalurkan hewan kurban. Nah sahabat muslim semua bisa loh berkurban melalui Dompet Dhuafa. Berkurban melalui lembaga memiliki nilai istimewa. Nilai utama berkurban melalui lembaga yaitu kesehatan ternak terjaga dengan baik, mutu dan kualitasnya teruji, daging-daging kurban dapat tersalurkan secara tepat, sesuai tujuannya hingga menumbuhkan perekonomian para peternak kecil yang telah menjadi mitra  THK Dompet Dhuafa.

Foto : www.bowosusilo.com

Sudah tidak diragukan lagi jika sahabat muslim semua menggandeng Dompet Dhuafa untuk berkurban. Tentunya semuanya akan dijalankan dengan baik dan amanah. Diera yang serba digital ini, makin gampang banget kalau ingin menunaikan Ibadah Kurban. Melaksanakan Ibadah Kurban bisa dilaksanakan dimana saja.

Oiya tahun ini Dompet Dhuafa menargetkan kurban sebanyak 30.000 ekor dan pendistribusiannya menjangkau 34 Provinsi di Indonesia loh. Tentunya ini sangat luar biasa ya, mengingat Indonesia yang begitu luas. Dompet Dhuafa bisa terus mengupayakan untuk bisa merata ke seluruh Indonesia.

Selain di 34 Provinsi di Indonesia, pendistribusian hewan kurban juga akan disalurkan ke tujuh Negara sahabat seperti Timor Leste, Filipina, Myanmar, Vietnam, Palestina, Thailand dan Bangladesh. Hewan Kurban yang akan disalurkan ini tentu sudah memenuhi standar dan juga mutu kualitas.

Dompet Dhuafa terus melakukan pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan sudah melewati tahapan seleksi. Selain itu juga, Dompet Dhuafa juga melakukan pendampingan terhadap peternak lokal yang sudah menjadi mitranya. Sehingga hewan yang untuk berkurban tersebut sudah terseleksi oleh tim Quality Control tim Dhuafa.

Dompet Dhuafa juga memiliki Program Kampoeng Ternak Nusantara sebagai upaya lembaga untuk memasarkan hewan ternak dari para peternak lokal. Dengan demikian, para peternak lokal tidak kebingungan lagi untuk dapat menjual hewan peliharaannya.

Foto : www.bowosusilo.com
Foto : www.bowosusilo.com

Foto : www.bowosusilo.com

Oiya kemarin saya dan teman-teman blogger serta teman-teman media juga diajak berkeliling langsung melihat peternakan kambing loh. Kambing yang ada di Peternakan Al-Ikhwan ini lumayan banyak dan lucu-lucu haha. Tentunya kandangnya juga bersih, kambingnya sehat-sehat dan gemuk hehe.

Seneng banget bisa mengikuti sociotrip yang diadakan Dompet Dhuafa. Semoga peternakan Al-Ikhwan bisa terus berkembang, Aamiin..

Yuk sahabat muslim semua, #JanganTakutBerkurban karena berkurban banyak banget hikmahnya. Salah satunya adalah mensucikan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Selamat menyambut Hari Raya Idul Adha 1440H dan jangan lupa untuk berkurban ya bagi yang mampu :)

Salam,








About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

11 comments:

  1. Yuk ah laksanakan qurban moga dimudahkan rezekinya untuk membeli hewan qurban. Lembaga filantropi seperti sangat membantu bagi pekurban, terlebih harganya pun lebih miring

    ReplyDelete
  2. #JanganTakutBerqurban ya kalau memang ada yag kayak dompet dhuafa ini bagus banget

    ReplyDelete
  3. Terpercaya banget ya Dompet Dhuafa ini. Dari mulai pemilihan daging kurban hingga pendistribusiannya pun sudah berjalan baik

    ReplyDelete
  4. Masyaaaallah tahuni ini Dompet Dhuafa menargetkan kurban sebanyak 30.000 ekor dan pendistribusiannya menjangkau 34 Provinsi di Indonesia. Semoga bisa terlaksana ya

    ReplyDelete
  5. Prosedurnya bagus banget ya. Jadi kualitas daging korban pasti terjamin

    ReplyDelete
  6. Keren nih yah acaranya, sampe inget mobil blogger nyasar-nyasar nyari lokasi peternakannya hahaha.

    ReplyDelete
  7. maunya sih tiap tahun bisa berkurban, apalagi ini program kurban dari dompet dhuafa bagus banget deh, benar2 menjaga amanah buat yang ingin berkurban. mudah2an tahun depan bisa ikutan kurban dengan dompet dhuafa

    ReplyDelete
  8. Ahhh seru banget ya acaranya... jadi ingat sebentar lagi Idul Adha ya, waktunya berkurban. Dan berkurban lewat Dompet Dhuafa memang terpercaya banget ya...

    ReplyDelete
  9. Selamat berqurban kemarin ...
    Eh, hari ini masih ada deg

    ReplyDelete
  10. Asik banget ini bisa ikutan Sociotrip bersama Dompet Dhuafa. Apalagi bisa melihat langsung peternakan kambing di Cianjur, Dompet Dhuafa nih selalu jempolan deh programnya.

    ReplyDelete
  11. Dompet Dhuafa ini salah satu lembaga yang patut diacungi jempol. Konsen mereka pada pemberdayaan peternak pastilah sangat membantu para peternak tersebut. Di sisi lain, memudahkan juga bagi kita yang ingin berbagi berkat untuk orang lain. Sukses selalu ya buat Dompet Dhuafa

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT