OYPMK dan Disabilitas Berhak Mendapatkan Kesempatan Yang Sama Untuk Berkarir

By Bowo Susilo - 21:58



Halo semuanya, gimana kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan segala urusannya ya, Aamiin. Dan yang nggak kalah penting adalah untuk selalu bersyukur dan bahagia. Teman-teman pernah dengar kan ya Orang Yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK) dan penyandang disabilitas mengalami kesusahan untuk dapat diterima kerja di berbagai perusahaan. Ini memang bukan rahasia umum lagi sih.

Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa teman-teman kita penyandang disabilitas kurang bisa untuk berkarir. Padahal kan setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termasuk mereka penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas masih bisa untuk terus berkarya dan memang sudah seharusnya untuk bisa mendapatkan kesempatan yang sama dalam dunia kerja.

Talkshow Ruang Publik KBR bekerjasama dengan NLR Indonesia

OYPMK dan penyandang disabilitas sudah seharusnya untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak seperti masyarakat pada umumnya. Nah dalam hal ini, Ruang Publik KBR bekerjasama dengan NLR Indonesia pada Kamis, 30 Juni 2022 mengadakan talkshow dengan menghadirkan beberapa narasumber untuk membahas tentang “Rehabilitasi Sosial yang Terintegrasi dalam Membentuk OYPMK dan Disabilitas Siap Bekerja dan Berkarya”.



Narasumber yang hadir dalam acara talkshow bersama Ruang Publik KBR kali ini diantaranya Sumiatun S.Sos, M.Si - Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kemensos dan Tety Sianipar - Direktur Program Kerjabilitas. Dalam talkshow kali ini, OYPMK dan penyandang disabilitas menjadi fokus utama dalam pembahasan dan bagaimana mereka bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa berkarir.

Hingga saat ini permasalahan akses pekerjaan bagi OYPMK dan penyandang disabilitas di Indonesia masih terus terjadi. Banyak dari mereka tidak memiliki akses yang luas untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Masih banyak Batasan-batasan dan kekurangan informasi terkait dunia pekerjaan. Padahal mereka juga berhak untuk mendapatkan akses tersebut.

Nah dalam talkshow kali ini yang dimoderatori oleh Ines Nirmala bakal mengulik berbagai informasi tersebut. Narasumber pertama, Sumiatun S.Sos, M.Si menjelaskan bahwa Kementerian Sosial memiliki program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). Nah dalam program ini, Kemensos memberdayakan penyandang disabilitas untuk bisa mendapatkan kesempatan yang sama terutama dalam hal pekerjaan. Ada 26 hak-hak penyandang disabilitas dan salah satunya yaitu hak pekerjaan.


Selanjutnya Tety Sianipar menjelaskan bahwa “kami memanfaatkan teknologi yakni platform online yang bertujuan untuk menjangkau lebih banyak dan bisa membantu kawan-kawan disabilitas untuk masuk ke dunia kerja sektor formal. Stigma masyarakat bahwa disabilitas tidak bisa bekerja, disabilitas tidak mungkin bisa keluar rumah, berangkat dari rumah ke kantor, hal inilah yang membuat perusahaan ragu akan menerima penyandang disabilitas untuk bekerja.

Nah hal ini tentunya harus dilakukan pemahaman bahwa disabilitas itu bisa bekerja dan bahkan banyak juga yang kaget kalau disabilitas lulus S1. Tety Sianipar menambahkan “Kami dari Kerjabilitas dan bersama kawan-kawan komunitas disabilitas memberikan pemahaman ke kawan-kawan perusahaan tentang apa itu disabilitas, bagaimana penyebutannya, dan bahkan masih sering ngomong cacat, normal. Kerjabilitas memberikan pemahaman bagaimana berinteraksi yang etis sehingga bukan hanya perusahaan ini nanti menerima kawan-kawan disabilitas tapi pas dalam bekerja mampu memberikan treatment yang berkeadilan.

Saya pribadi setuju banget kalau OYPMK dan penyandang disabilitas memang sudah seharusnya mendapatkan kesempatan yang sama dalam hal pekerjaan. Bahkan mengenai hal itu sudah ada aturannya. Semoga makin banyak perusahaan yang tidak memandang sebelah mata para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan.

Yuk semangat terus teman-teman OYPMK dan penyandang disabilitas untuk bisa berkarya!



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar