Yuk Dukung Atlet-atlet Indonesia di Asian Games 2018

By Bowo Susilo - 20:26

Sumber : IG asiangames2018 
Indonesia... Indonesia... Indonesia... !!! Waaaaah rasanya sudah gak sabar lagi nih untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018. Setelah beberapa tahun akhirnya Indonesia kembali menjadi tuan rumah Asian Games. Indonesia sudah pernah menjadi tuan rumah Asian Games yaitu pada tahun 1962, dan ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah. Tentunya ini adalah ajang yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia adalah negara yang tangguh.

Perhelatan Asian Games 2018 kali ini akan diadakan di dua Kota sekaligus yaitu Jakarta dan Palembang. Perhelatan Asian Games 2018 akan berlangsung dari tanggal 18 Agustus - 2 September 2018. Sampai saat ini berbagai persiapan pun sedang dikerjakan guna menyambut perhelatan akbar ini. Persiapan tersebut diantaranya perbaikan stadion Gelora Bung Karno, perbaikan trotoar, pembangunan LRT dan masih banyak lagi. Semua fasilitas yang berhubungan dengan Asian Games 2018 terus dikebut dan diperkirakan akan selesai pada akhir Juli ini.

Jiwa dari "Energy of Asia" terbentang pada keberagaman budaya, bahasa, suku, dan berbagai peninggalan sejarah. Disaat semua elemen ini bersatu, maka akan menjadi kekuatan utama. Dengan nilai dan keberagaman dan kesatuan masyarakat Indonesia inilah Asian Games 2018 memperkenalkan 3 maskot dengan energi yang berbeda-beda. Ketiga maskot ini akan merepresentasikan energi yang terdapat pada Asian Games 2018.

Yuk kita kenali 3 maskot tersebut :
Bhin Bhin (foto : www.asiangames2018.id)
     1. BHIN BHIN

Bhin Bhin adalah seekor burung cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin ini mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.
Atung (foto : www.asiangames2018.id)
     2. ATUNG

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung ini mengenakan sarung dengan motif tumpul dari Jakarta.
Kaka (foto : www.asiangames2018.id)
    3. KAKA

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka ini mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Dengan 3 maskot inilah diharapkan bisa merepresentasikan keberagaman budaya, bahasa, dan suku yang ada di Indonesia. Sebagai warga Negara Indonesia tentu saya merasa sangat bangga menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Ajang Asian Games 2018 ini akan diikuti oleh 45 negara yang akan mempertandingkan 40 cabang olahraga. Tentunya Jakarta dan Palembang akan menjadi tempat dimana para atlet-atlet dari berbagai negara bertanding. Sekitar 15.000 atlet akan bertanding mulai tanggal 18 Agustus - 2 September 2018.

Pengen bisa memberikan dukungan langsung di stadion (foto : www.bowosusilo.com)

"Yuk Dukung Bersama Asian Games 2018" 

Biarpun saya bukan warga Jakarta atau Palembang, Saya akan tetap dukung Asian Games 2018 dari daerahku. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk dukung bersama-sama perhelatan Asian Games 2018 ini. Menyebarkan informasi seputar Asian Games 2018 ini sudah termasuk memberikan dukungan. Dengan demikian akan banyak masyarakat Indonesia bahkan mancanegara yang tau akan diadakannya perhelatan Asian Games 2018.

Selain itu juga, bentuk dukungan lainnya adalah dengan nonton langsung pertandingannya di Jakarta atau Palembang. Saya sebenernya excited banget pengen nonton langsung, ya semoga saja kesampean hehe. Dukungan yang gak boleh ketinggalan juga adalah selalu mendoakan para atlet Indonesia agar selalu sehat dan bisa mengharumkan Indonesia dikancah dunia.

Khusus untuk warga Jakarta dan Palembang tentunya harus bersyukur karena daerahnya menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Semangatnya untuk mendukung Asian Games 2018 harus lebih dari teman-teman yang ada didaerah lain mengingat aksesnya yang sangat mudah untuk mendukung atlet-atlet Indonesia secara langsung.

Dukungan tersebut gak harus nonton langsung kok. Apabila gak punya uang untuk beli tiket nonton ya bisa memberikan dukungan yang lainnya. Menjaga fasilitas yang sudah dibangun oleh pemerintah untuk menyambut Asian Games 2018 seperti trotoar, jangan buang sampah sembarangan disekitar lokasi Gelora Bung Karno, dan sebagainya.

Nah yang paling diantisipasi  untuk Jakarta adalah masalah kemacetan. Bagi warga Jakarta diharapkan untuk beralih alat transportasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan penambahan 416 unit armada bus Transjakarta untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018. Penyediaan bus Transjakarta merek Volvo 116 unit dan Scania 300 unit. Penambahan armada ini merupakan hasil kerjasama Pemprov DKI dengan pemerintah Swedia dan Transjakarta.

Dengan menyukseskan Asian Games 2018, itu berarti kita sudah berkontribusi terhadap negara bukan hanya dibidang olahraga tapi juga untuk seluruh sektor termasuk menggerakkan perekonomian Indonesia. Semoga Asian Games 2018 berjalan lancar dan Indonesia bisa menjadi juara umum! Aamiin... 





Salam,
www.bowosusilo.com

  • Share:

You Might Also Like

64 komentar

  1. Melek banget jadinya Bowo setelah membaca ulasan ini.Tentunya aku juga turut mendukung Asian Games 2018. Semoga atlit Indonesia dapat meraih banyak medali yang memberi harum nama bangsa. Sukses untuk Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooooook Kak Dennise kita sama-sama dukung perhelatan Asian Games ini. Semoga Indonesia bisa memberikan yang terbaik ya kak,
      Aamiin...

      Salam semangat!!!

      Delete
  2. Waaaah thanks kak informasinya...baru tau nih ternyata dulu Indonesia udah pernah jadi tuan rumah Asian Games ya.. Semoga Asian Games 2018 ini berjalan lancar..

    Pengen banget loh kak bisa nonton langsung Asian games..mmmm kapan lah ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay sama-sama dek.. Yuk semangat kita dukung perhelatan asian games 2018! Aku pun pengen banget bisa nonton langsung hehe

      Delete
  3. Replies
    1. Pengen peluk ya kak Hehehe...ayooo kak datang di asian games, pasti banyak atung2 gemes hahha

      Delete
  4. Bismillah yuk Indonesia juara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Semangat untuk Indonesia! Indonesia... Indonesia ...

      Yuk kak kita dukung perhelatan asian games 2018

      Delete
  5. Moga Indonesia masuk juara 5 besar ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kak... Insyaallah juara umum kak hehe. .

      Yuk kak sama-sama kita dukung

      Delete
  6. Pembukaan hari ini, ya?
    Eh, biasanya maskotnya satu, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembukaan apa nih bun hehe
      Pembukaan tanggal 18 agustus bunda..

      Sekarang ada tiga maskot bunda.

      Delete
  7. Kemarin sudah liat rundown acara dan harga tiket untuk menonton. Pengen lah sesekali nonton lombanya, kapan lagi bisa dukung Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya setuju banget Mbk Hanni.. Yuk semangat kita dukung perhelatan asian games ini! Semangat

      Delete
  8. Semoga Asian Games kali ini, Indonesia mampu berprestasi dengan baik. Salah satunya cara mendukung adalah dengan menonton pertandingan. Saya suka dengan maskot bhin-bhin, atung, dan kaka yang lucu. Begitu juga dengan the song-nya yang menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.... Yuk mbk kita dukung para atlet-atlet Indonesia!

      Iya aku pun suka banget sama the songnya yg semangat abis hehe

      Delete
  9. Bhin Bhin napa gemes banget dah hahhaha... jadi enggak sabar nih nungguin perhelatan besar Asian Games di Jakarta dan Palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa kak minta dipeluk tuh hehe .

      Aku juga ga sabar, pasti seru abis ya kak

      Delete
  10. aku punya bonekanya tapi baru tau maknanya loh,, makasi infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaah ternyata malah udah punya bonekanya. Iya Mbk sama2 hehe

      Delete
  11. wajib dukung asian games 2018, padahal maskot ini ada di depan kantor tapi aq baru tahu makna-maknanya... thanks mas bowo infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Maya, wajib banget deh. Iya kak sama-sama hehe

      Delete
  12. ooh itu tooh maskot2nya asian games namanya! lucuk!

    ReplyDelete
  13. Prestasi atlet Indonesia mulai mendunia, dukung untuk laga di Asian Games

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas agung ..Yuk sama-sama kita dukung perhelatan asian games!

      Delete
  14. Aku belum punya boneka asian games tapi aku tetap semangat mendukung asian games dong kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, aku pun juga belum punya hehe. Semangat 45 ya kak !
      Semoga Indonesia bisa juara umum dan menjadi tuan rumah yg baik. Aamiin

      Delete
  15. Wah, maskotnya luthu luthuuu. Saya paling suka deh yg atung. Rusaaa 😍😍 Sukses selalu yaa Asean Games. Go Indonesia!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo kak dipeluk hehe. Biar makin greget hehe. Semoga Indonesia bisa menjadi tuan rumah yg baik dan Indonesia juara unum Aamiin. ..

      Delete
  16. Ayooooo support Indoensia dan Asian Games!! Indonesiaaaaaaaa ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooooo kak! Semangat!
      Indonesia Indonesia Indonesia! !

      Delete
  17. Ikon-nya lucu-lucu ya, gimana tuh mas kalau mau dapetin boneka ikonnya? dijual bebas gak sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh Mbk pengen peluk yak hehe. Sepertinya dijual kok Mbk..di Jakarta - Palembang pasti banyak.
      Dan di kota2 besar lainnya hehe

      Delete
  18. tambah keren aja nih, menyebar ke daerah2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. ..Ayo semangat dukung asian games 2018

      Delete
  19. Semoga Indonesia jadi juara ya. Ga cuman jepang dan republik rakyat tiongkok saja yang mendominasi juara.
    Eh mas bro. Di Lampung dimana ya yang jual maskot asian games 2018.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...Yuk semangat dukung asian games 2018. Semoga Indonesia juara umum dan bisa menjadi tuan rumah yang baik.

      Waaah kalau di lampung aku belum tau juga mas hehe. Taunya di toko-toko online yang udah banyak di jual mas

      Delete
  20. Pokoknya kita setuju, semua harus dukung suksesnya Asian Games 2018. Karena ini juga bentuk rasa cinta tanah air. Beri doa terbaik agar para atlit mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget Mbk. Yuk semangat dukung para atlet, semoga sukses. Aamiin...

      Delete
  21. Aku BANGGA dgn pencapaian Indonesia sbg tuan rumah Asian Games.
    Semoga lancaaaaarr!

    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun demikian kak hehe,bangga banget deh!
      Aamiin...

      okay

      Delete
  22. Ulasannya bagus, lengkap dan ada pengetahuan termasuk jadi tahu maskot asian games nya mantab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks kak sudah berkunjung :)
      Yuk sama-sama dukung asian games 2018, semoga Indonesia bisa jadi tuan rumah yang baik dan bisa juara umum! Aamiin

      Delete
  23. Asian Games 2018 ini meriah banget ya senang banget spanduk ada dimana-mana dan maskotnya itu gemesin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbk Naqiyyah, pasti bakalan seru abis deh perhelatan asian games.
      Maskotnya emang lucu-lucu hehe

      Delete
  24. Semoga Indonesia menjadi juara dalam Asian Games ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Juara umum Aamiin...
      Pengen banget bisa nonton langsung ya Teh Liswanti hehe

      Delete
  25. Wah, aku baru tau loh nama-nama maskotnya hehehe makasih infonya, kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kakak :)
      Nggemesin yak maskotnya hehe

      Delete
  26. Anakku nih semangat lihat maskot Asian Games yang lucu-lucu. Sekarang aku bisa cerita ada siapa aja namanya dan kekuatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah lo Mbk hehe, beliin deh Mbk..
      Iya emang lucu-lucu yak hehe

      Delete
  27. Semoga atlet Indonesia banyak mencetak prestasi.
    Biar makin keren melengkapi sebagai lokasi negara penyelenggaran Asean Games tahun ini 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Yuk mas sama-sama kita dukung para atlet-atlet Indonesia, semoga atlet-atlet Indonesia bisa juara!

      Delete
  28. Nama maskotnya lucu-lucu ya. Duuh ga sabar deh pengen liat pertandingan di Asian Games nanti, penasaran sama atlet renang indahnya..

    ReplyDelete
  29. wah mas, baca kata kemacetan itu agak nngeri,semoga saat acara Asian Games berlangsung di Jakarta macetnya ga ada, aamiin

    ReplyDelete
  30. Lucu2nya maskot Asian Games, saya mau beli ahh utk koleksi dan kenang2an..

    ReplyDelete
  31. Maskotnya lucu-lucu Wo pingin koleksi deh

    ReplyDelete
  32. Aku tuh paling suka Official lagunya yang dinyanyikan Via Vallen. DUh jadi pengen goyang. SMoga aja nih bikin orang makin semangat dukung Asian Games yaa

    ReplyDelete
  33. Enggak sabar nunggu acara pembukaan. Yah terima nasib aja deh, nonton di Tipih, wkwkw

    ReplyDelete
  34. secara ga langsung memang mendukung Indonesia agar menjadi juara di kancah internasional ini

    ReplyDelete