BREAKING

Jumat, 06 November 2015

"YUK KITA BERSAMA PMI UNTUK MEMBANTU SESAMA"

Sumber : Logo PMI (Dok PMI)
Mendengar kata PMI pasti temen-temen semua sudah tidak asing lagi bukan ? yupz... Begitulah kenyataannya, mulai dari anak-anak sekolah sampai di perguruan tinggi hingga di kehidupan masyarakat, PMI selalu bersama kita. 

PMI adalah organisasi perhimpunan nasional yang ada di Indonesia yang bergerak pada bidang kemanusiaan. Tentunya temen-temen seringkali mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh PMI yang ada di Indonesia yaitu dalam hal kemanusiaan, baik itu di sekolah-sekolah, kampus sampai pada kehidupan sehari-hari. 

Siapa sih pendiri PMI itu ??? Tentunya kita harus tau sejarah PMI itu bagaimana... PMI didirikan oleh Drs. Mohammad Hatta mulai tahun 1945-1946. Orang nomor dua di Indonesia pada era kepemimpinan Ir. Soekarno inilah yang mendirikan PMI di Indonesia yang berkembang pesat sampai sekarang ini. PMI sudah tersebar di seluruh Indonesia, yaitu di 33 Provinsi dan 444 markas ditingkat Kabupaten dengan relawan 1.438.387 yang tersebar di seluruh Indonesia. Mulai pada tahun 2009 PMI dipimpin oleh orang nomor dua di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono yaitu H.M. Jusuf Kalla sampai dengan sekarang ini.

Sumber : Ketua PMI Pertama (Dok PMI)
Sumber : H.M. Jusuf Kalla Ketua PMI 2009 s.d Sekarang (Dok PMI)


PMI mempunyai tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, diantaranya :
  1. Kemanusiaan
  2. Kesamaan
  3. Kesukarelaan
  4. Kemandirian
  5. Kesatuan
  6. Kenetralan
  7. Kesemestaan
Nah ketujuh prinsip itulah yang melekat di dalam organisasi PMI dalam menjalankan kegiatan-kegiatannya. PMI itu organisasi yang netral, tidak memihak golongan politik, suku, ras, ataupun agama. Dengan demikian PMI artinya tidak memihak satu sama lain, yaitu dalam pelaksanaannya PMI tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan korban yang paling membutuhkan pertolongan, ya itulah yang segera ditolong oleh PMI.

Pada kesempatan ini Palang Merah Indonesia (PMI) sedang mengadakan program "Bulan Dana PMI" yang bertujuan untuk mengajak kita semua untuk membantu dan peduli sesama dengan mendonasikan dananya sehingga lebih banyak masyarakat yang membutuhkan pertolongan bisa terbantu. 

Perlu diketahui bahwa program PMI bukan hanya sekedar melakukan Donor Darah saja, melainkan banyak banget kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PMI dalam hal kemanusiaan, diantaranya bantuan dapur umum di lapangan pada saat terjadinya suatu bencana alam, melakukan pelayanan kesehatan, memberikan pelayanan ambulans untuk mengantar para korban bencana alam. Selain itu Palang Merah Indonesia (PMI) juga memberikan pelayanan seperti memulihkan hubungan keluarga, memberikan pembinaan generasi muda dan relawan, melakukan pengolahan air bersih dan sosialisai atau diseminasi.

Sumber : Donor Darah (Dok PMI)

Sumber : Bantuan Bencana Alam (Dok PMI)

Alhamdllah saya kemaren tanggal 6 Oktober 2015 bisa mengikuti donor darah di Kampus saya di Politeknik STMI Jakarta. Acara donor darah ini dilakukan secara rutin setiap 3 bulan sekali di kampus saya, yang di kordinatori oleh UKM KSR Kampus Politeknik STMI Jakarta yang bekerjasama dengan PMI DKI Jakarta. Semoga kegiatan donor darah ini bisa membantu orang lain yang membutuhkannya.

Sumber : Dok Pribadi
Sumber : Dok Pribadi

Wah ternyata tugas PMI itu mulia banget ya... Dengan demikian "Ayo Peduli Bantu Sesama" agar masyarakat Indonesia yang membutuhkan pertolongan bisa kita tolong nantinya. Setelah membaca artikel ini mungkin temen-temen dan masyarakat semua telah mengetahui semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PMI yaitu bukan hanya donor darah saja, melainkan banyak banget selain itu untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Buat seluruh masyarakat Indonesia yang ingin berdonasi ke Palang Merah Indonesia (PMI) bisa mengirimkannya ke rekening sebagai berikut :
  1. Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin, dengan no rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  2. Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya, dengan no rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  3. Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda, dengan no rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia yang membacanya dan mohon bantuannya untuk membantu sosialisai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Aminnn








About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT