BREAKING

Selasa, 06 September 2016

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Kota Pangkalpinang

Keliling Pangkalpinang dengan Bersepeda (Foto Erridlo)
Pangkalpinang ? 
Mungkin belum semua pecinta wisata sudah mengetahui Kota Pangkalpinang. Kota Pangkalpinang menyimpan sejuta keindahan yang wajib untuk dikunjungi. Kota Pangkalpinang merupakan salah satu daerah otonom yang letaknya di bagian timur Pulau Bangka. Kota Pangkalpinang sudah ditetapkan sebagai ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak tahun 2001. Beruntung sekali, saya merupakan salah satu wisatawan yang sudah pernah menjelajah Kota Pangkalpinang selama 3 hari. Rasanya perlu waktu beberapa bulan untuk bisa menjelajah Kota Pangkalpinang, 3 hari merupakan waktu yang sangat singkat dan saya pun hanya bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata tertentu saja.

Tari Pinang 11 untuk Menyambut Tamu (Foto Bowo Susilo)
Mendapatkan kesempatan untuk berlibur ke Pangkalpinang adalah sebuah pengalaman yang tidak bakal pernah saya lupakan. Apalagi liburan kali ini benar-benar sangat berkesan, banyak temannya dan yang bikin spesial adalah selama liburan di Pangkalpinang saya dan teman-teman ditemani oleh Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah yang akrap disapa Bang Wawan. Wah pokoknya liburan semakin seru dan sangat berkesan pastinya.

Keseruan Gowes di Pangkalpinang Menuju Pantai Pasir Padi (Foto Kelas Blogger)
Pertama kali tiba di Pangkalpinang, saya langsung takjub dengan keindahan-keindahan yang ada di Kota yang masih perawan ini. Pangkalpinang mempunyai banyak tempat-tempat wisata yang masih perawan, seperti Pantai Pasir Padi dan Pantai Tanjung Bunga. Pantai Pasir Padi ini wajib dikunjungi ketika anda berkunjung ke Kota Pangkalpinang. Tempat wisata ini benar-benar masih perawan, jadi anda akan merasakan sensasi tersendiri ketika berkunjung ke pantai ini.

Liburan kali ini beda dengan liburan-liburan pada umumnya. Biasanya ketika menuju tempat wisata kebanyakan menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil, lain halnya dengan liburan saya kemarin. Menikmati Pesona Pangkalpinang dengan bersepeda itu rasanya lebih asik dan bisa sekalian berolahraga. Menikmati keindahan alam disekeliling Pangkalpinang dengan bersepeda itu lebih kerasa banget liburannya. Apalagi bersepeda kali ini ditemani oleh Walikota Pangkalpinang, makin asik deh hehe. Jadi sekalian bisa nanya-nanya sepuasnya tentang Pesona Pangkalpinang. Saya bersama teman-teman akan menuju Pantai yang terkenal di Pangkalpinang yaitu Pantai Pasir Padi.

1. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi ini terletak di Jalan Pasir Padi Kel. Tembran Kec. Bukit Intan. Pantai Pasir Padi memang benar-benar masih perawan, di Pantai ini kita bisa menikmati udara segar dan gelombang ombak yang indah. Pantai ini selalu ramai setiap akhir pekan dan hari-hari libur, banyak masyarakat Pangkal Pinang dan masyarakat luar untuk berlibur ke Pantai Pasir Padi. Keunikan dari Pantai Pasir Padi adalah struktur pantainya yang landai, kontur pasir yang padat sehingga pantai ini nyaman untuk dilalui dengan jalan kaki bahkan dapat dilalui oleh sepeda, motor dan mobil. Wah seru banget deh gowes ramai-ramai sambil menikmati keindahan Pantai Pasir Padi.

Foto Bersama Walikota Pangkalpinang di Pantai Pasir Padi (Foto Kang Dudi)
Keindahan Pantai Pasir Padi tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai di pulau Bangka lainnya. Selain memiliki panorama yang dihiasi laut biru, alam asri dan pulau-pulau menarik tidak jauh dari bibir pantai terdapat sebuah daratan kecil yang bernama pulau punai, yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki diwaktu air sedang surut. Pokoknya indah banget deh Pantai Pasir Padi ini. 

2. Pantai Tanjung Bunga

Pantai Tanjung Bunga juga merupakan tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Kota Pangkalpinang. Pantai Tanjung Bunga, dari namanya saja sudah cantik, pasti pantainya pun sangat indah. Pantai Tanjung Bunga identik dengan pantai landai dan berbatuan yang memiliki karakteristik unik. Pantai Tanjung Bunga terletak di sebelah selatan Pantai Pasir Padi. Pantai Tanjung Bunga memiliki ikon tersendiri yaitu terdapat satu kawasan berbukit dengan panorama yang sangat indah dan mengarah ke laut. Apalagi jika terlihat hilir mudiknya kapal penumpang dan barang yang keluar masuk pelabuhan pangkalbalam melalui laut lepas di kawasan Pantai Pasir Padi dan Tanjung Bunga.

Keunikan lainnya dari Pantai Tanjung Bunga adalah adanya batu-batu disekitar pantai yang tersusun rapih dan indah. Apakah anda termasuk orang yang suka hiking ? Jika iya, berarti Pantai Tanjung Bunga cocok banget nih buat anda. Pantai Tanjung Bunga mempunyai tempat khusus yang sangat cocok untuk petualangan dengan menyusuri pantai dan alam perbukitan. Disitulah ada beberapa jalan setapak yang dapat dilalui bagi para penyuka hiking dan kemah.

3. Museum Timah Indonesia

Berkunjung ke Kota Pangkalpinang rasanya tidak afdol kalau belum mampir ke Museum Timah Indonesia. Museum Timah Indonesia yang ada di Kota Pangkalpinang merupakan satu-satunya Museum Timah yang ada di Indonesia. Wah tempat bersejarah seperti ini memang sangat penting untuk dikunjungi karena selain berlibur juga dapat ilmu pengetahuan baru. Dulunya tempat ini merupakan tempat tinggal orang nomor satu di Indonesia yaitu Bung Karno. Dulu Bung Karno sempat tinggal di Museum ini ketika diasingkan ke Bangka sebelum dipindahkan ke Manumbing.

Museum Timah Indonesia banyak menyimpan koleksi peninggalan-peninggalan sejarah khususnya sejarah penambangan timah di Kepulauan Bangka Belitung. Sampai sekarang Museum Timah Indonesia sudah diakui sebagai salah satu benda cagar budaya kota. 

Keliling ke tempat-tempat wisata di Pangkalpinang sudah, lalu apa ya yang kurang ? Oh iya, yang satu ini gak boleh ketinggalan loh "Wisata Kuliner". Mengunjungi sebuah daerah kalau belum makan makanan khas daerahnya tentu tidak lengkap pastinya. Pangkalpinang mempunyai makanan yang khas dan enak-enak banget pastinya. Pertama kali datang di Pangkalpinang, saya langsung singgah di Warung Mie Koba. 

Wisata Kuliner Mie Koba Khas Pangkalpinang (Foto Bowo Susilo)
  • Mie Koba
Mie Koba ? dari namanya saja sudah asing buat saya, ini merupakan pertama kali saya merasakan Mie Koba yang merupakan khas Pangkalpinang. Walau masih pertama buat saya, rasanya sudah kangen banget pengen makan Mie Koba lagi hehe. Mie Koba adalah mie kuah yang disiram dengan kaldu ikan tenggiri kemudian dipadu dengan daun seledri serta ditaburkan bawang goreng yang membuat aroma lebih menggoda. Ternyata enak banget loh Mie Koba ini, apalagi dimakan sama telur ayam rebus, hmmmm makin matep deh pokoknya. 

Mie Koba Khas Pangkalpinang (Foto Bowo Susilo)
Warung Mie Koba ini letaknya gak begitu jauh loh dengan Bandara Depati Amir Bangka, sehingga tidak susah untuk menikmati mie koba khas Pangkalpinang ini. Untuk porsinya pun pas, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit hehe. Bicara soal harga, jangan khawatir deh, satu porsi Mie Koba cukup dengan merogoh kocek sebesar 12 K saja.
  • Seafood Mr. Asui 
Pangkalpinang terkenal dengan kuliner seafoodnya yang sungguh menggoda. Rasanya pengen makan terus deh kalau liat seafood khas Pangkalpinang hehe. Seafood Mr. Asui merupakan restoran khas Pangkalpinang yang sangat terkenal. Rasa seafoodnya pun khas banget Pangkalpinang, lezat banget uy. Lokasi seafood Mr. Asui ini tidak pernah pindah loh dari tahun ke tahun, dan yang membuat uniknya lagi adalah untuk masuk ke restoran ini harus melewati gang kecil terlebih dahulu.

Seafood Mr. Asui Khas Pangkalpinang (Foto Bowo Susilo)
Seafood merupakan menu andalan dari restoran ini. Umumnya seafood yang ada di Kepulauan Bangka Belitung adalah kecil-kecil ukurannya, beda dengan kepiting khas Mr. Asui yang selalu memberikan kepiting-kepiting besar dan segar. Hal inilah yang membuat ketertarikan tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Pangkalpinang untuk selalu singgah di restoran ini. Pokoknya kalau sudah berkunjung ke Pangkalpinang dan gak mampir ke restoran seafood Mr. Asui rasanya kurang pas hehe. Bener-bener lezat banget loh seafoodnya. Eh jadi laper hikz hikz.  
  • Kwetiau Kuah Ikan
Kwetiau kuah ikan khas Pangkalpinang adalah kwetiau pertama kali yang pernah saya jumpai hehe. Sebelumnya saya makan kwetiau di Jakarta tidak ada kuahnya loh. Nah di Pangkalpinang kwetiaunya dikasih kuah. Sesuatu yang baru wajib dicobain deh hehe. Kwetiau ini saya jumpai di restoran pinggir Pantai Pasir Padi. Kwetiau khas Pangkalpinang ini disajikan dengan ikan tenggiri yang membuat rasanya lebih khas, ditambah lagi dengan toge serta ditaburkan dengan bawang goreng yang membuat rasanya lebih sedap. Nah kalau berkunjung ke Pangkalpinang, jangan sampai gak nyobain kwetiau khas Pangkalpinang ya, dari pada nanti penasaran loh hehe. 

Kwetiau Kuah Ikan Khas Pangkalpinang (Foto Bowo Susilo)
Rasanya pengen banget bisa keliling ke semua wisata yang ada di Pangkalpinang dan menikmati kuliner khas Pangkalpinang. Namun karena saya kemarin cuma tiga hari disana, jadi belum semua tempat wisata dan kuliner yang ada di Pangkalpinang saya kunjungi. Semoga dilain kesempatan nanti, saya bisa eksplor lagi Kota Pangkalpinang, Amin.

Selamat Jalan-jalan ke Kota Pangkalpinang ya :)
www.bowosusilo.com

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

42 komentar:

  1. Bowoooo, udah sehat kah??? Maaf gak sempat jenguk, gak ada yg jaga anak2 :( #oot

    Btw, udah lama pengen bgt jalan2 ke Pangkalpinang, tp blm kesampean, jadi sementara cukup puas baca postingan lengkap ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdllah sudah boleh istirahat di asrama nih Mbk Zata :) Tinggal pemulihan aja nih.
      Enggak papa Mbk Zata, yang penting doanya :)

      Wah semoga nanti ada kesempatan untuk berlibur ke Pangkalpinang ya Mbk Zata :) Amin

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. tempat wisatanya masih "perawan"? mau dong mas merawanin wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas sisko haha. Emang masih perawan loh pantai2 di Pangkalpinang, masih alami dan keren pastinya.

      Hayuk lah kesana kita.

      Hapus
  4. Bowo bikin mupeng aja nih ke Pangkalpinang, wisata pantai dan kulinernya asli bikin mupeng, semoga next aku juga bisa ke sini kaya Bowo. Aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Imawan, keren-keren loh tempat wisata di Pangkalpinang.
      Aku kangen banget nih sama seafood khas Pangkalpinang hehe.

      Semoga nanti ada kesempatan kesana ya mas Imawan. Amin

      Hapus
  5. Waow kepitingnya lezat sekali, yummy....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas amir, bener-bener bikin ketagihan uy. Mantep banget kepiting khas Pangkalpinang.

      Kepitingnya gede-gede dan segar. Kan jadi laper hehe

      Hapus
  6. Mauuu cobain semua kulinernyaaaa :))
    Belum pernah ke Pangkal Pinang nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mbk Deshinta ke Pangkalpinang. Tempat wisatanya keren-keren loh, apalagi kulinernya, enak-enak bingit deh pokoknya hehe.
      Semoga nanti ada kesempatan buat ke Pangkalpinang ya Mbk. Amin

      Hapus
  7. temoat wisata nya banyak, kuliner nya juga banyak.. jadi pengen liburan ke pangkal pinang he he he ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas ikhsan banyak banget hehe. Butuh beberapa minggu untuk bisa keliling semua wisata di Pangkalpinang.
      Hayuk mas ke Pangkalpinang. Semoga nanti ada kesempatan ya mas. Amin

      Hapus
  8. Wadaw tempat wisatanya masih bagus ya kang kalau ditempat saya mah sudah pada rusak karena banyak pengunjung yang tidak memperhatikan kebersihan jadi penuh sampah deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kang Nurul, wisatanya masih alami, bersih dan nyaman pastinya.
      Sayangnya banyak yang belum tau hehe. Makanya recommended banget deh untuk wisata ke Pangkalpinang hehe.

      Wah itu yang harus diperhatikan ya Kang, masyarakat juga harus ikut menjaga tempat wisata agar tetap bersih dan nyaman.

      Hapus
  9. Deeuhh kerwn semua. Jadi pengen kesana. Tapi entah kapan. Semoga ada rejeki lebih. Aamiin 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget nih Pangkalpinang untuk dijadikan tempat wisata. Apalagi Mbk Azzura Lhi suka bingit travelling hehe.

      Pantainya keren-keren loh hehe. Ditambah lagi wisata kulinernya yang super lezat

      Hapus
  10. Mie nya hampir mirip miw cwlornya Palembang punya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk yurmawita hehe. Tapi aku belum pernah cobain mie palembang punya. Semoga nanti ada kesempatan untuk travelling ke palembang. Amin

      Hapus
  11. Balasan
    1. Terimakasih banyak Mas Alamsurya :) semoga bermanfaat untuk memberikan informasi pariwisata.

      Hapus
  12. pengen nyobain ie koba nya..eh tapi itu kepiting menggoda sekali yaaa woo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah wajib cobain deh Mbk Noer. Mie Koba dimakan pakai telor rebus, mantep banget hehe.

      Nah apalagi kepiting khas Pangkalpinang, tidak diragukan lagi mbk hehe. Aku lihat fotonya aja udah langsung ngiler wkwkwkwk.

      Semoga nanti ada kesempatan untuk ke Pangkalpinang ya Mbk. Amin

      Hapus
  13. Waw liat kulineran nya bikin mupeng nih, keren bgt ya wo..kpn ya bs kevpangkal pinang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk Ria, kuliner khas Pangkalpinang emang selalu bikin mupeng hehe.

      Aku kangen bingit sama seafood khas Pangkalpinang, bener-bener lezat uy.

      Iya semoga nanti ada kesempatan untuk berkunjung ke Pangkalpinang ya Mbk Ria. Hehe

      Nabung dulu yuk

      Hapus
  14. Wah, ternyata ga cuma alamnya yang indah. Kulinernya pun tampak menggodanya.sudah lama.ingin kesana tapi belum kesampaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk Windhu, pantainya yang masih alami dan indah pastinya.

      Ditambah lagi kulinernya yang menggoda banget hehe.

      Semoga nanti bisa kesampaian ya Mbk hehe

      Hapus
  15. Wah, ternyata ga cuma alamnya yang indah. Kulinernya pun tampak menggodanya.sudah lama.ingin kesana tapi belum kesampaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk nabung dari sekarang Mbk Windhu biar bisa travelling ke Pangkalpinang hehe

      Hapus
  16. Bowo...kulinernya bisa bikin lidah bergoyang salsa,enak bingits....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha Kak Dennise, ya begitulah kalau lihat kuliner khas Pangkalpinang. Pasti langsung bisa membuat lidah bergoyang salsa wkwkwk

      Hapus
  17. Balasan
    1. Terimakasih banyak :) semoga sukses buat kita semua

      Hapus
    2. Terimakasih banyak :) semoga sukses buat kita semua

      Hapus
  18. Cukup sepeda dan kepitingnya yang bikin aku ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya mas Fawwaz.. Seru banget liburan dengan sepeda hik hik.

      Kepiting khas Pangkalpinang emang bener-bener lezat hehe

      Hapus
    2. Haha iya mas Fawwaz.. Seru banget liburan dengan sepeda hik hik.

      Kepiting khas Pangkalpinang emang bener-bener lezat hehe

      Hapus
  19. Sebagai pecinta mie, itu warung Mie Kobanya kudu coba PAKE banget!

    Dan aku baru tahu ternyata di Pangkal Pinang nggak hanya pantai Pasir Padi ya yang ngetop.

    Omnduut.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes kita sama-sama pecinta mie Mas Haryadi hehe.

      Iya mas masih banyak tempat yang kece disana. Semoga tar ada kesempatan untuk kesana ya mas. Amin

      Hapus
  20. Salam kenal sebelumnya sob :-) Itu pantai tanjung bunga di pangkal pinang kaya nya asik ya.. Tapi sayangnya kalau dari sini jauh sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas effendi, salam kenal juga :)
      Iya itu di Pangkalpinang, asik banget pastinya.
      Emang mas fendi dr mana?

      Hapus

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT