Ultra Voucher Gandeng Relawan Siaga Untuk Berikan Bantuan Pengisian 1.100 Tabung Oksigen Bagi Penyintas Covid-19

By Bowo Susilo - 08:45


Pandemi Covid-19 di Indonesia sampai saat ini masih belum berakhir, bahkan Pemerintah harus memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga Senin, 25 Juli 2021. PPKM Darurat diperpanjang oleh Pemerintah tentu dengan mempertimbangkan segala risiko dan konsekuensinya. Disatu sisi Pemerintah harus terus memikirkan pertumbuhan ekonomi dan disisi lain penyebaran Covid-19 masih terus mengkhawatirkan.

Tentunya ini menjadi permasalahan yang sangat serius. Perlu adanya kerjasama antara Pemerintah dan juga Swasta serta seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama kompak dalam melawan pandemi Covid-19. Akibat pandemi Covid-19 semua terkena dampaknya, mulai dari pedagang, karyawan kantoran, dan lain sebagainya. Bahkan tak sedikit yang kehilangan pekerjaannya karena terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Banyak orang yang terkena PHK dan harus memutuskan untuk pulang kampung, karena jika dipaksakan untuk tetap diperantauan tentu sangat berat. Sedih ketika mendengar berita banyak orang yang terkena PHK. Tapi inilah yang sedang terjadi saat ini.

Ditengah pandemi seperti sekarang ini sudah seharusnya kita semua untuk saling membantu satu sama lain kepada yang membutuhkan. Kamis, 22 Juli 2021 ada kabar baik, PT Trimegah Karya Pratama Tbk, perusahaan pelopor dan aggregator voucher diskon digital terbesar di Indonesia dengan platform bernama Ultra Voucher, memberikan donasi senilai total Rp.50 juta melalui Relawan Siaga untuk pengisian tabung oksigen ukuran 1m3.


Ini merupakan bentuk kepedulian Ultra Voucher untuk dapat membantu masyarakat penyintas Covid-19 dan membutuhkan oksigen untuk proses pemulihannya. Seperti yang kita tau bahwa, beberapa pasien Covid-19 tidak harus dirawat di rumah sakit. Tetapi bisa melakukan isolasi mandiri dirumah. Kriterianya seperti apa sih yang bisa melakukan isolasi dirumah? Mereka adalah pasien tanpa gejala (frekuensi napas 12-20 kali per menit dengan saturasi >94%). Pasien ringan juga bisa melakukan isolasi dirumah yaitu dengan gejala deman, batuk (umumnya batuk kering ringan), kelelahan, sakit kepala, anosmia, ageusia, dan lain sebagainya, dengan saturasi ≥94%.

Kenapa sih mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan ataupun tanpa gejala tidak perlu dirawat di rumah sakit? Karena jika semuanya dirawat di rumah sakit, bisa jadi rumah sakit tidak bisa menampung lagi pasien. Oleh karena itu, yang dirawat di rumah sakit adalah pasien yang memiliki gejala sedang dan pasien yang memiliki gejala berat (kritis).

Tidak sedikit penyintas Covid-19 yang masih membutuhkan tabung oksigen untuk proses pemulihannya. Disinilah Ultra Voucher hadir untuk turut membantu meringankan beban mereka yang kesulitan mendapatkan tabung oksigen. Pengisian tabung oksigen akan dilakukan selama 15 hari dan setiap harinya akan mengisi tabung oksigen berukuran 1m3. Dengan demikian, total tabung yang akan diisi dari dana Ultra Voucher sebanyak 1.100 tabung oksigen. Semoga pembagiannya bisa tepat sasaran dan berjalan lancar. Oiya tabung oksigen ini akan diberikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Konferensi pers virtual yang dilakukan oleh Ultra Voucher bersama Relawan Siaga, dihadiri oleh Hady Kuswanto (CEO Ultra Voucher), Riky Boy H Permata (COO & Co-Founder Ultra Voucher), Ayu Kusuma Trisyani (Corporate Secretary Ultra Voucher), dan Letjen TNI (purn) Agus Sutomo (Ketua Umum Relawan Siaga).

Dalam sambutannya, Hady Kuswanto (CEO Ultra Voucher) menyampaikan bahwa “kami  tergerak membantu masyarakat yang membutuhkan oksigen untuk proses penyembuhan dari Covid-19, dan akhirnya Ultra Voucher memutuskan membantu mengisi tabung-tabung oksigen melalui bantuan rekan-rekan di Relawan Siaga. Kami ucapkan terimakasih untuk kesediaan rekan-rekan Relawan Siaga yang membantu menyalurkan donasi kami berupa oksigen secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan”.

Saat konferensi pers juga dilakukan penyerahan donasi secara simbolis oleh Riky Boy Permata, Direktur Ultra Voucher kepada Ketua Umum Relawan Siaga Letjen TNI (purn) Agus Sutomo, dan disaksikan oleh manajemen Ultra Voucher dan perwakilan pengurus pusat dari Relawan Siaga. Ultra Voucher sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, sudah selayaknya kami turut meringankan beban masyarakat. Dalam kondisi pendemi Covid-19 ini, semua elemen masyarakat bahu membahu untuk saling tolong menolong antara satu dengan yang lainnya, jelas Hady.

Letjen TNI (purn) Agus Sutomo (Ketua Umum Relawan Siaga), mengapresiasi bantuan dari Ultra Voucher kepada masyarakat untuk pengisian tabung oksigen melalui Relawan Siaga. Pihaknya akan menjaga amanah yang dititipkan untuk menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan.  

Agus Sutomo juga menambahkan, “Kami senang sekali dapat berkerjasama dengan Ultra Voucher. Saat ini memang oksigen sangat dibutuhkan masyarakat mengingat angka penderita Covid-19 di Indonesia yang membutuhkan oksigen sangat tinggi dan masyarakat kesulitan mengakses oksigen tersebut. Semoga semakin banyak pihak yang tergerak memberikan bantuan seperti Ultra Voucher ini untuk masyarakat terdampak Covid-19 dan kami siap mendukung”. 

Sandiaga Uno (Ketua Dewan Pengawas Relawan Siaga) juga memberikan sambutannya melalui video virtual, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Sekarang waktunya kita semua komponen anak bangsa bergerak. Ayo bergerak berlomba-lomba, bersiaga, berkolaborasi, dalam kebaikan, kita sama-sama wujudkan Indonesia sehat. 


Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), Ultra Voucher siap berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Program CSR dari Ultra Voucher fokus pada meringankan kebutuhan masyarakat disaat tertentu, yakni seperti yang dilakukan saat ini, pengisian tabung oksigen untuk penyintas Covid-19 dan dibagikan secara gratis. Program CSR ini juga sebagai salah satu bentuk perusahaan menerapkan good corporate governance. Ultra Voucher tengah menjalani proses menuju Initial Public Offering (IPO) yang rencananya listing pada 27 Juli 2021 di Bursa Efek Indonesia. Saat ini proses penawaran umum perdana pada 19 – 23 Juli 2021.

“Mohon restunya agar rencana IPO Ultra Voucher dengan kode saham UVCR berjalan lancar, sehingga proses transformasi bisnis yang akan kami lakukan dapat tercapai yakni pengembangan produk yang lebih besar seperti Everyday Services, salah satunya produk investasi, serta ekspansi pembukaan cabang di luar Indonesia yakni menyasar negara-negara di ASEAN. Dengan demikian nantinya Ultra Voucher semakin memberikan manfaat maksimal bagi para stakeholders termasuk masyarakat,” ujar Riky.

Sekilas Tentang Ultra Voucher

Ultra Voucher termasuk sebuah aplikasi dan features pelengkap atau supporting dari berbagai platform, perusahaan dan bank digital. Per Desember 2020, total downloader aplikasi Ultra Voucher sudah lebih dari 200.000 baik di perangkat android maupun iOS. Di mana terdapat lebih dari 10.000 pengguna yang melakukan transaksi setiap bulannya.

Saat ini, Ultra Voucher telah menjalin kerja sama dengan 300 brand dan lebih dari 40.000 outlet di seluruh Indonesia. Adapun merchant yang bekerjasama dengan Ultra Voucher saat ini dari berbagai segmen, yakni Beauty & Relaxation, Departement Store, E-Commerce, Entertainment, Food & Beverage (F&B), Hotel & Travel, Accessories & Jewelry, Lifestyle, Investment, dan lain-lain.

Sekilas Tentang Relawan Siaga

Relawan Siaga adalah organisasi kemanusiaan dengan dukungan jaringan Militer di seluruh Indonesia. Relawan Siaga memiliki visi menjadi organisasi kerelawanan tingkat nasional yang produktif dan bermanfaat.

Kini Relawan Siaga telah menyalurkan donasi total Rp 4,26 miliar dari 79 relawan dengan masyarakat penerima manfaat sebanyak 704.402 di 36 kota yang disinggahi. Program donasi Relawan Siaga yakni Lumbung Pangan – program berbagi paket sembako, selanjutnya Lets ’Qurban - optimalisasi ibadah qurban secara syari, Nutri Santri - program pemenuhan kebutuhan makanan bernutrisi pondok pesantren yang darurat akan kebutuhan pangan bernutrisi, Program Wakaf, Ramadhan Gemilang, Taman Cendikia, Gathering Santri, Sejuta Kurma, dan Food Care.


Semoga kolaborasi antara Ultra Voucher dan Relawan Siaga berjalan lancar dan bisa meringankan beban banyak orang. Disaat pandemi seperti sekarang ini, kolaborasi sangat dibutuhkan untuk meringankan orang-orang yang membutuhkan.

Bagi yang sedang sakit, semoga segera sembuh dan yang sehat semoga selalu sehat, Aamiin. Tetap patuhi protokol kesehatan, stay safe and healthy!



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar