Kunjungan Bersama USAID IUWASH PLUS ke Mata Air Senjoyo dan IAIN Kota Salatiga

By Bowo Susilo - 10:43



Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara yang diselenggarakan oleh USAID IUWASH PLUS yaitu kunjungan ke Mata Air Senjoyo dan IAIN Kota Salatiga. Tahukah teman-teman, bahwa sumur resapan itu memiliki dampak yang sangat penting loh. Makanya USAID terus menggencarkan dalam pembangunan sumur resapan.

Acara kunjungan kali berlangsung dari tanggal 10-12 Maret 2020 bersama blogger, vlogger dan juga para media. Tentunya saya excited banget dong untuk mengikuti acara ini, bisa langsung lihat sumur resapan yang dibangun oleh USAID. Nah kenapa kunjungannya ke Kota Salatiga? Karena Kota Salatiga tepatnya di Mata Air Senjoyo sudah memiliki sumur resapan yang cukup banyak dan bisa menjadi contoh untuk kota-kota lain.


Perlu teman-teman ketahui bahwa, 80% penduduk di Indonesia kesulitan mengakses air perpipaan. Nah kesulitan mengakses air perpipaan ini dirasakan oleh masyarakat yang memiliki berpenghasilan rendah dan tinggal di perkotaan. Untuk itu, melalui Undang-Undang Air untuk Dunia, Pemerintah Amerika Serikat meningkatkan kondisi WASH di Indonesia sebagai Negara prioritas untuk mendapatkan bantuan pada sektor ini. 

Nah berdasarkan kesuksesan yang dicapai oleh program USAID sebelumnya, bahwa sumur resapan memiliki dampak besar dalam memulihkan sumber air. Jadi ketika musim kemarau tiba dan sumber air mulai habis, sumur resapan bisa menjadi solusinya. Seperti yang sudah diterapkan di Kota Salatiga ini.

Saya pribadi juga baru tahu mengenai teknologi sumur resapan ini. Dan kebetulan saya mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung sumur resapan yang telah dibangun di Kota Salatiga. Oiya tempat pertama yang dikunjungi adalah di Desa Patemon, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Disini kami diajak langsung melihat sumur resapan yang sudah dibangun di desa ini. Nah selanjutnya adalah berkunjung ke Mata Air Senjoyo. 




Ketika saya berkunjung ke Mata Air Senjoyo, setibanya langsung disuguhkan dengan aliran air di sungai yang sudah diatur dengan rapih. Mata Air Senjoyo merupakan salah satu sumber air baku utama PDAM Kota Salatiga. Jadi di daerah sini sudah tidak takut kekeringan kalau pas musim kemarau tiba, karena memang sudah memiliki mata air yang banyak. Mata Air Senjoyo terletak di kaki Gunung Merbabu dengan wilayah resapan membentang kea rah lereng tenggara Gunung Merbabu dengan variasi tata guna lahan berupa permukiman, kebun rakyat, sawah, tegalan, dan juga lading dibagian hulu.
 
Nah ditempat inilah sudah banyak sumur resapan yang sudah dibangun dengan rapih. Bahkan bangunannya merupakan peninggalan zaman belanda loh, dan sekarang difungsikan sebagai mata air. Saya juga sempat melihat Patung Ganesha yang merupakan peninggalan zaman Belanda yakni tahun 1921.

Oiya pembangunan sumur resapan yang merupakan program dari USAID IUWASH ini dulunya juga bekerjasama dengan Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) dan juga lembaga swadaya masyarakat Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thoyibah (SPPQT). Sumur Resapan bisa berfungsi menangkap, menampung, dan meresapkan air hujan ke dalam tanah untuk menambah jumlah cadangan air tanah.




Kunjungan yang terakhir yaitu ke IAIN Kota Salatiga. Nah perlu teman-teman ketahui bahwa kampus ini merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri islam di Kota Salatiga loh. IAIN Kota Salatiga telah menjadikan kampus hijau yang ramah dengan lingkungan.

Kampus hijau ini juga akan terus mendukung program USAID yakni melakukan pembangunan sumur resapan. Kampus ini akan membangun 10 sumur resapan yang berada di tiga kampusnya. Kampus 1 dan 2 berada di wilayah imbuhan Mata Air Kalitaman. Tentunya pembangunan ini akan dilakukan secara bertahap yang sudah bekerjasama dengan USAID IUWASH dan juga Dinas Lingkungan Hidup.

Waktu saya berkunjung kemarin, juga dilakukan peletakan batu pertama sumur resapan di Kampus IAIN Kota Salatiga.

Semoga persebaran Sumur Resapan ini bisa menyeluruh ke daerah-daerah di seluruh Indonesia terutama yang sering mengalami kekeringan. Karena Sumur Resapan ini akan sangat membantu dalam menciptakan mata air dan menampung air dari hujan.

Salam,




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar