BREAKING

Rabu, 06 September 2017

Serba Serbi Automotive: Tips Cerdas Membersihkan Velg Motor

Foto : Bowo Susilo
Sebagai pengguna sepeda motor tentu tidak hanya cerdas dalam mengendarainya tetapi juga harus cerdas dalam memelihara komponen motor yang anda punya. Salah satunya adalah velg motor, tentu selain membuat kerangka roda motor anda velg motor juga dapat mempercantik tampilan dari motor itu sendiri, maka anda harus sangat memperhatikan kebersihan dan perawatanya jangan sampai velg motor anda karatan. Ada berbagai jenis velg motor dari segi bentuknya yang berbeda-beda maka cara memelihara atau membersihkannya juga tentu tidak sama. Banyak sekali varian velg motor yang tersedia seperti belg motor versi jari jari yang terbuat dari besi yang tentu akan cepat berkarat kalau tidak dirawat dengan mudah, sedangkan untuk velg versi palang yang dilapisi oleh lapisan cat akan terlihat kusam jika tidak dirawat dengan baik. Tetapi banyak sekali para pengguna motor yang mengecat ulang velg palang mereka, padahal ada cara yang lebih mudah dan tidak memakan biaya lagi untuk merawatnya, sebaiknya anda cukup menggunakan atau mengoleskan pelumas seperti oli untuk menghilangkan kesam kusam di velg palang anda.
Hal ini dinilai lebih efektif daripada anda harus mencat kembali velg palang motor anda, teapi yang perlu diperhatikan oli yang dipakai sebaiknya oli yang berkualitas dan tentunya bukan dari oli bekas karena hal ini dapat merusak warna dari velg palang itu sendiri. Salah satu pemilik motor yang pernah memakai trik ini adalah Julius Langitan dimana dia tidak sengaja menjatuhkan oli ke velg motornya namun setelah dilap ternyata memberikan hasil yang mengkilap, hal ini dapat terjadi karena oli sendiri memiliki sifat melekat yang dapat meresap kotoran dan debu. Cara membersihkan velg motor cukup  mudah anda hanya menyiapkan lap kering dan oli baru yang berkualitas. Setelah itu anda tuangkan oli baru tersebut ke velg motor, perlu diingat jangan terlalu banyak menuangkan oli motor agar tidak tercecer ke bagian lainnya, anda cukup mengoleskan oli baru tersebut ke bagian velg motor yang hendak ingin dibesihkan, lalu diamkan dua sampai tiga menit, setelah itu bersihkan oli dengan kain kering dan bersih. Maka velg palang anda kembali cantik dan mengkilap.
Perlu diingat cara ini hanya berguna untuk membersihkan dan merawat velg saja dan tidak memiliki fungsi untuk menjada kondisi velg anda, tambahan informasi untuk anda pemilik motor yang menggunakan velg jenis palang sering sekali mengalami kerusakan seperti lecet dan penyok ketika terjadi benturan keras dan saat melakukan pergantian ban motor baru.
Bagi anda yang memiliki velg motor dari besi yang terbuat dari stainless steel dan pasti mudah sekali berkarat, cara yang dinilai ampuh untuk merawat velg motor jenis ini adalah cukup bersihkan dengan menggunakan air soda murni yang tanpa tambahan pemanisnya, lalu gunakan lap chaimos dan tuangkan air soda secukupnya , kemudian gosokan secara perlahan ke velg anda terutama dibagian yang sudah berkarat. Setelah itu bersihkan dengan cara membilas dengan menggunakan air dan keringkan hingga benar benar kering. Tetapi saat ini banyak sekali pengguna motor dengan velg besi menggunakan amplas untuk membersihkan motornya, padahal cara ini dinilai kurang baik karena amplas dapat  membuat velg motor anda cepat terkikis sehingga dapat menimbulkan bekas gesekan.

Demikian ulasan serba-serbi automotive mengenai tips cerdas membersihkan velg motor anda, dan jika anda ingin membeli suku cadang atau velg yang berkualitas segera kunjungi MatahariMall.com dan dapatkan velg motor yang berkualitas dan tentunya tidak mengharuskan anda mengganti velg motor dengan cepat.
 
 

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT