Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) 2020 Mengajak Para Millenial Lebih Peduli Pada Isu Sosial dan Kemanusiaan

By Bowo Susilo - 05:14


Assalamualikum semuanya… Apa kabar? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan ya, Aamiin. Mengawali tahun 2020, Dompet Dhuafa sukses menyelenggarakan Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) yang bertempat di M Bloc Space, Jakarta Selatan.

Ada yang sudah tau apa itu Jakhumfest? Jakarta Humanity Festival merupakan sebuah event tahunan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa. Tahun ini merupakan tahun ke-2 diselenggarakannya Jakhumfest. Tujuan dari diadakannya Jakhumfest ini adalah untuk mengajak para generasi millneial agar lebih peduli terhadap isu-isu sosial, lingkungan, kemanusiaan melalui berbagai kegiatan positif.




Generasi millennial tentu harus aktif dan peka terhadap isu-isu sosial dan kemanusiaan. Mengapa demikian? Ya, karena sesungguhnya saling membantu satu sama lain adalah yang paling utama. Apalagi diera yang semakin modern ini, banyak pergaulan-pergaulan bebas, dan terkadang tidak sedikit pula yang salah langkah. Sangat disayangkan jika generasi millennial tidak melakukan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat bagi orang lain.

Saya sangat senang bisa hadir di event Jakhumfest 2020. Banyak acara-acara keren dan seru disini. Jakhumfest 2020 berlangsung selama satu hari penuh yakni tanggal 26 Januari 2020 dari jam 10.00 s.d malam. Jakhumfest 2020 pun disambut antusias oleh masyarakat, terbukti acaranya meriah dan ramai dipadati oleh pengunjung. Dan yang membuat saya salut adalah, hasil penjualan tiket Jakarta Humanity Festival didonasikan dalam program kemanusiaan dan lingkungan yang dikelola oleh Dompet Dhuafa. Masya Allah...

Jakhumfest menghadirkan berbagai kegiatan keren diantaranya menghadirkan para public figure yang kompeten di bidangnya serta peduli pada tema yang diusung. Ada juga talkshow, workshop, humanity exposure, sound of humanity.

HumaniTalk

Acara talkshow tentu menjadi ajang yang bagus untuk bisa tau lebih jauh soal informasi-informasi langsung dari para public figure yang kompeten. Nah di Jakhumfest 2020 ini, para pengunjung bisa ngobrol langsung dengan Mbk Swietenia selaku Founder & Executive Director Divers Clean Action. Ada juga Mas Syamsul selaku Manajer Lingkungan Dompet Dhuafa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Humanity Exposure

Diacara ini, para pengunjung bisa melihat langsung beberapa aktivitas yang dilakukan oleh para relawan yang sudah diabadikan oleh Dompet Dhuafa. Kegiatan-kegiatan relawan ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi para pengunjung untuk berbuat baik dan lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya. Karena diluar sana masih banyak sekali yang memang sangat membutuhkan bantuan kita. Untuk bisa membantu orang lain tidak melulu soal materi kok guys, bisa melalui kegiatan kemanusiaan salah satunya. Jadi kapanpun itu kita semua bisa saling peduli satu sama lain.


Akhir-akhir ini kan banyak banget musibah/bencana yang menimpa saudara-saudara kita. Nah dimomen inilah kita bisa turut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan ini. Kalau tidak punya waktu luang ya bisa saja bantu dengan materi, atau yang lainnya. 

Humanitalk Ngulik Berkah

Pada acara Jakhumfest 2020, Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Tokopedia menghadirkan talkshow. Pada sesi ini, ada Mas Awaluddin dari Dompet Dhuafa, Mas Ade dari DMC Dompet Dhuafa, dan Kak Chiki Fawzi. Ketiga pemateri ini banyak berbagi pengalaman dan ilmu yang dapat menginspirasi para pengunjung. Seperti Kak Chiki yang turut berbagi pengalaman dan juga ilmu penting soal relawan kemanusiaan. Ternyata Kak Chiki ini aktif di dunia relawan loh guys. Kegiatan seperti inilah yang patut dicontoh kita semua. Tidak pandang perempuan atau laki-laki ya, semuanya bisa dan memiliki kesempatan yang sama untuk terjun di dunia relawan kemanusiaan. Dan itu memang sudah sewajarnya jika kita harus saling membantu satu sama lain. 

Seperti kejadian belum lama kemarin, banjir di Jakarta. Itu adalah momen yang tepat untuk melakukan aksi kemanusiaan. Jangan sampai kita cuek jika saudara-saudara kita membutuhkan bantuan. Apalagi kalau kita itu bisa turut membantunya, tentu akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkannya.



Nah kegiatan menarik lainnya adalah ada sesi melukis paying. Dan sayangnya saya tidak bisa ikutan karena memang tempatnya terbatas huhuhu. Tapi gak papa, karena tetap bisa barengan sama teman-teman yang lain hehe. Seru banget nih pada sesi melukis payung. Ternyata melukis itu tak semudah yang saya bayangkan haha. Butuh kreativitas yang tinggi supaya hasilnya menarik dan memiliki nilai seni tinggi. 

Sound of Humanity

Dan ini merupakan puncak acara yang saya tunggu-tunggu hehe. Sound of Humanity menghadirkan 3 musisi yang keren diantaranya Navicula, Chiki Fawzi, dan V1mast. Melalui musik, Jakhumfest mengajak para millennial untuk lebih peduli soal isu kemanusiaan. Acara malam itu bennar-benar rame dan banyak bule juga loh yang turut hadir hehe. Jadi makin meriah dan ramai. 


Semoga Jakhumfest ini bisa terus dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa. Sampai jumpa di Jakhumfest tahun depan!





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar