Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Selalu Menerapkan 3M Plus

By Bowo Susilo - 19:15


Adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi ini memang sudah harus dilakukan bagi semua orang. Salah satunya dengan selalu menerapkan #3MPlus. Ya, sampai saat ini covid-19 masih terus mengalami peningkatan dinegeri ini. Tentunya ini menjadi perhatian khusus, dan tidak boleh ada satu orang pun menyepelekannya. 

Semua pihak harus turut andil dalam memerangi covid-19. Bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun semua masyarakat harus turut andil untuk bisa kompak dan bersatu dalam memerangi covid-19. Saat ini pemerintah memang mulai melonggarkan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan diluar tetapi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sayangnya, masih ada beberapa yang aktivitas diluar tetapi tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik. 

Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah, bagaimana bisa menyadarkan masyarakatnya untuk bisa patuh dengan protokol kesehatan. Dan disini kesadaran dari masyarakat sangat diharapkan karena demi kebaikan dan keselamatan bersama. Perekonomian di Indonesia harus terus berjalan ditengah kondisi seperti sekarang ini. Oleh sebab itu perlu kerjasama yang baik.

Saya pribadi, semenjak pandemi ini sebisa mungkin mengurangi aktivitas diluar yang kurang penting. Kalau tidak ada kerjaan dan kebutuhan yang mendesak, akan lebih baik dirumah aja. Jika memang harus keluar rumah, tentunya dengan selalu mematuhi protokol kesehatan. Karena mencegah lebih baik dari mengobati. Jadi harus selalu waspada.

Selama dirumah aja, saya pun berusaha untuk tetap produktif. Alhamdulilah kerjaan tetap jalan dan bisa dikerjakan dirumah aja. Oiya selama pandemi ini saya juga lumayan sering mengikuti kelas-kelas online, ikut webinar, live instagram, dan lain sebagainya.


Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Selalu Menerapkan #3MPlus

Tanggal 12 Agustus 2020, saya mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh USAID IUWASH PLUS yang membahas tentang “#3MPlus Perilaku Kunci Aman dan Produktif di Masa Pandemi”. Webinar kali ini menghadirkan beberapa narasumber yang memang ahli pada bidangnya masing-masing. 

Seperti yang disampaikan oleh dr. Fify Mulyani, MARS perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, saat ini penerapan protokol kesehatan terus disosialisasikan kepada masyarakat. Bahkan sebelum pandemi, sosialisasi sudah dilakukan baik secara langsung atau melalui media sosial. Dinas Kesehatan bekerjasama dengan semua pihak terkait dalam memerangi covid-19. 


Seluruh masyarakat diharapkan untuk dapat selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan #3MPlus diantaranaya:

Memakai Masker

Memakai masker sudah seharusnya dilakukan guna mencegah penularan covid-19 melalui percikan air liur dari mulut saat berbicara atau sedang batuk. Mungkin sebelum pandemi menyerang, memakai masker masih jarang dilakukan oleh sebagian masyarakat. Namun dalam kondisi pandemi ini, adaptasi kebiasaan baru harus bisa diterapkan. 


Saya pribadi setuju banget ketika pemerintah memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas diluar. Karena memang ini sangat berbahaya dan berpotensi menjadi carrier penularan covid-19. Masyarakat harus patuhi untuk selalu memakai masker demi kebaikan dan keselamatan bersama.


Menjaga Jarak

Saat beraktivitas diluar rumah seperti di angkutan umum, tempat umum, dan lain sebagainya, masyarakat juga harus menerapkan menjaga jarak antara yang satu dengan yang lainnya. Apalagi saat di angkutan umum seperti bus, kereta yang memang rawan penyebaran covid-19. Budayakan antri saat di angkutan umum dan jangan berdesak-desakan.


Mencuci Tangan      

Biasakan untuk rajin-rajin mencuci tangan apalagi jika setelah melakukan aktivitas. Mencuci tangan juga jangan asal-asalan ya, biasakan mencuci tangan dengan sabun dengan benar. Jika pas keluar dan jauh dari tempat cuci tangan, bisa menggunakan hand sanitizer. Hindari memegang area muka ketika sehabis aktivitas tetapi belum mencuci tangan.

dr. Imran Agus Nurali SP.KO selaku Direktur Kesehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan RI juga memaparkan bahwa ketersediaan air bersih juga menjadi kunci utama dalam menerapkan hidup sehat. Sampai saat ini masih banyak daerah-daerah yang sulit mendapatkan air bersih. Akses sanitasi yang aman juga sangat penting agar tidak mudak terkena penyakit.


Stay Healthy and Stay Positive!





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar