BREAKING

Sabtu, 15 September 2018

Pentingkah untuk Imunisasi secara rutin?

Sumber : sehatnegeriku.kemkes.go.id
Assalamualaikum semuanya ... Bagaimana kabarnya, semoga selalu diberikan kesehatan ya, Aamiin ...

Kesehatan pada tubuh menjadi yang sangat penting, namun masih banyak yang kurang peka terhadap kesehatan tersebut. Kesehatan harus dijaga sejak dini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Nah sekarang ini ramai memperbincangkan imunisasi. Apa itu Imunisasi?

Imunisasi merupakan salah satu cara pencegahan penyakit menular khususnya penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi secara rutin. Imunisasi ini diberikan kepada tidak hanya anak sejak masih bayi sampai remaja namun juga diberikan kepada orang dewasa.

Apalagi sekarang ini lagi ramai masalah Difteri. Harusnya para orang tua cepat tanggap untuk mencegah penyakit-penyakit yang dapat membahayakan kesehatan bagi tubuh. Imunisasi sangat penting untuk diberikan kepada anak. Karena sumber imunitas alami seperti ASI sudah dipatenkan bahwa itu tidak bisa secara total menghentikan penyakit yang tergolong dalam pd3i atau yang sering disebut penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi.

Oleh sebab itu, penting banget bagi setiap pihak masyarakat untuk memberikan penekanan pada penanganan yang seksama terhadap kewaspadaan akan kemungkinan terjadinya perluasan antivaksin di Indonesia.

Kementeriam Kesehatan Republik Indonesia meminta kepada seluruh kepala dinas kesehatan baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk dapat mampu memetakan potensi kemungkinan timbulnya kasus luar biasa di wilayahnya masing-masing.  Selain itu juga, mereka juga diminta untuk mampu meningkatkan pencegahan terhadap penyakit-penyakit yang dapat membahayakan kesehatan pada tubuh.

Apalagi program imunisasi ini merupakan program langsung dari pemerintah. Jangan sampai disia-siakan untuk tidak mengikuti imunisasi secara rutin. Faktanya memang demikian, sebut saja di desaku. Banyak yang menghiraukan akan pentingnya imunisasi secara rutin. Masih banyak yang bermalas-malasan untuk imunisasi secara rutin.
Sumber : alodokter.com
Harapan dari pemerintah, Penyebaran vaksin secara merata harus tersebar diseluruh Indonesia. Kementeriam Kesehatan Republik Indonesia dan seluruh pihak terkait bakal melakukan peningkatan cakupan imunisasi, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi ini serta melakukan advokasi pada pemimpin wilayah serta membangun sistem surveilans yang kuat untuk dapat mendeteksi kejadian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Untuk bicara angka sendiri, penyebaran imunisasi di Indonesia sudah lumayan meningkat. Pada tahun 2015 hingga 2017, berdasar data Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, pada 2015 cakupan imunisasi secara nasional angkanya mencapai 86,5%. Tentunya pemerintah berharap angka ini akan terus bertambah dari tahun ketahun.

Nah dengan demikian masihkah menganggap bahwa imunisasi itu tidak penting?

Tentunya imunisasi sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.


Salam,
www.bowosusilo.com


About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT