Apakah Trigeminal Neuralgia Berbahaya dan Bagaimana Pengobatannya di RS Pusat Otak Nasional

By Bowo Susilo - 02:07


Halo teman-teman, gimana kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan segala urusannya ya, Aamiin. Dan yang nggak kalah penting ialah untuk selalu bersyukur atas nikmat-NYA.

Ngomongin soal kesehatan tentu menjadi topik yang sangat menarik ya. Yups, karena kesehatan tuh selalu beriringan dalam kehidupan sehari-hari. Kesehatan menjadi yang paling utama dan harus dijaga dengan sebaik mungkin. Karena kalau udah sakit, nanti yang repot ya diri sendiri, keluarga, dan bahkan kerabat. Dan mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Setuju ya teman-teman.

Pada kenyataannya memang ada beberapa penyakit yang sulit untuk dicegah ya teman-teman. Tapi memang harus tetap berusaha dengan semaksimal mungkin untuk tetap menerapkan perilaku hidup sehat. Karena ini adalah kuncinya dan bisa untuk meminimalisir terserang penyakit.


Mengenal Apa Itu Trigeminal Neuralgia

Teman-teman ada yang sudah pernah dengar apa itu Trigeminal Neuralgia? Jujur Aku pribadi baru dengar penyakit ini pas ikut acara Blogger Gathering yang diadakan oleh Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON). Ternyata ada ya penyakit seperti ini.

Oke langsung aja kita bahas soal Trigeminal Neuralgia ya teman-teman. Pada acara talkshow beberapa hari lalu telah hadir dr. Mustaqim Prasetya, SpBS, FINPS dan dr. Adi Sulistyanto, SpBS, FINPS yang menjelaskan tentang Trigeminal Neuralgia. Jadi, Trigeminal Neuralgia ialah nyeri yang terjadi pada salah satu sisi wajah, pada daerah yang diatur oleh saraf Trigeminal (saraf kepala/kranial No 5).

Nyeri ini bukan nyeri yang biasa pada umumnya ya teman-teman, tapi bisa lebih hebat lagi. Makanya orang yang terkena Trigeminal Neuralgia tentu akan sangat kesakitan kalau pas nyerinya bereaksi. Dan teman-teman udah tau belum kalau setiap tanggal 7 Oktober itu diperingati sebagai Hari Kepedulian Trigeminal Neuralgia setiap tahunnya.

Seperti yang Aku bilang diawal tadi bahwa masalah nyeri yang dialami bukan hanya nyeri wajah yang teramat sangat, tapi juga dibarengi dengan rasa stress, kecemasan, putus asa, merasa sendiri, depresi, dan lain sebagainya. Makanya orang yang terkena Trigeminal Neuralgia harus mendapatkan dukungan penuh oleh keluarga dan kerabatnya. Karena memang untuk melawan penyakit ini butuh perjuangan yang tidak mudah.


Bagaimana Pengobatan Trigeminal Neuralgia di RS PON?

Karena gejala penyakit Trigeminal Neuralgia berupa nyeri yang mungkin hampir mirip dengan nyeri-nyeri seperti biasanya, maka banyak pasien yang tidak mengetahui diagnosis penyakitnya. Dan bisa dibilang penyakit ini memang jarang dialami oleh sebagian orang.

Namun jangan khawatir ya teman-teman, karena orang yang mengalami Trigeminal Neuralgia bisa dilakukan pengobatan hingga sembuh kok. Pada talkshow kali ini, RS PON juga menghadirkan 2 orang yang pernah terkena Trigeminal Neuralgia yakni Bapak Abdullah dan Ibu Novita. Dan alhamdulillah sekarang sudah sembuh dengan MVD di RS PON.

Bapak Abdullah kemarin sempat berbagi pengalamannya ketika terkena Trigeminal Neuralgia. Katanya sempat ingin bunuh diri dan merasa putus asa karena memang butuh perjuangan banget untuk bisa sembuh. Begitu juga yang dialami oleh Ibu Novita. Beliau sempat stress dan gampang marah pada orang-orang terdekatnya, karena memang bawaannya pengen emosi terus ketika sakit nyeri dirasakan.

Beruntunglah Bapak Abdullah dan Ibu Novita tetap pantang menyerah dan bangkit untuk bisa sembuh. Akhirnya melakukan pengobatan di RS PON. Untuk urutan pengobatannya diantaranya sebagai berikut:

  • Wawancara medis
  • Pemeriksaan fisik
  • Diagnosis dan Diagnosis banding
  • Perencanaan tatalaksana lanjutan
  • Setelah itu baru dilaksanakan pemeriksaan penunjang Radiologis (+ Neurodiagostik)
  • Treatment yakni bedah mikro (MVD) atau intervensi nyeri sesuai indikasi

Dan itulah urutan pengobatan penyakit Trigeminal Neuralgia. Dan tentu nggak usah khawatir yang berlebihan ketika terkena Trigeminal Neuralgia, karena memang sudah ada RS yang terpercaya dan pengalaman untuk menangani penyakit tersebut yakni RS PON. Monitor saraf juga terus dilakukan ketika proses pembedahan berlangsung. Dan tentu ditangani dengan dokter-dokter yang pengalaman dan menggunakan alat yang canggih.


Tindakan bedah saraf RS PON dilakukan oleh dokter-dokter yang pengalaman. Dan tindakan MVD selalu mengedepankan Happy Surgary. RS POM melayani segala permasalahan penyakit otak dengan menggunakan alat bantu diagnostik yang canggih. Jadi nggak perlu khawatir lagi ketika akan berobat ke RS PON.

Salam sehat untuk kita semua!



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar