Pentingnya Lahan Gambut dan Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan

By Bowo Susilo - 12:10


Halo teman-teman, gimana kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan segala urusannya ya, Aamiin. Ngomongin soal lahan gambut dan juga dampak kebakaran hutan dan lahan, apa nih yang terlintas difikiran teman-teman. Jadi teringat kejadian kebakaran hutan dan lahan beberapa tahun lalu di Sumatera, Kalimantan, Riau, dan beberapa daerah lainnya. Tapi rasanya ketiga daerah tersebut adalah kebakaran hutan dan lahan yang terparah sih.

Sebenernya miris juga sih ketika kejadian kebakaran hutan dan lahan masih terus berulang. Padahal sebenarnya pemerintah dan juga pihak terkait serta masyarakat bisa aja untuk mencegah dan mewaspadainya. Tetapi memang membutuhkan effort yang lebih dan itu tidaklah mudah. Apalagi hutan dan lahan di Indonesia itu kan luas banget. Jadi memang butuh sumber daya manusia yang banyak juga untuk menjaganya.

Lagi-lagi ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi semua pihak terkait serta seluruh masyarakat juga harus ambil peran. Jangan sampai hanya pemerintahnya saja yang terus berupaya, tetapi masyarakatnya kurang aware dengan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Saat ini yang dibutuhkan ialah kolaborasi untuk bertindak agar memiliki dampak yang lebih luas.


Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia tiga tahun lalu adalah salah satu yang paling mengkhawatirkan selama dua dekade terakhir. Data pemerintah menunjukan hutan dan lahan seluas 1,6 juta hektare hangus dilalap api. Ini menjadi yang terparah sejak bencana asap 2015. Pemerintah rutin menjadi sorotan akibat kebakaran yang tak berkesudahan. Asap akibat kebakaran hutan kerap memanaskan hubungan diplomatik dengan negara tetangga.

Perlu diketahui bahwa karhutla pula yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar di dunia. Kemarau panjang (El Nino) selalu dituding sebagai pemicu kebakaran. Namun, faktanya kebakaran terus terjadi bahkan di tahun-tahun tanpa kemarau panjang. Itu sebabnya, faktor lain lebih tepat dianggap sebagai penyebabnya: ulah manusia.

Jika kondisi ini tidak segera disikapi dengan serius, maka kapan pun itu bisa saja terjadi karhutla, mengingat Indonesia memiliki lahan dan hutan yang cukup luas. Kebakaran 2019 melepaskan 708 juta ton emisi gas rumah kaca (CO2 e). Hampir dua kali lipat lebih besar dari pada kebakaran di sebagian Amazon, Brazil (CAMS, 2019).


Apa sih dampak kebakaran hutan dan lahan?

- 24 orang meninggal dunia, 600 ribu jiwa terjangkit ISPA (Kebakaran 2015)

- 24 orang meninggal dunia, 600 ribu jiwa terjangkit ISPA (Kebakaran 2015)

- 1,5 juta peserta didik mengalami ketertinggalan pelajaran (Kebakaran 2015)

- Lebih dari 46.000 sekolah memiliki kualitas udara buruk (UNICEF, Kebakaran 2019)

- Banyak satwa yang mati akibat kebakaran hutan dan lahan

Gimana supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan secara terus menerus? Petugas pusat dan daerah harus kompak untuk kolaborasi dan melakukan patroli secara rutin, lakukan edukasi kepada masyarakat luas tentang karhutla, siapkan langkah tepat ketika terjadi kebakaran hutan dan lahan, perbanyak lahan gambut, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

Apa sih pentingnya lahan gambut?

Lahan gambut memiliki perang yang sangat penting. Gambut itu sendiri merupakan sebuah jenis tanah organik yang terbentuk dari bagian vegetasi yang telah terurai dan terendam air selama berabad lamanya. Nah untuk membentuk lahan gambut ini tentu tidaklah mudah, membutuhkan waktu yang sangat lama agar menjadi lahan gambut.

Nah beberapa manfaat lahan gambut diantaranya sebagai berikut:

  • Tanaman mudah tumbuh di lahan gambut
  • Dapat membantu peremajaan hutan
  • Bisa menambah hasil produksi tanaman
  • Dapat mengurangi banjir dan kemarau


Dampak karhutla memang sangatlah besar kerusakannya baik bagi manusia itu sendiri, lingkungan, keanekaragaman hayati, dan lain sebagainya. Makanya ini perlu menjadi perhatian bersama untuk lebih aware turut serta menjaga dan melestarikan hutan dan lahan.

Semoga karhutla di Indonesia bisa segera dikurangi dan jangan sampai terjadi karhutla yang hebat lagi karena akan menimbulkan dampak sangat luas.

Yuk sama-sama berperan aktif demi kelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Salam,




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar