Health Talk & Hospital Tour RS Premier Bintaro

By Bowo Susilo - 08:10


Fasilitas rumah sakit yang memadai dengan teknologi modern serta pelayanan yang oke tentu menjadi pilihan banyak orang untuk mengunjunginya. Saya pribadi kalau mau berobat atau melakukan pemeriksaan tentunya hal yang pertama menjadi pertimbangan adalah fasilitas rumah sakit itu sendiri dan pelayanan serta harga juga menjadi pertimbangan hehe.

Tapi ketika ada rumah sakit yang sudah oke baik itu pelayanan dan juga fasilitasnya, rasanya harga sudah nggak jadi masalah sih. Yang penting sesuai dengan apa yang sudah diberikan dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena biarpun rumah sakit dengan fasilitas yang oke tapi pelayanannya kurang, ya tentunya sama aja bohong sih.

Kita tau bahwa rumah sakit di Indonesia tuh jumlahnya banyak banget, tetapi belum tentu semua memiliki fasilitas yang memadai dan pelayanan yang oke. Makanya ini menjadi perhatian bersama buat semua pengelola rumah sakit untuk memberikan layanan terbaiknya. Beruntungnya pada tanggal 9 Juni 2022 saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri undangan RS Premier Jakarta dalam acara Blogger & Vlogger Gathering.

Ternyata di Bintaro ada rumah sakit besar dengan fasilitas yang oke banget. Dan saya baru tau saat mengikuti acara ini. Begitu pas sampai di rumah sakit, disapa oleh petugas yang ramah untuk mengisi link pengunjung dan melakukan cek suhu. Begitu selesai, bisa langsung masuk. Pas masuk agak kaget sih karena berasa masuk mall gitu hehe. Area lobby yang harum dan luas dengan tempat duduk yang berjejer rapih.

Hospital tour RS Premier Bintaro

Sambil menunggu teman-teman yang lain datang, saya sempat menuntaskan beberapa pekerjaan dan alhamdulillah di dekat tempat duduk sudah disediakan colokan untuk charger laptop. Dan begitu pekerjaan selesai, teman-teman sudah datang dan acara pun di mulai. Sebelum memulai talkshow, saya dan teman-teman diajak hospital tour. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 10 orang.

Beruntung banget bisa tour ke RS Premier Bintaro, ya walaupun ngga ke semua fasilitas yang ada. Karena memang keterbatasan waktu. Beberapa fasilitas unggulan yang dimiliki RS Premier Bintaro diantaranya sport klinik, stroke center, vascular center, spine center, skin laser dan ortopedi. Fasilitas unggulan ini tentunya menyediakan pelayanan dengan menggunakan teknologi modern dan dilengkapi dengan fasilitas yang terbaik.

Saat mengunjungi Sport Clinic RS Premier, kebetulan sedang ada pasien yang sedang ditangani oleh dokter. Oiya Sport Clinic RS Premier Bintaro hadir untuk memberikan layanan yang terpadu dan komprehensif untuk penanganan seluruh masalah-masalah yang timbul sehubungan dengan aktivitas olahraga. Problem yang ditangani tidak hanya meliputi masalah-masalah yang berkaitan dengan olahraga prestasi (untuk para atlet) saja tetapi juga hal-hal yang berhubungan dengan olahraga rekreasi atau olahraga masyarakat (yang biasa dilakukan sendiri atau di pusat-pusat kebugaran).


Health Talk kenali scoliosis sejak dini

Setelah hospital tour selesai dilanjutkan health talk bersama dr. Asrafi Rizki Gatam, SpOT (K-Spine) membahas tentang scoliosis. Mungkin sebagian teman-teman ada yang sudah tau tentang scoliosis dan ada juga yang belum tau. Lantas apa sih scoliosis itu?

Scoliosis merupakan kelainan tulang belakang dengan keadaan miringnya tulang belakang ke arah samping dan disertai dengan adanya rotasi pada tulang belakang. Penyebab scoliosis apa aja sih?

Idiopatik (Tidak diketahui penyebabnya, paling sering ditemukan 🡪 umumnya perempuan usia remaja), Neuromuscular (gangguan fungsi saraf dan kelainan otot), Congenital (kelainan bawaaan, ada bagian tulang belakang yg tidak terbentuk sempurna).

Nah sebaiknya lakukan diagnosis sejak dini dengan melakukan pemeriksaan rutin pada perempuan usia 10 tahun dan 12 tahun sedangkan untuk laki-laki yakni pada usia 12 atau 13 tahun. Nah ketika dilakukan diagnosis dan ditemukan beberapa hal yang mencurigakan dan itu kemungkinan scoliosis maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Kapan sih perlu melakukan pemeriksaan ke dokter? Berikut adalah ciri-ciri ketika harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter:

- Bahu tidak sama tinggi

- Tonjolan scapula tidak sama tinggi

- Lipat pinggang tidak sama tinggi

- Panggul tidak sama tinggi

- Jarak siku ke batang tubuh tidak sama

- Tonjolan punggung atas/bawah kanan dan kiri tidak sama tinggi   


Beberapa hal yang perlu kita ketahui bersama nih tentang scoliosis:

- Scoliosis idiopatik merupakan keadaan yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya

- Deteksi dini scoliosis sangat penting untuk mencegah pertambahan kurva menjadi besar

- Segera periksa ke dokter bila ditemukan tanda-tanda scoliosis

- Olahraga harus tetap dilakukan walaupun tidak dapat mencegah pertambahan sudut dan mengurangi sudut scolisis

Salam sehat,



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar