BREAKING

Senin, 29 Juni 2015

“Kemeriahan Kulineran di Festival Jajanan Bango 2015”

Kecap Bango yang berada disalah satu stand #FJB2015


Siapa sih yang tidak kenal kecap Bango ?

Pasti tau lah ya.. Kecap yang mereknya terkenal ini bermula dari usaha rumahan di tahun 1928 di daerah Banteng, Tanggerang, Jawa Barat. Nama 'Bango' sendiri dipilih oleh pendirinya dengan satu visi, yaitu agar dapat terbang tinggi hingga manca nergara. Di tahun 1992, PT. Unilever Indonesia menyatakan ketertarikannya untuk meminang kecap Bango, dan akhirnya Kecap Bango pun resmi menjadi salah satu produk kebanggaan PT. Unilever Indonesia pada tahun 2001.

Di bawah bendera PT. Unilever Indonesia, Kecap Bango semakin mengkokohkan dirinya sebagai merek kecap nomor satu di Indonesia yang selalu hadir dalam setiap penyajian hidangan kuliner khas Nusantara. di berbagai kesempatan baik di acara - acara formal maupun masakan sehari - hari dirumah.

Nah pada kesempatan kali ini Kecap Bango mengadakan event yang sangat bergengsi di tanah air, tepatnya di Jakarta.

Sebagai seorang pecinta kuliner, rasanya tidak afdol deh kalau tidak mengunjungi event yang sangat bergengsi satu ini, yup bener banget “Festival Jajanan Bango 2015” hadir lagi di Jakarta, Tepatnya pada tanggal 14 Juni 2015 di Parkir Barat Senayan, Jakarta. Beruntung banget saya bisa mendapatkan undangan langsung dari sang duta Kuliner Indonesia yaitu Mas Arie Parikesit, pastinya seneng banget dapat undangannya dan tanpa pikir panjang saya siap datang pada acara Festival Jajanan Bango 2015. Sebelumnya sudah pernah ketemu sama Mas Arie Parikesit di acara kuliner juga di salah satu restoran bersama kecap bango pastinya.
 
Pada kesempatan kali ini #FJB2015 mengundang para blogger untuk hadir dan bisa mencicipi makanan khas Nusantara sekaligus meliput acaranya. Sebelum mencicipi makanan yang ada di #FJB 2015, para blogger mengikuti acara kopdar #Kulinerindonesiaku yang dipelopori oleh Mas Arie Parikesit.

Sharing bersama Mas Arie Parikesit tentang kuliner Nusantara

Penjelasan dari Mas Arie Parikesit tentang warisan kuliner Indonesia


Siapa sih Mas Arie Parikesit ???

Mas Arie Parikesit adalah konsultan kecap bango dan koordinator ekspedisi warisan kuliner bango ke 120 kota di seluruh Indonesia. Woww keren banget ya Mas Arie Parikesit bisa jadi konsultan kecap bango, pasti jalan-jalan terus dan makan-makan hehe... pantes aja Mas Arie Parikesit subur hihihi...

Tenda Area Media untuk kopdar blogger bersama Mas Arie Parikesit, Mbk Lala dan Mas Jeffry
Pada acara kopdar kali ini Mas Ari Parikesit berbagi banyak pengalaman mengenai perjalanan nya wisata kuliner di seluruh Indonesia. Pokoknya kalau soal makanan khas daerah yang ada di seluruh Indonesia tanya aja sama Mas Arie Parikesit, beliau adalah pakarnya. Tentu sangat bermanfaat bagi kita semua para blogger dan masyarakat umumnya, ternyata Indonesia kaya akan warisan kuliner yang wajib dilestarikan.

Selain Mas Arie Parikesit, acara kopdar kali ini juga menghadirkan pembicara dua orang lagi, diantaranya Mas Jeffry dan Mbk Lala.

Mas Jeffry adalah seorang pecinta kuliner juga yang ikut melestarikan warisan kuliner Nusantara, beliau pernah di ajak ke Singapura untuk mengenalkan kuliner Indonesia. Pada event yang diselenggarakan di Singapura, Mas Jeffry menjual makanan khas Indonesia yaitu Gudeg Yu Nap. Gudeg Yu Nap adalah makanan khas Yogyakarta yang sangat enak, yang pasti bikin ngiler deh hehe...pada event di Singapura Indonesia mampu menjual 2375 porsi dan ternyata Gudeg Yu Nap mendapat sambutan yang sangat luar biasa oleh warga Singapura karena rasanya yang enak...

Pengenalan film Tabula Rasa oleh Mbk Lala

Bisik-bisik Mas Jeffry saat akan memberikan hadiah dorprise

Selesainya sharing Mas Jeffry tentang pengalaman kulineran... dilanjutkan dengan tamu yang ketiga yaitu Mbk Lala. Siapa sih Mbk Lala ??? Mbk Lala adalah produser Film Tabula Rasa. Film Tabula Rasa yaitu sebuah Film yang didalamnya menceritakan tentang banyak budaya makanan yang ada di seluruh Indonesia tetapi menjadi satu kesatuan. Tujuan dari Film ini sendiri sebenarnya adalah untuk mempersatukan bangsa Indonesia lewat makanan, makanan yang diambil untuk mendukung Film ini makanan khas Padang yaitu rendang.

Layar tancap bango di #FJB2015
Selesai acara sharing-sharing, Mas Arie Parikesit dan Mbk Lala bagi-bagi dorprise, siapa yang bisa jawab pertanyaannya seputar yang dijelasin oleh ketiga narasumber mendapatkan dorprise.

Voucher makan di #FJB2015
Nah selesainya acara kopdar, para blogger diperbolehkan untuk langsung jalan-jalan dan mencicipi makanan khas Nusantara dengan menggunakan voucher yang diberikan oleh Mas Arie Parikesit dan panitia #FJB2015. Ketika kita semua keluar dari tenda media, wowww mengejutkan sekali, ternyata kawasan #FJB2015 dipadati oleh pengunjung, sampai-sampai mau jalan aja susah hehe... 

Suasana keramaian di #FJB2015
Kepadatan pengunjung kuliner di #FJB2015

Walaupun berdesak-desakkan kayak antrian sembako, tentu kita tetep semangat untuk menikmati makanan khas Nusantara pastinya.

Mie Aceh

Semua menu makanan Mas Jeffry ludes sejak sore


Antrian pembeli Bebek Kaleyo

Stand Ayam Tangkap Atjeh

Expresi Mas Jeffry saat makanan ludes diborong

Pokoknya pas banget deh acara kulinerannya itu pas hari minggu, jadi pengunjungnya pun sangat banyak sekali. Festival Jajanan Bango 2015 menghadirkan banyak banget menu makanan khas Nusantara yaitu 80 macam menu makanan yang dapat memanjakan lidah masyarakat Indonesia pastinya. Beberapa menu makanan tersebut adalah Bebek Kaleyo, Mie Aceh, Sop Durian Lodaya, Sate Padang, Martabak Bangka, Gudeg Yu Nap, Ayam Gota Khas Medan, Lontong Balap, Es Kolang Kaling Pelangi, Nasi Gemuk Citra 2, Kupat Tahu Gempol dan masih banyak lagi pastinya.

Kerang Manis

Proses pembakaran sate

Menu makanan yang banyak dan khas Nusantara membuat pengunjung semakin ramai aja sampai malam hari masih dipadati pengunjung diarea Parkir Barat Senayan, Jakarta. 

Para penari yang memeriahkan #FJB2015
Fasilitas yang diberikan dalam mendukung acara Festival Jajanan Bango 2015 tentu sangat diperhatikan, mulai dari tempat yang bersih, penyediaan mushola, menyediakan hiburan di panggung utama, ada layar tancap juga pokoknya banyak banget fasilitas yang dapat mendukung acara #FJB2015 tahun ini.


Area Minum gratis

Petugas kebersihan sangat sigap untuk memberikan yang terbaik
Stand untuk foto dan bisa dicetak secara gratis di #FJB2015

Pengunjung juga tidak perlu bingung dan bertanya-tanya pada petugas untuk mencari lokasi atau area yang di inginkan, panitia memberikan denah lokasi pada setiap stiker yang diberikan kepada pengunjung. Selain itu juga panitia memasang denah di tiap-tiap sudut area, sehingga memudahkan para pengunjung untuk menuju lokasi yang ingin dituju.


Denah area untuk memudahkan pengunjung #FJB2015
Makanan yang pertama kali ingin saya cicipi adalah Mie Aceh, karena bisa dibilang makanan khas Aceh ini susah dijumpai di Jakarta hehe... jadi wajib di cobain deh, karena memang mie nya itu enak banget... 

Mie Aceh

Setelah cobain Mie Aceh, sasaran selanjutnya adalah Ayam Tangkap Aceh... ayam tangkap aceh ini dilengkapi dengan sambal yang tidak terlalu pedas, ayam nya dicampur dengan daun goreng...

Ayam Tangkap Atjeh

Makanan yang ketiga adalah Kerang...kerang ini rasanya tidak pedas, melainkan manis yang menjadi rasa khas kerang di #FJB2015...

Kerang Manis
Selanjutnya adalah Sate Padang... sate padang ini menggunakan bumbu kacang yang dicampur dengan kecap...

Sate Padang
Semua makanan yang ada di Festival Jajanan Bango 2015 ini dibandrol harga Rp 20.000 / porsi nya. Event Jajanan Bango 2015 ini terbilang sangat ramai sekali dan mendapat sambutan baik oleh masyarakat Indonesia, bahkan makanan khas Indonesia ini juga menjadi perhatian oleh negara - negara sahabat...

Yuk ikutin perkembangan makanan-makanan khas Nusantara dengan cara follow twitter @warisankuliner dan facebook Bango Warisan Kuliner

Salam Kuliner Indonesiaku ...:)

Maju Terus Kuliner Indonesia ...:)

Sampai jumpa di Festival Jajanan Bango 2016... semoga tahun depan akan lebih meriah lagi...:)

#KulinerIndonesiaku
@warisankuliner
@arieparikesit


About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

2 komentar:

  1. Kerangnya menggugah seleraaaaa :)))
    Sayang aku nggak sempat datang ke feskul Bango tahun ini, malah pacarku yang dateng pas di Jogja. Sepertinya seru ya :3

    BalasHapus
  2. iya bener banget kak Putri..:) hehehe
    kenapa gak bisa datang, orang sibuk ni yee ??? seru banget, coba tanya sang pacar kalau ga percaya hehe..
    menu makanan yang khas2 semua, jadi pengen cobain semua hehe.. yasudah jangan galau kak, menanti tahun depan aja :))) tapi harus sabar hihihi

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT