BNI Xpora Jakarta Berkomitmen untuk Fasilitasi UMKM Go Ekspor

By Bowo Susilo - 09:45

 

Bisa nggak ya produk-produk lokal go ekspor? Pertanyaan ini mungkin sering kali muncul dibenak para pelaku UMKM. Ya, memiliki produk untuk bisa go ekspor memang tidaklah mudah. Karena produk yang dihasilkan harus memiliki keunikan dan memiliki nilai tinggi serta harus bisa diterima di masyarakat. Makanya para pelaku UMKM yang baru terjun mengelola usahanya haruslah memiliki semangat yang tinggi dan pantang menyerah.

Jadi teringat beberapa tahun lalu, saya sempat menjadi Tenaga Penyuluh Lapangan UMKM di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung. Mendampingi para pelaku UMKM menjadi pekerjaanku selama dua tahun. Tentu ini menjadi pengalaman berharga karena bisa membantu para pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya.

Disitu saya berperan sebagai teman sekaligus tangan kanan para pelaku UMKM untuk menyampaikan apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnisnya. Dari berbagai aspirasi yang disampaikan oleh para pelaku UMKM inilah kemudian saya sampaikan ke dinas terkait untuk bisa ditindaklanjuti dan diberikan berbagai pelatihan agar mereka bisa maju dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional.


BNI Xpora Jakarta Dukung UMKM untuk Go Ekspor

Para pelaku UMKM tentu tidaklah mudah untuk bisa menembus pasar internasional jika tidak ada dukungan dari berbagai pihak terkait. Nah disinilah BNI Xpora Jakarta hadir untuk membantu para pelaku UMKM agar produknya bisa menembus pasar internasional.

Potensi UMKM di Indonesia sangatlah besar baik dari korporasi, komersial, kecil, dan juga mikro. Nah jika ini menjadi sebuah ekosistem, tentulah akan menjadi mudah dan cepat berkembang. UMKM di Indonesia ditargetkan bakalan tumbuh sekitar 21% di tahun 2024. Ada pertumbuhan sekitar 500 UMKM baru yang siap ekspor. Diera yang serba digital seperti sekarang ini, untuk menjadi eksportir bukan menjadi hal yang sulit.

Nah para kartini milenial dan juga rekan-rekan yang memiliki usaha bisa banget nih untuk bergabung ke Xpora. Dengan bergabung di Xpora inilah akan dibukakan jalan agar produk-produknya bisa go ekspor. Nah bagaimana nih caranya untuk bisa gabung bersama Xpora.

Bagaimana Cara Bergabung di Xpora?

Para pelaku UMKM bisa banget bergabung dengan Xpora agar difasilitasi. Dan caranya juga nggak susah kok. Ada dua cara yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk gabung di Xpora. Cara yang pertama ialah melalui pisikal hub yang ada di 7 lokasi diantaranya Jakarta, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Nah cara yang kedua ialah langsung mengakses ke portal digital Xpora yakni di www.xpora.bni.co.id.

Sebenarnya produk-produk yang dihasilkan para pelaku UMKM untuk bisa menembus ekspor tidak susah. Karena banyak produk-produk hasil UMKM yang kualitas bagus-bagus. Nah yang menjadi tantangannya ialah apakah produknya itu konsisten. Konsisten disini ialah dari segi kualitas maupun kuantitas.


Tantangan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini

Pelaku UMKM dari hari ke hari memang harus terus berbenah dan harus bisa mengikuti perkembangan yang terjadi. Jangan sampai tertinggal dengan info-info penting terutama terkait soal ekspor. Nah berbagai tantangan yang saat ini dihadapi oleh para pelaku UMKM diantaranya sebagai berikut:

  • Daya saing produk
  • Prosedur ekspor dan lisensi
  • Solusi pembiayaan dan transaksi
  • Akses ke pasar global
  • Kemampuan digital

Berbagai tantangan diatas menjadi PR bersama bagi Xpora dan juga pelaku UMKM nih. Jika para pelaku UMKM bergabung dengan Xpora, maka berbagai tantangan tersebut akan dicarikan solusi bersama-sama. Sehingga kedepan para pelaku UMKM bisa dengan mudah untuk bisa go ekspor.

Yuk semangat para pelaku UMKM untuk bisa go ekspor bersama BNI Xpora Jakarta!  



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar