Peringati Hari Gizi Nasional ke-61, Remaja Sehat Bebas Anemia

By Bowo Susilo - 08:02

Selamat Hari Gizi Nasional ke-61. Setiap tanggal 25 Januari diperingati Hari Gizi Nasional. Nah dalam rangka memperingati HGN ke-61, Kementerian Kesehatan RI tahun ini mengusung tema “Remaja Sehat Bebas Anemia”. Acara HGN ke-61 dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Bapak Budi Gunadi Sadikin.  

Acara Dibuka Langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Bapak Budi Gunadi Sadikin (foto: www.bowosusilo.com)

Mungkin banyak dari teman-teman semua sudah tidak asing lagi dengan penyakit Anemia. Namun, mungkin ada juga yang belum paham apa itu penyakit Anemia?

Anemia atau kurang darah adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Anemia juga bisa terjadi ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Lalu apa saja sih gejalanya? Beberapa gejala Anemia diantaranya berkurangnya oksigen ke jaringan yang menyebabkan letih, lemah, lesu, lelah, dan lalai. Gejala yang lainnya yaitu seperti kulit pucat atau kekuningan, detak jantung tidak teratur, nafas pendek, sakit dada, tangan dan kaki dingin, sakit kepala, pusing.

Tentunya kita semua tidak bisa menganggap remeh penyakit Anemia ini ya teman-teman. Karena jika sudah terkena penyakit Anemia, maka akan memiliki beberapa dampak negatif baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Nah dampak dari Anemia pada remaja adalah sebagai berikut:

Dampak Jangka Pendek:

  • Menurunkan konsentrasi belajar
  • Menurunkan produktivitas
  • Mudah menderita penyakit infeksi karena turunnya imunitas
  • Menurunkan kesegaran tubuh

Anemia pada kehamilan bisa menimbulkan konsekuensi jangka panjang. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan saat kehamilan menjadi sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai abai dan lalai akan kondisi kesehatan ketika masa kehamilan. Beberapa dampak jangka panjang itu adalah sebagai berikut.

Dampak Jangka Panjang:

  • Risiko pendarahan saat hamil atau bersalin yang bisa menyebabkan kematian Ibu.
  • Menghambat pertumbuhan bayi
  • Bayi lahir prematur, berat badan dan panjang lahir rendah
  • Risiko sakit dan meninggal
  • Risiko stanting yang dapat menurunkan kecerdasan dan risiko menderita penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan stroke

Perlu diketahui bersama, beberapa penyebab dari penyakit Anemia adalah rendahnya asupan zat gizi yang penting untuk pertumbuhan darah (zat besi, asam folat, vitamin B12, dan vitamin A). Selain itu, meningkatnya pengeluaran zat gizi juga menjadi penyebab Anemia. Sedangkan untuk remaja putri, penyebab Anemia adalah menstruasi yang tidak diimbangi oleh asupan adekuat.

Nah setelah kita tahu dampak dan juga penyebab dari penyakit Anemia. Lalu apa saja sih yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit Anemia? Saat ini Pemerintah yakni Kementerian Kesehatan RI mengadakan program untuk melakukan pencegahan penyakit Anemia pada remaja. Tentunya Kementerian Kesehatan RI tidak sendirian, yakni bekerjasama dengan berbagai kementerian diantaranya Kemendikbud, Kemendagri, dan Kemenag.

Program yang akan dilakukan adalah pemberian tablet tambah darah pada remaja putri yakni pada usia 12 hingga 18 tahun. Kenapa sih kok fokusnya ke remaja putri saja? Ya, kemungkinan ini akan dilakukan secara bertahap ya temann-teman. Alasan program ini fokus pada remaja putri adalah jika remaja putri kurang darah merah yang sehat atau terkena penyakit Anemia, maka akan menyebabkan kekurangan gizi pada generasi selanjutnya.

Pencegahan penyakit Anemia, selain dilakukan dengan pemberian tablet tambah darah, juga harus mempraktekkan pola makan bergizi yang seimbang dan juga menjaga kebersihan. Pola makan bergizi seimbang itu bagaimana? Makan makanan bergizi seimbang diantaranya ada komponen-komponen berikut: makanan pokok, lauk pauk, buah-buahan, sayuran, dan banyak minum air putih. Oiya kurangi juga makanan yang manis-manis, berminyak, dan juga garam.

Apalagi ditengah pandemi seperti sekarang ini, menjaga kesehatan menjadi yang utama ya teman-teman. Jangan sampai abai soal kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Salam sehat :)



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar