Kelola Keuangan Makin Mudah Dengan Sampoerna Mobile Banking

By Bowo Susilo - 08:57


Siapa yang masih memiliki kebiasan menabung sampai sekarang? Kalau ngomongin soal menabung tuh jadi ingat pas masa-masa kecil dulu, selalu diajarkan orang tua untuk selalu menabung. Masih ingat banget dulu aku suka nabung di celengan namanya kendi hehe. Kebetulan aku dua bersaudara yang memiliki jarak umur nggak terlalu jauh yakni selisih dua tahun sama kakak aku. Hal itu membuat aku makin semangat nabung karena lomba sama kakak aku hehe. Banyak-banyakan nabung, kalau belum penuh nggak boleh dibongkar hehe.

Dengan kebiasaan menabung akan mengajarkan kita untuk mengelola keuangan dengan baik. Apalagi kalau sudah dewasa, tentu harus makin pintar mengatur keuangan nih. Semakin dewasa maka kebutuhan pun makin meningkat. Makanya mengelola keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Apalagi diera pandemi seperti sekarang ini yang penuh dengan ketidakpastian. Jangan sampai kelola keuangan dengan asal-asalan, harus diperhitungkan dengan sebaik mungkin. Pepatah bilang jangan sampai besar pasak daripada tiang, yang artinya besar pengeluaran daripada pendapatan. Karena jika pengeluaran tidak seimbang dengan pendapatan ya otomatis akan membuat pengelolaan keuangan makin kacau balau hehe.

Nah ngomongin soal mengelola keuangan nih ya, diera yang serba digital seperti sekarang ini makin banyak loh instrumen yang bisa digunakan untuk menabung. Salah satunya adalah menabung di Sampoerna Mobile Banking. Tanggal 27 Januari 2022, Sampoerna Mobile Banking resmi diluncurkan. Hal ini untuk menjawab kebutuhan para milenial untuk semakin semangat dalam menabung.

Oiya, sebelumnya layanan mobile banking ini bernama BSS Mobile. Peningkatan layanan ini dilakukan untuk mempermudah nasabah milenial dalam menabung serta melakukan berbagai transaksi perbankan. Lebih jauh, nilai lebih berupa undian setiap bulan dan triwulanan melalui tabungan Sampoerna Mobile Saving diharapkan menumbuhkan kebiasaan menabung nasabah, khususnya para milenial.


Dalam peluncuran aplikasi Sampoerna Mobile Banking kali ini turut hadir Bapak Henky Saputra selaku Finance & Business Planning Director, Bank Sampoerna. Dalam peluncuran aplikasi Sampoerna Mobile Banking, beliau menyampaikan bahwa “Di era yang serba digital ini, kebutuhan nasabah akan transaksi digital semakin meningkat. Sampoerna Mobile Banking merupakan jawaban atas setiap kebutuhan transaksi digital generasi milenial” jelasnya.

Keuntungan menabung di Sampoerna Mobile Banking ialah nasabah akan mendapatkan poin undian yang akan diundi setiap bulan, serta undian grand prize setiap triwulanan dengan total hadiah 3 miliar rupiah. Tentunya nggak hanya itu saja, menabung di Sampoerna Mobile Banking bebas biaya admin lho. Buat yang sering transfer-transfer ke bank lain juga nggak usah khawatir karena biayanya hanya 3000 rupiah saja. 

Menariknya pada peluncuran aplikasi Sampoerna Mobile Banking juga diadakan talkshow bersama Felicia Putri Tjiasaka seorang Influencer dan juga investment storyteller. Ada juga Olga Agata, pelaku gaya hidup minimalis.

Felicia menambahkan bahwa, Ada beberapa faktor yang membuat kaum milenial dan gen Z ini boros dan sulit menabung, seperti akses internet yang memperbolehkan kita melihat dunia yang lebih luas dan juga e-commerce yang mendemokratisasi pembelian barang antar kota, provinsi dan bahkan negara. Nah dengan dengan dua kemudahan ini, milenial dan gen Z cenderung lebih banyak mau dan kemudian boros.

Ada berbagai tips keuangan bagi Milenial dan Gen Z yang dibagikan oleh Felicia. Tips tersebut diantaranya:

  • Bikin budgeting dan disiplin
  • Sisihkan, bukan sisakan
  • Investasi pada diri sendiri untuk meningkatkan income
  • Punya tujuan dan strategi investasi
  • Hindari impulsive buying, beli setelah 30 hari

Aku juga banyak dapat insight dari Olga yang menyampaikan manfaat dari mindful living. “Gaya hidup minimalis menurut saya bukan serta merta tentang memakai baju warna monokrom dan memiliki sedikit barang. Lebih dari itu, perlu kesadaran untuk mengenal kebutuhan diri sendiri, melepas keterikatan yang tidak diperlukan dan “hadir” dalam setiap pengambilan keputusan. Dengan begitu, setiap pengeluaran menjadi lebih bijaksana dan setiap pemasukkan senantiasa memberikan rasa cukup. Dengan rasa cukup, kita jadi tidak mudah merasa iri dengan kehidupan orang lain yang kita lihat dari media sosial, jelasnya.

Intinya kita tuh harus selalu bersyukur dan terus bekerja keras untuk menggapai mimpi. Gitu teman-teman hehe. Jadi mulai sekarang, yuk biasakan menabung!




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar