BREAKING

Rabu, 14 Desember 2016

Belajar Membuat Doodle Pada Daluang

Doodle Karya Tanti Amelia / Foto: Bowo Susilo
Ada yang suka bikin doodle? Atau malah belum tau apa itu doodle? Doodle adalah sebuah gambar yang dibuat dengan seni lukis tangan yang memiliki makna tersendiri dan unik. Nah sekarang doodle sudah terkenal lho. Doodle sering dijadikan sebagai kenang-kenangan untuk seseorang yang telah lulus kuliah atau lulus sekolah dan sebagainya. Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi sih hehe.

Beruntungnya saya mendapatkan undangan dari Mbk Astri Damayanti untuk mengikuti workshop membuat doodle pada daluang. Wah tentu ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi saya, karena ini merupakan pertama kali saya belajar membuat doodle pada daulang. Sebenarnya saya gak ada bakat menggambar sih hehe, tapi pengen mencoba bagaimana cara membuat doodle yang unik. Ternyata gak semudah yang saya bayangkan loh, harus punya skil menggambar kalau ingin bagus hehe. Tapi kalau belajar terus menerus sepertinya akan terbiasa dan bisa membuat doodle dengan baik hehe.

Mbk Astri Damayanti saat menyerahkan plakat / Foto: Bowo Susilo
Kamis, 1 Desember 2016 saya dan teman-teman blogger bersemangat datang ke Museum Tekstil Jakarta untuk belajar membuat doodle. Selain belajar membuat doodle, saya dan teman-teman blogger juga diberikan pengenalan tentang Daluang oleh Mbk Astri. 

Daluang? Ada yang sudah tau apa itu daluang? Daluang adalah kulit kayu dari pohon paper mulberry. Proses pembuatan daulang ini tidak mudah lo, tak heran jika daulang tidak gampang untuk didapatkan dan harganya pun cukup mahal. Daluang juga pernah dijadikan pakaian untuk pandita.

Usmayadi Rameli selaku Asisten Deputi Bidang Kebudayaan / Foto: Bowo Susilo
Dalam acara ini turut hadir juga Bapak Usmayadi Rameli selaku Wakil Deputi Bidang Kebudayaan, Prof. Isamu Sakamoto selaku Peneliti Kain/Kertas Kulit Kayu, Esti Utami selaku Kepala Museum Tekstil. Acara ini juga didukung oleh Blue Bird yang diwakili oleh Ibu Nova.

Peralatan Membuat Doodle / Foto: Bowo Susilo
Saatnya Membuat Doodle

Sebelum membuat doodle, ada beberapa peralatan yang harus disiapkan diantaranya:
  • Kertas untuk membuat pola / desain awal
  • Pensil 2B
  • Penghapus
  • Kertas Daluang
  • Air
  • Kuas
  • Cat
Kali ini saya dan teman-teman blogger akan belajar membuat doodle pada daluang bersama Mbk Tanti Amelia. Selain sebagai blogger, ternyata Mbk Tanti mempunyai bakat dalam dunia seni lho, yaitu membuat doodle pada daluang. Sebelum memulai menggambar, Mbk Tanti memberikan demo membuat gambar yang simpel tapi terlihat elegan dan unik.

Demo pertama yang dibuat oleh Mbk Tanti adalah menggambar ondel-ondel. Dalam hitungan menit saja, Mbk Tanti bisa menyelesaikan gambarnya dengan bagus. Saya pun melihatnya, enak betul ya cara gambarnya. Nah giliran saya membuat gambar sendiri, ternyata kok susahnya minta ampun haha. Memang gak ada bakat dalam menggambar nih. 

Semangat Banget Membuat Doodle nya / Foto: Bowo Susilo
Ini salah satu hasil doodle dari peserta workshop / Foto: Bowo Susilo
Sebagai pemula, membuat doodle tentu tidaklah mudah sehingga dibutuhkan kertas gambar terlebih dahulu, jangan langsung membuat doodle pada daluang. Setelah selesai membuat doodle pada kertas gambar, barulah dipindahkan atau digambar ulang pada daluang. Apabila sudah terbiasa membuat doodle, tentu tidak masalah kalau membuat doodle langsung pada daluang agar tidak menyita banyak waktu.

Senang banget bisa belajar membuat doodle bersama Mbk Tanti Amelia yang ramah dan suka becanda hehe. Ini adalah pengalaman pertama saya dalam membuat doodle. Sampai jumpa pada pembuatan doodle berikutnya hehe :)

Salam,
www.bowosusilo.com


About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT