* *
BREAKING

Monday, 22 April 2019

Andaliman Bumbu Khas Orang Batak

Foto : www.bowosusilo.com 
"Andaliman"

Ada yang masih belum tau kah, apa itu Andaliman? Kalau orang batak pastinya sudah tau lah ya, karena ini merupakan ciri khas orang Batak hehe.

HORAS!
Andaliman adalah bumbu khas dari tanah Batak, bumbu ini sudah dikenal oleh nenek moyang orang batak. Andaliman ini menjadi kebutuhan yang pokok bagi orang Batak khususnya, karena digunakan untuk bumbu memasak makanan khas batak. Sebelum teknologi berkembang ditanah batak, orang batak bisa menikmati hidangan ikan atau daging yang masih mentah yang disebut Dengke Naniura atau Manuk Naniura.

Andaliman (foto : www.bowosusilo.com) 

Andaliman ini bumbu ajaib, karena aroma dan sensasi khas dari Andaliman yang tidak dapat disamakan dengan bumbu lain di dunia. Dengan Andaliman, makanan mentah bisa menjadi hidangan yang nikmat.

Nah, minggu lalu tanggal 6 April 2019 saya dapat kesempatan untuk menghadiri undangan dari Mas Amril Taufik Gobel. Tentunya saya excited banget dapat kesempatan ini. Karena bisa banyak belajar tentang apa itu Andaliman, langsung dari pakarnya yaitu orang batak asli.

Ini dia Andaliman khas Batak (foto : www.bowosusilo.com) 
Acara berlangsung di Almond Zucchini Cooking Studio. Sekitar 50 Blogger hadir pada acara ini. Bukan hanya saya saja yang excited ikut acara ini, tapi teman-teman Blogger lain pun sangat semangat sekali. Karena jarang-jarang bisa belajar langsung untuk mengetahui rempah Andaliman ini.

Acara ini dimoderatori oleh Mas Amril Taufik Gobel. Dan tentunya menghadirkan pembicara-pembicara yang expert dibidangnya masing-masing.

Pembicara yang pertama yaitu Dr. Kartini Sjahrir, selaku Pembina Yayasan Doktor Sjahrir. Yayasan Doktor Sjahrir dibentuk dengan tujuan untuk dapat menjaga, merawat dan melestarikan aset kuliner. Nah Andaliman ini patut dan wajib dilestarikan, jangan sampai punah nantinya.

Andaliman cita rasa Danau Toba yang memiliki potensi besar untuk dapat dikembangkan sebagai produk kuliner andalan nasional. Bukan hanya menjadi produk lokal saja, Andaliman sudah menyebar di seluruh Indonesia bahkan ke mancanegara. Dengan adanya Yayasan Doktor Sjahrir ini diharapkan dapat menjembatani untuk mengenalkan kuliner khas nusantara di kancah nasional dan internasional.

Sambal khas Andaliman (foto : www.bowosusilo.com) 

Hadir juga Dr. Amanda Katili Niode dari Yayasan Omar Niode. Dalam sambutannya, beliau sangat mendukung dalam mengenalkan makanan khas Indonesia ke luar negeri. Kuliner yang sangat banyak di Indonesia, wajib dijaga dan terus dilestarikan.

Dalam acara kali ini, juga hadir Dr. Wan Hidayati, Msi selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara. Beliau merupakan sosok yang sangat semangat dalam berbagai hal termasuk salah satunya ialah mengenalkan Andaliman ini ke kancah nasional dan internasional. Dr. Wan ini, terus meningkatkan pariwisata yang ada di Sumatera Utara agar maju dan diminati oleh para wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Sumatera Utara memiliki banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan. Oleh sebab itu, beliau terus semangat mengembangkannya dan meminta dukungan dari masyarakat lokal itu sendiri.

Salah satu yang sedang dikembangkan oleh Dr. Wan ini adalah Taman Eden 100 milik Pak Marandus. Taman Eden milik Pak Marandus ini terus dikembangkan dan merupakan warisan turun temurun yang gak dijual.

Dalam mengembangkan potensi alam yang ada di Sumatera Utara, juga mendapat dukungan penuh oleh Ir. Murni Titi Resdiana, MBA dari Kantor Utusan Khusus Presiden Bidang Pengendalian Iklim. Apalagi soal pengembangan Taman Eden 100 ini, tentu sangat baik. Karena bisa menjaga lingkungan tetap rindang dan nyaman. Kalau sampai semua hutan itu ditebang, maka perubahan iklim pun akan semakin buruk.

Demo Masak (foto: www.bowosusilo.com) 

Setelah acara pemaparan dari semua narasumber selesai, dilanjutkan dengan demo masak. Nah ini dia yang ditunggu-tunggu oleh teman-teman Blogger hehe. Karena jarang sekali bahkan tidak pernah saya memasak menggunakan Andaliman. Makanya excited banget untuk ikutan menyaksikan demo masak kali ini yang mengkreasikan masakan menggunakan Andaliman khas Batak.

Nah demo masak kali ini, membuat berbagai macam menu diantaranya sate Lilit Khas Andaliman, nasi goreng khas Andaliman. Dan masakan yang dihilangkan pun semua menggunakan Andaliman. Waaaaah penasaran banget kan buat cobain. Apalagi ini merupakan pertama kali saya makan menggunakan Andaliman.

Bumbu Andaliman ternyata memang khas banget rasanya. Rasa bumbu ini tidak dimiliki oleh bumbu yang lainnya. Pokoknya khas gitu hehe. Kerasa banget rasa rempahnya.

Oiya Andaliman ini bisa dikreasikan diberbagai makanan loh, hampir semua bisa dikreasikan dengan rempah Andaliman. Produk-produk yang dikreasikan dengan Andaliman diantaranya :

  • Sambal Andaliman 
  • Keripik Andaliman 
  • Kacang Telor Andaliman 
  • Sasagun Andaliman 

Tentunya masih banyak lagi yang bisa dikreasikan dengan bumbu rempah Andaliman ini ya guys. Silahkan berkreasi dengan menggunakan Andaliman hehe

Semoga Andaliman terus bisa dilestarikan dan menjadi warisan kuliner nusantara.



#rempahandaliman

Salam,
www.bowosusilo.com



About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT