BREAKING

Saturday, 30 March 2019

Menjadi Smart Citizen Bersama Qlue

Pembukaan Deklarasi Smart Citizen Day oleh Rama Raditya dan Darmin Nasution (Foto : www.bowosusilo.com)
Kamis, 28 Maret 2019 saya berkesempatan untuk menghadiri “Deklarasi Gerakan Smart Citizen”. Acara ini berlangsung di The Opus Grand Ballroom, The Tribrata. Tentunya saya excited banget untuk menghadiri acara ini, karena memang dunia teknologi dari tahu ketahun berkembang dengan pesat. Mudahnya informasi yang didapatkan menggunakan teknologi digital. 

Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menginisiasi acara “Smart Citizen Day” sebagai deklarasi dan perayaan smart citizen pertama di Indonesia. Dalam acara ini, turut hadir 34 pemuda perwakilan dari setiap provinsi yang mendeklarasikan Gerakan Smart Citizen. Para pemuda perwakilan dari 34 provinsi ini memiliki semangat gotong royong yang tinggi dalam memajukan daerahnya masing-masing. Semangat gotong royong dan optimisme inilah yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia.
 
Deklarasi Smart Citizen Day dari 34 perwakilan provinsi diseluruh Indonesia ( Foto : www.bowosusilo.com)
Rama Raditya selaku Founder dan CEO Qlue dalam sambutannya, Qlue hadir ditengah-tengah masyarakat melihat banyaknya masalah yang komplit dan penanganannya sangat lambat oleh Pemerintah. Inilah awal mula ide dalam pencetusan Qlue. Qlue didirikan pada tahun 2014 di Jakarta yang langsung bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menerapkan konsep Smart City pertama di Indonesia.

Dalam 4 tahun Qlue bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta, Provinsi dan warganya telah melihat hasil nyata, seperti mengurangi potensi titik banjir hingga 94%, meningkatkan kinerja pemerintah sebesar 61,4% dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah sebesar 47%. Nah dengan prestasi-prestasi ini, tak heran jika Qlue banyak mendapatkan penghargaan diantaranya adalah Finalis Starup World Cup, Pemenang Global Smart City Contest oleh World Smart City Organization di London, Inggris.

Melihat capaian ini, Qlue akan terus meningkatkan pelayanan dan terus bekerjasama dengan pemerintah. Selain Rama Raditya, turut hadir juga para tokoh-tokoh inspiratif dari para pemimpin bisnis di berbagai sektor untuk memberikan ide mewujudkan Indonesia Smart Nation.
 
Diskusi Panel dengan berbagai tokoh inspirasi (Foto : www.bowosusilo.com)
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara terus mendukung Qlue dalam berinovasi dan mengajak lapisan masyarakat untuk bersatu dalam gotong royong untuk mewujudkan Smart City. Tentunya bukan hanya Jakarta saja, diharapkan bisa mempercepat gerakan 100 Smart City dengan aplikasi ini. Aplikasi Qlue ini melibatkan langsung banyak elemen masyarakat dalam ikut andil mewujudkan smart city.

Perusahaan-perusahaan besar tentu tidak lepas dengan memanfaatkan gotong royong dalam mewujudkan targetnya. Semuanya butuh gotong royong, inilah eranya semua bisa berkontribusi dalam dunia digital. Masyarakat bisa bergerak cepat dalam melihat apa yang perlu diperbaiki dan langsung menyuarakan kepada pemerintah untuk ditindaklanjuti. Dengan demikian tentu akan mempercepat banyak tercipta smart city yang lainnya. 

Aplikasi Qlue ini bisa di download di android ataupun apps secara gratis. Apalagi sekarang semua serba digital, masyarakat dengan mudah menggunakan aplikasi ini dan berperan langsung dalam mengembangkan kotanya. Qlue membantu memecahkan masalah-masalah urbanisasi dan mendorong transparansi antara pemerintah dan masyarakatnya. Platform qlue ini, mampu memahami dan memprediksi perilaku suatu kota dan masyarakatnya, sehingga membantu para pemimpin membuat kebijakan-kebijakan yang lebih baik. 

Dengan kesadaran masyarakat dan saling gotong royong, tentu bukan hal yang tidak mungkin dalam menciptakan smart city dengan cepat. Kesadaran dalam membuang sampah misalnya, ini adalah hal yang sepele tetapi akan berdampak yang sangat luas apabila tidak dijalankan dengan baik. Kesadaran membuang sampah pada tempatnya harus ditingkatkan dalam memciptakan smart city ini. Malulah dengan melakukan hal-hal yang akan berdampak buruk pada lingkungan.

Melalui kegiatan Smart Citizen Day ini, diharapkan akan membawa dampak positif bagi masyarakat terhadap pentingnya gotong royong. Bukan hanya masyarakat saja, tentu semua pihak baik pemerintah, perusahaan swasta dan semuanya. Dengan demikian Gerakan Smart Citizen Day ini menjadi sejarah dalam pengembangan Smart City diseluruh Indonesia.



Salam,
www.bowosusilo.com  



About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT