BREAKING

Minggu, 27 Maret 2016

Apakah Anda Siap Untuk Menghadapi MEA ???

Masyarakat Ekonomi ASEAN atau yang sering disebut pasar bebas kini sudah resmi diterapkan di 10 negara ASEAN. Negara-negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Asean ini adalah  Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja. 10 negara inilah yang akan bersaing dan saling kerjasama pada Masyarakat Ekonomi Asean atau yang sering disebut Pasar Bebas.

Tentunya kita sebagai masyarakat Indonesia harus ikut andil dalam persaingan ini, banyak hal yang harus kita lakukan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Berikut adalah hal-hal yang harus kita lakukan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ala saya :

1. Percaya Diri
Percaya diri tentunya sangat dibutuhkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean saat ini. Bukan hanya untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean saja, percaya diri wajib dimiliki oleh setiap orang. Mengapa demikian ? Dengan percaya diri maka kita akan total dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Dengan percaya diri inilah diharapkan kita tidak meremehkan kemampuan kita sendiri.

2. Tingkatkan Skill
Skill ini wajib dimiliki oleh setiap orang, apalagi untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ini tentu skill sangat dibutuhkan. Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, kita tidak boleh hanya mengandalkan pada pendidikan kita ataupun gelar kita, tetapi tidak memperhatikan skill yang kita punya. Skill inilah yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.

3. Kuasai Bahasa Asing
Bahasa, ya bahasa sangat penting kita kuasai dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ini. Karena kita berkompetisi bukan hanya dengan masyarakat Indonesia saja, tetapi dengan masyarakat luar negara juga dan tentunya bahasa nya juga beda dong. Nah kalau kita tidak mengerti bahasa satu sama lain tentu ini akan menyulitkan bagi kita dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. So, kuasailah bahasa asing, yuk mulai belajar dikit-dikit dari sekarang.

4. Leadership
Leadership ini sangat dibutuhkan juga dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Orang yang berbakat untuk memimpin orang lai  selalu dibutuhkan di mana saja. Karena orang-orang seperti inilah yang punya kecenderungan untuk mengatur dan sangat peduli akan kemajuan kelompoknya ataupun anggotanya. So, leadership sangat penting untuk ditanamkan dalam diri kita.

5. Networking
Networking tentu sangat dibutuhkan juga dalam kesuksesan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Networking inilah yang akan mengantarkan kita untuk menambah peluang. Kalau kita hobi berwirausaha maka perbanyaklah untuk bergaul dengan orang wirausaha. Semakin banyak jaringan kita, maka semakin banyak pula peluang kita.

Lalu pertanyaannya adalah :
Sudah siapkah kita menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean???

Salam,

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT