BREAKING

Minggu, 13 Agustus 2017

BCA Awali Aksi Berbagi #BukuUntukIndonesia di Lampung

Penyerahan Buku Secara Simbolis oleh BCA
(Foto : Bowo Susilo)
Membaca seharusnya menjadi kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang. Namun kenyataannya masih banyak yang kurang suka dengan membaca. Padahal membaca banyak banget lho manfaatnya. Dengan membaca, kita akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan, dapat mengurangi stres, tidak ketinggalan informasi-informasi seputar kehidupan dan masih banyak lagi pastinya. Saya pribadi sampai sekarang masih suka membaca, ya walaupun tidak sering sih hehe. Ditengah kerjaan yang padat setiap harinya, namun membaca tetap saya sempatkan, minimal baca koran hehe.  

Belakangan ini minat baca bangsa Indonesia sangat kurang. Berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca. Indonesia persis berada dibawah Thailand (59) dan diatas Bostwana (61). Padahal, dari segi penilaian infrastruktur untuk mendukung membaca peringkat Indonesia berada diatas negara-negara Eropa. Hal ini tentu sangat memprihatinkan karena minat baca bangsa Indonesia sangat kurang. 

Melalui program gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia BCA terus berkomitmen dalam meningkatkan minat membaca diberbagai pelosok Indonesia. Jumat, 21 Juli 2017 PT Bank Central Asia Tbk (BCA) membagikan buku bacaan dan mengadakan serangkaian kegiatan di Lampung, tepatnya di SD Negeri 7 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. 

Masyarakat Lampung sangat antusias menyambut program ini. Hal ini terlihat dari sambutan yang luar biasa oleh para siswa-siswi SD Negeri 7 Gadingrejo, Para guru dan seluruh masyarakat yang turut hadir. Dalam acara ini, BCA membuat serangkaian acara yang menarik dan bertujuan untuk mengenalkan adik-adik SD Negeri 7 Gadingrejo untuk gemar membaca.  

Saya dan teman-teman blogger mendapatkan kesempatan untuk hadir di acara ini. Walau lokasi yang cukup jauh harus saya tempuh dari rumah, saya tetap antusias untuk menghadiri acara ini. Saya dan teman-teman blogger berangkat pukul 06.00 dari Kota Bandar Lampung, sampai dilokasi sekitar pukul 07.00 di SD Negeri 7 Gadingrejo. Karena kondisi hujan, acara terpaksa diundur beberapa menit.  

Sebelum acara berlangsung, saya dan teman-teman blogger melakukan briefing dengan Pak Rendy perwakilan dari BCA. Program berbagi #BukuUntukIndonesia yang digagas oleh BCA ini sudah mulai sejak 15 Maret hingga 15 Juni 2017. Dana donasi yang sudah terkumpul mencapai 1,05 miliar lebih. Dana donasi yang sudah terkumpul ini sudah dikonversikan dalam bentuk buku yang siap disalurkan ke 104 sekolah penerima di 60 titik di seluruh Indonesia. Tempat yang menjadi tujuan donasi buku pertama kali adalah Lampung tepanya di SD Negeri 7 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. 

Setelah tamu undangan berdatangan, acara pun dimulai. Acara diawali penampilanpenampilan tari dari SD Negeri 7 Gadingrejo. Turut hadir Direktur BCA Santoso untuk memberikan sambutannya sekaligus memberikan donasi buku kepada para siswa. Santoso mengucapkan terimakasih banyak atas sambutan masyarakat Lampung yang luar biasa. Mari kita terus ciptakan akses yang luas kepada anak-anak di daerah untuk memperoleh buku bacaan yang dapat membuka wawasan mereka terhadap dunia yang tanpa batas dan menuju kehidupan yang sejahtera, tambah Santoso. 

Foto Bersama Tim BCA, Guru, dan Siswa Berprestasi
(Foto : Bowo Susilo)
Seremoni penyerahan Donasi Program Buku Untuk Indonesia diserahkan langsung oleh Direktur BCA Santoso yang didampingi Senior Vice President Corporate Social Responsibility BCA Sapto Rachmadi dan Kepala KCU BCA Bandar Lampung Soeharjo Moeliadi. Buku ini diserahkan secara simbolis kepada 7 Kepala Sekolah SD Negeri, yakni SD Negeri 7 Gadingrejo, SDN 2 Banjarsari Metro Utara, SDN 3 Bumi Waras, SDN 5 Bumi Waras, SDN 3 DAN 4 Sukaraja, dan SDN 4 Gunung Terang di SD Negeri 7 Gadingrejo, Pringsewu, Bandar Lampung. 

Selain itu juga, turut menyaksikan diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Sulpakar, Ka UPT Pendidikan Bandar Lampung Yekti Budi Utami, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu Tri Prawoto, Kepala Dinas Sosial Bandar Lampung Sumarju Saeni.  

Penyerahan Donasi Buku Secara Simbolis
(Foto : Bowo Susilo)
Dalam kesempatan ini, Giring Nidji Ganesha juga turut hadir untuk memeriahkan acara ini. Giring Nidji Ganesha diberikan kesempatan untuk mengisi acara. Sambutan dari masyarakat Lampung pun sangat meriah dan banyak yang minta foto bersama termasuk saya hehe. Giring Nidji Ganesha membacakan dongeng untuk adik-adik SD Negeri 7 Gadingrejo. Adik-adik SD Negeri 7 Gadingrejo menyimak dan sambil tertawa-tawa. Setelah selesai membacakan dongeng, Giring Nidji membagikan hadiah-hadiah kepada adik-adik yang bisa menjawab pertanyaan. Pertanyaan yang diberikan masih seputar cerita dongeng yang dibacakan oleh 
Giring.  

Begitu luar biasa adik-adik SD Negeri 7 Gadingrejo karena hampir semua bisa menjawab pertanyaan dari Giring Nidji. Adik-adik pun berhak mendapatkan hadiah. Acara ditutup dengan foto bersama Tim BCA, Giring Nidji Ganesha, Guru dan tamu undangan serta adik-adik berprestasi SD Negeri 7 Gadingrejo. 

Semoga dengan adanya program berbagi #BukuUntukIndonesia anak-anak Indonesia dapat meningkatkan membacanya agar menjadi generasi yang cerdas dan berguna bagi nusa, bangsa dan agama. 

Bagi yang masih penasaran dengan program donasi #BukuUntukIndonesia dapat berkunjung langsung dilaman www.bukuuntukindonesia.com atau juga bisa melalui cabang BCA terdekat untuk dapat berpartisipasi dalam gerakan ini.

Salam,
www.bowosusilo.com

About ""

Halo semua, Selamat datang di www.bowosusilo.com. Saya lahir di Lampung, dari 2 bersaudara. Selain kuliah, saya juga aktif di dunia blogger. Melalui blog ini saya juga menerima penawaran kerjasama dalam bentuk penulisan artikel sponsor, job review, dan sebagainya. Nah untuk penawaran kerjasama bisa langsung menghubungi saya di bowosusilo68@gmail.com.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Bowo Susilo
Design by FBTemplates | BTT