Wujudkan Ide Bisnis Bersama Prestasi Junior Indonesia

By Bowo Susilo - 16:54

Wujudkan ide bisnis bersama Prestasi Junior Indonesia. Siapa yang memiliki jiwa berbisnis sejak berada dibangku sekolah? Mungkin banyak dari teman-teman yang memiliki jiwa bisnis sejak duduk dibangku sekolah ya. Kalau sudah ngomongin soal bisnis, ini memang bahasan yang sangat menarik. Berdasarkan Global Entrepreneurship Index (GEI) 2019: Indonesia masuk 10 negara dengan skor peningkatan tertinggi; melonjak ke peringkat 75 dari 137 negara, dari posisi sebelumnya 94 pada GEI 2018.

Anak muda yang memiliki keinginan untuk menjadi pebisnis tentu harus disambut baik oleh Pemerintah dan juga pihak swasta. Dengan harapan nantinya akan semakin banyak pertumbuhan UMKM muda yang ada di Indonesia. Jika banyak yang menjadi pebisnis, maka lapangan pekerjaan pun akan semakin bertambah dan secara otomatis bisa mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Senang banget, tanggal 10 Oktober 2020 saya bekesempatan mengikuti Awarding Ceremony Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2020 yang digelar secara daring oleh Prestasi Junior Indonesia. Jujur, kalau sudah ngomongin soal UMKM saya tuh semangat banget. Karena dua tahun lalu saya juga berkecimpung bersama para pelaku UMKM selama dua tahun.

Prestasi Junior Indonesia Dukung Tumbuhnya UMKM Muda

Prestasi Junior Inodonesia dukung tumbuhnya UMKM muda melalui Program Student Company. Program Student Company merupakan program yang diberikan kepada pelajar SMA dan SMK untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis kewirausahaan yang dibutuhkan untuk mewujudkan sebuah ide bisnis.

Oiya tentunya Prestasi Junior Indonesia tidak sendirian dalam mensukseskan Program Student Company. Beberapa yang turut andil dalam mensukseskan program Student Company diantaranya Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia), Caterpillar Indonesia, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), dan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia).

Program Student Company diikuti 900 pelajar SMA dan SMK dari 11 wilayah di Tanah Air. Program ini Berlangsung selama Januari-September 2020. Melalui edukasi kewirausahaan ini, para pelajar diberdayakan untuk memenuhi kebutuhan serta memecahkan masalah di komunitas dan lingkungan melalui usaha yang mereka dirikan dan dikelola secara mandiri. Jika jiwa wirausaha sudah ditanamkan sejak dini, maka peluang untuk menjadi seorang pebisnis akan sangat besar. Setelah lulus sekolah atau kuliah, maka akan muncul para pelaku UMKM baru yang tangguh dan siap memajukan perekonomian di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Siddharta Moersjid selaku Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “Lingkungan kewirausahaan Indonesia tengah bergerak ke arah yang kian positif. Ini yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, terlebih di tengah pandemi COVID-19. Optimisme itu yang kami usung dalam melaksanakan Program Student Company tahun ini”.

Para pelajar yang mengikuti Program Study Company, bisa belajar langsung dengan PJI dan juga relawan dari mitra PJI yang terlibat aktif dalam memberikan pendampingan untuk berbagi pengalaman dan inspirasi. Dengan demikian, para pelajar bisa belajar secara langsung bagaimana dunia usaha yang sesungguhnya, memperoleh gambaran lebih baik tentang keterampilan masa depan yang dibutuhkan untuk bisa sukses.

Selain itu juga, para peserta mulai bisa mempertimbangkan kewirausahaan sebagai pilihan karir yang potensial. Jadi, setelah lulus sekolah ataupun kuliah, tidak berfokus mencari pekerjaan saja tapi fokus membuat usaha sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan. Program Student Company tahun ini sukses memberikan manfaat kepada pelajar di 44 SMA/SMK di 11 wilayah, meliputi Batam, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Blora, Tuban, dan Denpasar. 

Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2020

ISCC 2020 merupakan agenda tahunan Prestasi Junior Indonesia bersama mitra sponsor yang diadakan untuk merayakan pencapaian pelajar peserta Program Student Company.

Nah dari 44 perusahaan siswa yang terbentuk, Prestasi Junior Indonesia menyeleksinya menjadi 9 finalis yang berkompetisi dalam ISCC 2020; yaitu Cosera SC (SMK Kartini Batam), Sevone SC (SMAN 71 Jakarta), Nature Piece SC (SMKN 20 Jakarta), Brico SC (SMA Muhammadiyah Cileungsi), Elecra SC (SMAN 11 Bandung), D'Eagle SC (SMA Karangturi Semarang), Rasendriya SC (SMAN 16 Surabaya), Saglova SC (SMAN 1 Tuban) dan Forca SC (SMAN 2 Denpasar).

Dari ajang ISCC 2020 ini, akan dipilih satu perusahaan siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia pada kompetisi bisnis di tingkat Asia Pasifik pada Agustus 2021 mendatang.

Semoga  perusahaan siswa yang terpilih bisa mengharumkan Indonesia dikancah internasional dan terus berkembang kedepannya.

Salam wirausaha!

Simak yuk video Opening & Business Presentation berikut:

 

Untuk video Awarding Ceremony ada dibawah ini ya:

 

Oiya jangan lupa ikutin akun media sosial Prestasi Junior Indonesia biar tidak ketinggalan informasi terbaru ya!

Instagram : @prestasijunior  

Facebook : @prestasijuniorID  

Twitter : @PrestasiJunior

 

 

 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar