BREAKING

Kamis, 09 November 2017

Keseruan Tour De'Sabang - Jakarta 3000K Indonesia Sehat

Goweser Lahap 3000K De'Sabang-Jakarta
Halooooooo semua... Bagaimana kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan ya, Aamiin...

Beberapa hari yang lalu aku mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Palembang. Ettt tapi ini bukan jalan-jalan sih, tapi ada tugas ngawal para goweser dari Palembang - Jakarta. Sebenernya para goweser ini sudah start mulai dari Sabang, tapi aku kebagian yang dari Palembang - Jakarta untuk ngawal para goweser.

Kabar itu mendadak kuterima dari Eyang. Eyang adalah nama kerennya Pak Anjari hehe. Pak Anjari merupakan pegawai Kementerian Kesehatan RI. Beliau menghubungiku sekitar pukul 08.30. Engga panjang lebar, beliau langsung menanyakan bersedia apa enggak kalau ngawal goweser dari Palembang - Jakarta? Aku pun langsung iya kan tawaran Eyang. Kebetulan lagi gak ada kerjaan di kantor hehe. 

Seruuu ??? Pastinya dong! Ini adalah pengalaman pertamaku ikut ngawal para goweser yang super keren! Ya bayangin aja guys, mulai dari Sabang - Jakarta naik sepeda. Beeeeeeh pastinya capek dong, tapi mereka bisa lo melalui jarak yang lumayan jauh ini. 

Para goweser yang mengikuti tour sepeda berjumlah 30 orang. Nah untuk jarak yang ditempuh para goweser ini bukan main guys yaitu 3000 KM. Mereka mengikuti rangkaian acara "IndoHCF-Koseindo Tour De'Sabang-Jakarta 3000K Indonesia Sehat yang digelar atas kerjasama antara Klub Gowes Komunitas Kesehatan Indonesia (Koseindo) dan Indonesia Healtcare Forum (IndoHCF). 

Ketua Umum  Koseindo  Brigjen TNI (Purn.) Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS mengatakan tour ini digelar sebagai wujud dukungan nyata komunitas sepeda dan masyarakat terhadap suksesnya program Indonesia Sehat, sekaligus turut memeriahkan HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke 53 serta kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Kita ingin mendukung suksesnya Hari Kesehatan Nasional, sekaligus mengajak masyarakat melakukan pola hidup bersih dan sehat serta  mengajak berbagai Instansi Pemerintah dan swasta baik di tingkat pusat maupun daerah untuk memanfaatkan kegiatan ini sebagai kampanye berbagai program Kesehatan Nasional. "Kata Supriyantoro".

Selain menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional, Tour De'Sabang - Jakarta 3000K ini bertujuan mempromosikan kesadaran masyarakat dalam perilaku hidup sehat melalui olahraga sepeda yang sekaligus juga merupakan olah  raga yang ramah lingkungan. Disamping itu pula, tour sepeda ini akan memperkenalkan potensi alam, budaya, adat dan istiadat mulai dari Sabang sampai Jakarta.

Para goweser dan rombongan mendapatkan sambutan yang luar biasa oleh masyarakat setempat yang disinggahi dalam rangkaian tour ini. Hal ini menambah semangat para goweser untuk bisa menyelesaikan misinya. 

Tour sepeda dengan pesan Indonesia Sehat ini menggandeng banyak sekali pemangku kepentingan kesehatan baik di daerah dan pusat. Diantaranya adalah Kementerian Kesehatan RI,  BKKBN, BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan TNI (khususnya TNI AD, TNI AL) & POLRI , rumah sakit Khususnya RS TNI, RSUD, RS Vertikal maupun RS Swasta  (salah satunya dari Group Hermina) dan Pemda /Dinas Kesehatan setempat serta beberapa Kodam dan Polda. 

Oiya rute "IndoHCF-Koseindo Tour De'Sabang-Jakarta 3000K Indonesia Sehat" dibagi menjadi 20 etape. Nah etape ini dikelompokan menjadi 3 group etape. Yaitu Group etape A : Sabang – Tebing Tinggi (935,7 KM), Group etape B : Tebing Tinggi – Jambi (1.104,7 KM) dan Group etape C : Jambi – Jakarta (880,7 KM). 

Yang membuat semangat para goweser adalah akan ada acara puncak Hari Kesehatan Nasional yang digelar di Bunderan Hotel Indonesia. Nah nantinya para goweser ini akan disambut langsung oleh Menteri Kesehatan RI. Bukan hanya itu, bagi 5 pegowes yang menempuh jarak terajuh akan mendapatkan hadiah langsung dari Menkes.

Sementara itu Klub Gowes KOSEINDO, sebagai Klub Gowes yang saat ini telah beranggotakan hampir mencapai  5000 orang,  merupakan komunitas penggemar olah raga sepeda yang  berasal dari berbagai  latar belakang bidang kesehatan serta kelompok/ individu masyarakat yang cinta & peduli hidup sehat. Klub Gowes Koseindo sudah mulai menyebar ke beberapa kota besar di Indonesia antara lain Batam,  Palembang , Cilegon, Serang, Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya , Malang, Bali  dan beberapa  kota lain yang dilintasi tour Sabang-Jakarta ini. 

Wah pokoknya kece abis deh para goweser ini. Aku pengen sih ikut Klub Gowes Koseindo. Tapi belum punya sepeda yang kece kayak mereka hiks.

Oiya ini adalah motto dari para goweser "H2F2 (Healthy, Happy, Friendship & Fun)".
Kalau pas capek, nyanyi bareng pasti langsung hilang capeknya hehe. Keren deh!

Oke deh sampai disini dulu ya guys cerita ngawal goweser nya hehe. Insyaallah nanti disambung lagi hehe...

Jangan lupa selalu hidup sehat yah...

Salam :)

www.bowosusilo.com

*Foto : Bowo Susilo











About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT