Bergerak Berdaya untuk Menjaga Hutan Agar Tetap Lestari

By Bowo Susilo - 06:48

sumber : freepik.com

Menjaga hutan agar tetap lestari bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab bersama. Semua masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga hutan agar tetap lestari. Terlebih lagi di musim kemarau seperti sekarang ini yang rentan banget terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Belum lama ini banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Hal ini terjadi salah satunya ialah akibat ulah manusia yang lalai akan pentingnya menjaga hutan dan lahan dengan baik. Makanya kita semua tuh harus lebih aware bagaimana bisa menjaga hutan dan lahan. Karena keberadaan hutan dan lahan menjadi sangat penting demi keberlangsungan kehidupan manusia.  

Bagaimana cara mencegah kebakaran hutan dan lahan?

Mencegah kebakaran hutan dan lahan membutuhkan kerjasama dan kesadaran masyarakat luas. Jadi bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah saja atau pihak swasta. Semuanya memiliki peran yang sangat penting. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan:

Pendidikan dan Kesadaran Masyarakat

Lakukan kampanye pendidikan dan kesadaran untuk mengajarkan masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan, serta cara mencegahnya. Ini menjadi hal yang sangat penting untuk bisa terus dilakukan. Sosialisasikan aturan dan hukuman terkait pembakaran hutan dan lahan. Jika ini semua bisa dilakukan dengan baik, tentu hasilnya pun bisa mengikuti dengan baik pula.

Pantau dan Laporkan Aktivitas Mencurigakan

Ini jadi salah satu bentuk sistem pemantauan dan peringatan dini untuk mendeteksi kebakaran sejak dini. Minta masyarakat untuk melaporkan aktivitas mencurigakan, seperti asap tebal, melalui nomor darurat. Diera yang serba digital seperti sekarang ini, memanfaatkan teknologi akan sangat membantu. Semua informasi bisa diakses dengan mudah.

sumber : freepik.com

Pemeliharaan Lahan dan Hutan

Kelola dan rawat hutan serta lahan dengan baik untuk mencegah tumbuhnya material yang mudah terbakar. Bersihkan gulma dan material organik yang dapat menjadi bahan bakar potensial.

Pembatasan Pembakaran

Terapkan pembatasan pembakaran terbuka di musim kering atau ketika risiko kebakaran tinggi. Gunakan metode alternatif, seperti kompos atau penghancuran mekanis, untuk membuang material organik.

Penegakan Hukum

Tegakkan hukum terhadap mereka yang sengaja membakar hutan atau lahan. Berikan hukuman yang tegas untuk pelaku pembakaran ilegal. Ini harus benar-benar ditegakkan hukum di Indonesia, biar mereka yang melanggar bisa jera.

Penggunaan Api dengan Bijak

Jangan membuang puntung rokok atau material yang dapat menyebabkan percikan api sembarangan. Pastikan api pada kegiatan memasak atau aktivitas lainnya benar-benar padam sebelum ditinggalkan. Ini juga sering terjadi, hal yang sepele tapi jika teledor akan memiliki dampak besar. Apalagi di musim kemarau seperti sekarang ini.

Kerjasama Internasional

Bangun kerjasama dengan negara-negara tetangga untuk memantau dan mencegah kebakaran hutan dan lahan lintas batas. Ini juga penting untuk dilakukan, mengingat keberadaan hutan dan lahan di Indonesia sangat luas. Jadi harus melibatkan banyak orang untuk bisa menjaganya dengan baik.

Peningkatan Keamanan Infrastruktur

Bangun infrastruktur keamanan seperti jalan pemadam kebakaran, bendungan, dan sumur untuk memastikan pasokan air yang cukup untuk pemadaman kebakaran.

Penyuluhan dan Pelatihan

Sosialisasikan teknik-teknik pemadaman kebakaran kepada masyarakat lokal dan petugas pemadam kebakaran. Jika banyak masyarakat yang paham soal teknik pemadaman kebakaran, maka jika terjadi kebakaran kecil bisa diatasi oleh masyarakat dengan baik. Latih komunitas lokal dalam keterampilan pemadaman kebakaran dan evakuasi darurat.

Dukungan dari Pemerintah dan Organisasi Non-Pemerintah

Dukung program-program pemerintah dan LSM yang bertujuan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. Berpartisipasi dalam kegiatan sukarela atau donasi untuk mendukung upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Nah dengan mengikuti langkah-langkah ini, bersama-sama kita dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan serta menjaga lingkungan hidup yang sehat bagi semua.

Yuk mulai dari diri sendiri dari langkah-langkah kecil untuk bisa menjaga hutan dan lahan. Kalau bukan kita yang menjaga ya siapa lagi. Dan kalau enggak sekarang ya kapan lagi. Oiya teman-teman bisa banget loh untuk mengikuti challenge yang diadakan TeamUpForImpact. Teman-teman bisa langsung lihat pada website berikut: https://teamupforimpact.org/team-up-everyday/play untuk mengikutinya.

Yuk jaga hutan dan lahan dari sekarang juga demi kelestarian yang akan datang!

Salam,




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar