Arung Jeram Sungai Ciliwung di Depok

By Bowo Susilo - 07:24


Hello sahabat piknik, kalian salah satu orang yang suka dengan liburan yang bisa membuat adrenalin kalian naik? Suka dengan liburan yang berinteraksi dengan air? Atau kalian adalah orang yang hanya suka liburan hanya dengan berjalan-jalan santai saja? Jika kalian menyukai liburan yang memancing andrenalin, aku rekomendasiin deh ini ada salah satu tempat wisata bernama Arung jeram Ciliwung. Mungkin ada beberapa orang yang belum tahu apa itu arung jeram, di sini saya mau memberitahu kepada para sahabat piknik semua ini apa sih arung jeram itu?apakah arung jeram itu aman atau berbahaya? Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan saat akan melakukan arung jeram ini?.

Sebelum kita membahas mengenai teknis dari permainan atau olahraga arung jeram  ini saya akan memberi tahu informasi-informasi yang ada pada tempat wisata di depok yang kita bahas kali ini sahabar piknik. Oleh ketua yayasan yang mengelola tempat ini dia mengatakan bahwa wahana yang ada disini terbilang cukup aman dan sudah memenuhi standar operasional loh sahabat piknik, jadi buat kalian yang kurang yakin dengan keamanan dari wahana ini semuanya aman kok. 

Untuk aliran dan jalur yang ada di tempat ini ada beberapa yang bisa sahabat piknik pilih ini yaitu: Ratu jaya, jembatan panus, sampai jalan juanda dengan menyusuri sungai. Pasti ada yang bertanya apakah airnya disini kotor dan banyak sekali sampah? Jawabanya tidak ya sahabat piknik, air disini masih alami dan kebersihannya pun terjaga dan bila nantinya kita akan berkunjung juga kita juga harus menjaga lingkungan di sana ya biar tetap cantik dan terawat. Sudah mondar-mandir ini bahas ini dan itu sekarang berapa sih harga yang harus dibayar untuk bisa merasakan arung jeram ini? Murah loh sahabat harga yang harus dibayar disini kisaran antara 50-60 ribu saja per orang dan minimal harus 10 orang ya, dengan ketentuan untuk masing-masing perahu karet yang dinaiki itu terdiri dari 5 orang saja.

Sebenarnya untuk menikmati olahraga arung jeram ini harus dilakukan dengan keluarga, teman kerja, sahabat, maupun dengan perkumpulan yang para sahabat ikuti, dengan melakukan kegiatan arung jeram ini maka bisa menjalin sebuah keharmonisan dan juga sebuah ikatan yang lebih bagus dari sebelumnya karena pastinya akan ada keseruan yang akan terjadi pada saat melakukan ini.

Arung jeram atau Rafting nama lainnya sendiri adalah kegiatan yang dilakukan di sungai atau sebuah arus dengan menjeram-jeramnya. Sejarah dari arung jeram sendiri pertama kali ditemukan dan diciptakan oleh seorang tentara Amerika yang bernama Mayor John Wesley Powell. Dahulu sebelum adanya perahu karet yang sekarang banyak digunakan untuk permainan arung jeram, permainan ini biasanya menggunakan perahu kayu.

Arung jeram ini bisa dibilang sebagaib olahraga yang aman tidak sih? Sebenarnya aman atau tidaknya suatu kegiatan itu dari bagaimana kita untuk selalu berhati-hati pada setiap waktu dan harus selalu menggunakan alat pelindung diri yang sesuai dengan standar ya tentunya, apalagi kegiatan arung jeram ini berlokasi di sungai yang mempunyai arus. 

Belajar teknik dasar dari permainan ini juga perlu supaya jika terjadi hal yang tidak diinginkan atau sebuah kendala pada saat diperjalanan saat melakukan arung jeram kita selalu aman dan selamat ya sahabat piknik, pada arung jeram sebenarnya hanya ada 2 teknik dasar yang harus dipahami yaitu mengayunkan pendayung dengan seksama dan tenaga yang kita punya pada saat melakukan arung jeram juga harus fit ya biar tidak terbawa oleh arus ya sahabat. Sekian dari saya, Terima kasih.




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar