BREAKING

Selasa, 15 September 2015

Eksistensi PMI Dimata Blogger



Mas Loka (Mc), Kang Arul (Blogger), Ndoro Kakong (Blogger) dan Mbk Melani (ICRC)

Bicara masalah Palang Merah Indonesia tentunya sangat menarik bagi kita semua dan pastinya kita harus tau apa itu Palang Merah Indonesia ? ngapain aja sih PMI itu? Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi netral dan independen yang melakukan kegiatannya untuk kemanusiaan.

Pada acara diskusi PMI bareng Blogger ini menghadirkan orang-orang yang memotivasi tentunya diantaranya Mas Loka sebagai MC, Kang Arul (Blogger), Mbk Melani (pembicara dari ICRC) dan Ndoro Kakung (Blogger). 

PMI lahir pada tanggal 17 September 1945, PMI memiliki mandat utama untuk membantu meringankan beban penderitaan masyarakat dalam merespon bencana dan memberikan pertolongan pertama. Kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan oleh PMI ini diantaranya bantuan bencana, pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat, donor darah, manajemen relawan dan Palang Merah Remaja (PMR), pengembangan organisasi dan masih banyak lagi pastinya.


Siapa sih ketua dari PMI pertama kali didirikan ? tentunya temen-temen sudah tau lah ya, yang memimpin berdirinya PMI adalah Drs. Mohammad Hatta mulai tahun 1945 s.d 1946. Orang no 2 di Indonesia inilah yang telah memimpin berdirinya PMI di Indonesia pada era pemerintahan Soekarno. Hingga PMI bisa berkembang sampai saat ini dengan pesat yaitu PMI berada diseluruh Indonesia, di 33 Provinsi dan 444 markas di tingkat Kabupaten/Kotamadya dengan 1.438.387 relawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Mulai tahun 2009 PMI dipimpin oleh orang no 2 di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono yaitu Bapak H.M. Jusuf Kalla sampai sekarang.

Ketua Umum PMI Periode 1945-2015
Pada kesempatan kali ini dijelaskan juga Organisasi ICRC oleh Mbk Melani yang datang diacara diskusi bareng Blogger. Pada diskusi ini dijelaskan bahwa cikal bakal ICRC adalah adanya pertempuran Soelforino pada tahun 1859 yaitu Perancis Vs Austria dalam 16 jam. Dalam pertempuran ini mengakibatkan puluhan ribu orang menjadi koeban. Nah gagasan-gagasan itu muncul mulai tahun 1863 dengan sebutan Organisasi Relawan.

Mbk Melani sedang menjelaskan ICRC
Hingga akhirnya Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dapat didirikan pada tahun 1863 sebagai organisasi kemanusiaan yang netral, tidak memihak, mandiri dan berkantor pusat di Jenewa, Swiss. ICRC mendpat mandat dari masyarakat internasional untuk melindungi dan memberi bantuan kepada orang-orang yang terkena dampak konflik bersenjata dan atau situasi kekerasan lainnya. ICRC juga memiliki mandat untuk mempromosikan dan mengembangkan hukum Humaniter Internasional (hukum konflik bersenjata). Kini ICRC hadir di lebih dari 80 negara dan sudah bekerja di Indonesia selama 70 tahun.

Salah satu Misi dari ICRC itu sendiri adalah Memberikan perlindungan dan bantuan bagi para korban sipil dan militer dalam konflik bersenjata dan kekerasan yang terjadi di dalam negeri.


Organisasi ini sifatnya tidak berpihak yaitu netral. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan ICRC adalah diantaranya :

  •  Bantuan kemanusiaan
  •  Memulihkan hubungan keluarga
  •  Kunjungan tahanan
  •  Diseminasi
  •  Melakukan kerjasama dengan perhimpunan nasional

Tujuh prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah :
Kemanusiaan 
  1. (Humanity)
  2.  Kesamaan (Impartiality)
  3.  Kenetralan (Neutrality)
  4.  Kemandirian (Independency)
  5.  Kesukarelaan (Voluntary Service)
  6.  Kesatuan (Unity)
  7.    Kesemestaan (Universality)

Nah sekarang yang jadi pertanyaan ? Apa sih peran Blogger itu ?

Blogger mulai ada pada tahun 1998 seperti yang dijelaskan oleh Ndoro Kakung. Dulu blogger belum sering kumpul seperti saat ini, karena kalau ditanya punya Blog itu buat apa sih ? banyak yang menjawab punya Blog buat curhatan dan lain sebagainya. Ternyata fungsi punya Blog itu sangat banyak sekali.

Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi dan informasi, Indonesia merupakan negara yang penggunaan sosial media sangat banyak, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path dan Blogger yang lagi nge hits sekarang ini. Dengan demikian blogger sangat diperlukan bagi organisasi-organisai seperti PMI ini. Kenapa? Dengan adanya Blogger pastinya informasi-informasi yang ada di PMI bisa kita muat dalam media ini, supaya masyarakat di seluruh Indonesia mengetahui apa itu PMI dan apa kegiatannya.

Tidak hanya Blogger saja, medsos yang lain seperti Facebook tentunya juga sangat penting, misal kalau ada kegiatan-kegiatan PMI seperti Donor Darah, kita bisa Upload gambar-gambar pada kegiatannya yang sedang berlangsung, dengan demikian akan memudahkan masyarakat Indonesia mengetahui kegiatan yang sedang berlangsung.

70 tahun sudah Palang Merah Indonesia menemani Indonesia, semoga jaya terus PMI dan tetep menjadi pelopor penyelamat ...:)

Untuk informasi lebih lanjut, bisa kunjungi :



About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT