9 Hal Tentang Belajar Bahasa Mandarin Secara Mudah dan Cepat

By Bowo Susilo - 17:24


Agar bisa mahir dalam bahasa Mandarin, Anda tentu harus belajar bahasa Mandarin. Boleh jadi, Anda berpikir jika bahasa Mandarin itu sangat sulit untuk dipahami, padahal tidak. Anda harus menyederhanakan pola pikir terlebih. Caranya, dengan menerapkan mindset bahwa Anda bisa menguasai bahasa Mandarin hingga mahir. Untuk memudahkan Anda, berikut akan disampaikan tahapan dalam mempelajari bahasa Mandarin yang benar.

1. Persiapan Sebelum Belajar

Mula-mula, Anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan proses pembelajaran. Tahap persiapan ini dapat diwujudkan melalui perumusan tujuan serta niat. Anda harus menentukan terlebih dahulu kedua aspek tersebut. Hal ini dimaksudkan agar Anda menjadi gigih dalam belajar. Sebab, ada tujuan yang harus dicapai dan niat sebagai dorongan untuk mencapainya.

2. Memahami Sistem Serta Dasar Dalam Bahasa Mandarin

Sebelum mempelajari lebih mendalam, sebaiknya Anda mengetahui dasar-dasar yang melekat pada bahasa Mandarin agar mudah dalam proses selanjutnya. Adapun dasar yang ada dalam bahasa Mandarin, seperti pinyin, angka, dan kata dasar, serta pengucapannya.

Dalam pengucapannya, terdapat empat nada yang berbeda. Pinyin merupakan kata-kata yang diwujudkan ke dalam bentuk hanzi, sehingga cukup rumit bagi pemula. Namun, setelah memahami pinyin, Anda akan mudah mempelajari bahasa Mandarin secara mendalam.

3. Mengetahui Tata Bahasa Mandarin

Tata bahasa Mandarin tidak terlalu terikat dengan grammar yang banyak, tetapi lebih mengarah ke bahasa yang analitis. Memang sedikit sulit untuk memahami struktur pengklasifikasian dalam bahasa Mandarin yang cenderung rumit bagi pemula, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Anda dapat menguasainya. Mengenai urutan dalam tata bahasanya, sama dengan bahasa Inggris.

4. Menentukan Metode Belajar Paling Sesuai

Metode untuk belajar bahasa Mandarin sangat banyak. Misalnya, secara otodidak yang berarti Anda belajar mandiri tanpa adanya pendamping. Kegiatan belajar otodidak bukan tidak mungkin akan membuat Anda mahir berbahasa Mandarin.

Metode otodidak ini dapat diimplementasikan melalui pemahaman terhadap lagu dan film bahasa Mandarin. Selain itu, Anda pun bisa memanfaatkan aplikasi yang mendukung Anda untuk mempelajari bahasa Mandarin.

5. Mengevaluasi Kemampuan Diri

Setelah melewati proses belajar, Anda pasti mendapatkan ilmu tentang seluk beluk bahasa Mandarin. Selanjutnya, Anda perlu melakukan evaluasi untuk mengukur sampai sejauh mana penguasaan Anda terhadap bahasa Mandarin yang telah dipelajari. Dengan begitu, Anda dapat menilai sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarin ke arah yang lebih baik. Adapun cara yang bisa digunakan untuk melakukan evaluasi.

6. Rutin Berbincang Dengan Native Speaker Bisa Meningkatkan Kemampuan Speaking

Melalui native speaker, Anda akan terbiasa mengucapkan bahasa Mandarin sesuai dengan logatnya. Hal tersebut juga akan memperluas kosa kata Anda. Maka dari itu, dapat menjadikan Anda semakin mahir berbahasa Mandarin.

7. Mengikuti Ujian Bahasa Mandarin

Ujian atau tes dimaksudkan supaya Anda mengerti berapa nilai yang bisa Anda peroleh terhadap penguasaan bahasa Mandarin. Apabila ternyata hasilnya kurang memuaskan, jangan pernah lelah untuk terus belajar.

8. Pentingnya Memahami Koran Serta Lagu yang Berbahasa Mandarin

Koran dan lagu merupakan benda yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Anda bisa membiasakan diri untuk membaca serta memahami koran dan lagu yang menggunakan bahasa Mandarin agar terbiasa dengan bahasa tersebut.

9. Berwisata ke Tiongkok

Traveling ke negara pemilik bahasa yang bersangkutan merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan skill berbahasa. Dalam hal ini, Anda bisa berwisata ke Tiongkok untuk menguji sekaligus improve skill bahasa Mandarin. Selain itu, juga bisa mengetahui kebudayaan negara tersebut secara langsung.

Daftar metode belajar bahasa Mandarin yang telah disampaikan di atas akan membantu Anda dalam menguasai bahasa Mandarin.  Yang tidak kalah pentingnya, Anda harus optimis bahwa Anda pasti bisa dan sukses dalam mempelajarinya. Jangan sampai menyerah ya.

 

 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar