Astragraphia Selenggarakan Kelas ASIK Jogja Bersama UMKM

By Bowo Susilo - 07:37


Astragraphia selenggarakan kelas asik jogja bersama UMKM. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dampak dari pandemi covid-19 sampai saat ini belum juga usai. Banyak yang terkena dampak dari pandemi covid-19 termasuk para UMKM yang ada di Yogyakarta.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bulan April 2020 lalu, hampir 90% pelaku UMKM di Yogyakarta terdampak karena geliat pariwisata di Yogyakarta seakan terhenti. Nah tentunya ini membutuhkan kerjasama semua pihak untuk bersama-sama mensupport UMKM agar mampu bangkit kembali.   


Kelas ASIK Jogja Ajarkan UMKM untuk Lebih Kreatif

PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melalui program CSR Astragraphia berinisiatif menyelenggarakan Kelas ASIK Jogja. Ini merupakan bentuk Good Corporate Governance (GCC) dari Astragraphia. Acara ini diikuti oleh 50 pelaku UMKM lokal Yogyakarta yang bergerak di industri kreatif, khususnya yang bergerak di bidang fashion, kuliner, dan kriya dengan omzet 1 juta hingga 25 juta rupiah setiap bulannya.

Kelas ASIK Jogja yang diselenggarakan tanggal 30 September 2020 berfokus pada pelatihan teknologi digital printing dan workshop mengenai creative packaging dan labelling. Jika sudah mulai terjun di dunia bisnis seperti UMKM, tentu harus memperhatikan teknologi digital printing, packaging, dan labeliling. Karena ini akan sangat membantu produktivitas dalam sebuah bisnis bisa berjalan dengan lancar. Melalui OFISKITA (Kanal Digital Astragraphia) juga bisa memfasilitasi UMKM untuk dapat mempromosikan produknya. 

Apalagi teknologi semakin tahun semakin berkembang, jadi para UMKM juga harus terus kreatif dalam mengembangkan produknya. Persaingan juga semakin ketat, mana yang lebih menarik dan sesuai keinginan konsumen maka itulah yang akan bertahan di pasaran.

Jujur saya senang banget bisa ikut Kelas ASIK Jogja yang diadakan secara daring ini. Karena jadi mengingatkan saya waktu menjadi konsultan Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung. Saya pernah mengabdi selama 2 tahun menjadi konsultan IKM. Apa yang saya ajarkan kepada para pelaku IKM ya sama dengan Kelas ASIK Jogja ini.

Melakukan pendampingan pelatihan, mengajarkan membuat laporan keuangan yang mudah, memperkenalkan kemasan yang menarik, labelling, dan lain sebagainya. Labelling dan packaging memang menjadi fokus utama para UMKM, karena ini akan sangat berpengaruh pada penjualan.

King Iriawan Sutanto selaku Direktur PT Astra Graphia Tbk

Dalam kesempatan ini, turut hadir King Iriawan Sutanto selaku Direktur PT Astra Graphia Tbk yang menyampaikan, “Astragraphia dengan fokus usaha di bidang printing and digital services, turut mendukung penuh bangkitnya industri kreatif selama masa pandemi dengan program pelatihan terkait teknologi pencetakan dan pembuatan kemasan/label yang kreatif dan penyediaan fasilitas pemasaran produk UMKM. Hari ini, dukungan kami wujudkan melalui Kelas ASIK Jogja kepada para pelaku industri kreatif di Yogyakarta.”

Materi pertama disampaikan oleh Yohanes Puguh. Nah materi pertama ini, Mas Puguh mengenalkan apa itu kemasan. Kemasan (Packaging) merupakan wadah atau tempat yang digunakan untuk mengemas suatu produk yang dilengkapi dengan tulisan, label, keterangan lain yang menjelaskan isi, kegunaan dan juga informasi lain yang perlu disampaikan kepada konsumen.


Market trend adalah hal penting yang harus diketahui oleh pelaku bisnis. Dari tahun ke tahun tentunya akan terus mengalami peningkatan atau inovasi. Jadi para pelaku bisnis harus bisa membaca trend yang digemari oleh konsumen. Produk-produk trend lokal itu seperti apa, trend nasional, dan lain sebagainya. Jika kemasan diperhatikan dengan baik, maka produk yang dijual akan bisa bertahan lama dan mampu bersaing dengan yang lainnya. Selain kemasan yang menarik, tentuk produknya juga harus berkualitas.

Materi kedua disampaikan oleh Aditomo Priyo selaku Business Aplication Designer Astragraphia. Peserta Kelas ASIK Jogja diajarkan bagaimana cara membuat kemasan yang menarik serta informasi apa saja yang harus ada dalam kemasan. Berikut adalah kelengkapan yang harus ada dalam sebuah packaging diantaranya informasi produk berupa alamat, No telp, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya (sesuai dengan sosial media yang dimiliki).




Nah bahan pada kemasan seharusnya seperti apa sih? Kemasan yang fleksibel biasanya berupa kardus, gelas, dan plastik. Tentunya semua ini menyesuaikan dengan produk yang akan dikemas ya. Jadi harus bisa memilih kemasan yang cocok untuk produk yang akan dijual.

Senang bisa ikut Kelas ASIK Jogja kali ini. Jadi mendapatkan banyak insight, siapa tau nantinya bisa terjun ke dunia bisnis sudah ada bekal soal kemasan. Sebenarnya sudah dari dulu pengen buat bisnis, tapi sampai sekarang belum juga jalan hehe. Semoga suatu saat bisa terealisasi, Aamiin.

Yuk Kenal Lebih Dekat Tentang Astragraphia

Mungkin sebagian dari teman-teman sudah tidak asing lagi dengan nama Astra ya. Nah PT. Astra Graphia Tbk atau sering disebut Astragraphia merupakan bagian dari Astra Group, anak perusahaan dari Astra Internasional yang bergerak di bidang printing dan digital services.

Astragraphia sebagai Perusahaan Publik memiliki portofolio bisnis Document Solution dengan mitra bisnis eksklusif Fuji Xerox, menghadirkan solusi end-to-end mulai dari kebutuhan mesin cetak personal, perkantoran, Graphic Art hingga managed print services. Sebagai perusahaan publik, Astragraphia benar-benar one stop office services. Selain itu, Astragraphia juga memiliki entitas anak yaitu PT Astra Graphia Information Technology (AGIT) yang melayani kebutuhan Solusi Teknologi Informasi, khususnya Digital Services melalui kolaborasi dengan mitra strategis kelas dunia maupun solusi sendiri yang mencakup hardware, software, services.

Melinda Pudjo selaku Chief of Corporate Secretary & Communications PT Astra Graphia Tbk berharap, program Kelas ASIK dapat memberikan kontribusi nyata bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan brand awareness dan omzet penjualan agar mampu mewujudkan UMKM yang berdaya saing, go-online, dan naik kelas.”

Semoga setelah Kelas ASIK Jogja yang sukses diselenggarakan. Astragraphia mengadakan Kelas ASIK juga dibeberapa kota lainnya, agar makin banyak UMKM yang terbantu dan bisa bangkit dari pandemi.

Salam,

 

 

 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar