Jadi Konsumen Cerdas Dengan Cek KLIK Sebelum Membeli Produk

By Bowo Susilo - 16:49

Ayo Cek KLIK Sebelum Beli Produk (Foto : www.bowosusilo.com)

Menjadi konsumen cerdas tentunya menjadi hal yang sangat wajib bagi kita semua. Ya, karena jika tidak menjadi konsumen yang cerdas tentunya akan sangat berbahaya. Mengingat sering adanya produk yang illegal dijual dipasaran. Bukan tugas Pemerintah saja untuk mengawasi dan mencegah produk illegal. Tentunya butuh bantuan seluruh masyarakat untuk turut menjaga produk-produk yang terjual dipasaran adalah legal (memiliki izin edar dari BPOM).

Bagaimana caranya untuk bisa membantu Pemerintah dalam mengawasi produk-produk yang terjual dipasaran. Caranya adalah menjadi konsumen cerdas. Dengan menjadi konsumen cerdas, tentu akan sangat membantu Pemerintah dalam mengawasi produk-produk dipasaran. 

Menjadi konsumen cerdas disini bukan hanya tugas ibu-ibu yang suka belanja loh ya. Bagi bapak-bapak pun juga harus cerdas dalam berbelanja, biarpun terkadang jarang yang belanja ya. Kebanyakan yang belanjain kebutuhan keluarga adalah sang istri. Karena kalau suatu saat kepepet harus belanja, sudah tau menjadi konsumen cerdas itu seperti apa.

Foto : www.bowosusilo.com
Sebenernya ini gampang banget kok untuk menjadi konsumen cerdas. Hanya butuh ketelitian dan juga kesabaran dalam berbelanja. Kebetulan minggu lalu, tanggal 7 September 2019 saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara yang diadakan oleh Badan BPOM RI. Acara berlangsung di Lippo Mall Kemang.  

Tentunya teman-teman semua sudah tidak asing lagi kan ya dengan nama Badan BPOM RI. Ya, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia bertugas untuk mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Seneng banget, karena BPOM mengadakan acara yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Badan BPOM mengadakan acara sosialisasi kepada masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan cara Cek KLIK. Badan BPOM juga mengenalkan aplikasi yang bisa digunakan masyarakat untuk mengecek produk dengan mudah. Nama aplikasinya Cek BPOM yang bisa  di download secara gratis. 

Ibu Penny saat menyampaikan sambutannya sekaligus menjelasskan soal pengawasan BPOM (Foto : www.bowosusilo.com)
Acara dihadiri langsung oleh Ibu Penny Kusumastuti Lukito selaku Kepala BPOM RI. Acarapun semakin menarik dan meriah karena dipandu oleh MC cetar Omesh. Acara juga dipadati oleh para tamu undangan dan juga masyarakat umum yang sedang berkunjung ke Lippo Mall Kemang. 

Dalam sambutan dan juga penjelasannya, Ibu Penny mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas. Masyarakat juga harus mendukung BPOM dalam mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan. Dengan diluncurkannya aplikasi Cek BPOM, diharapkan masyarakat akan semakin mudah untuk menjadi konsumen cerdas dengan cara Cek KLIK.

Cek KLIK itu apa saja sih. Cek KLIK sebelum membeli obat-obatan dan makanan adalah sebagai berikut:

  • Kemasan

Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik dan tidak rusak seperti berlubang, sobek, karatan penyok, dan lain sebagainya.

  • Label

Biasakan untuk selalu membaca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan cermat.

  • Izin Edar

Pastikan produk yang dibeli memiliki izin edar dari Badan BPOM. Izin edar dapat dicek melalui Aplikasi android Cek BPOM.

  • Kadaluwarsa

Nah ini yang juga tak kalah penting. Saya pribadi selalu memeriksa ini ketika membeli sebuah produk. Pastikan produk tidak melebihi masa kadaluwarsa. 

Jika temaan-teman menemukan obat-obatan yang sudah kadaluwarsa, biasakan langsung memusnahkan obat tersebut. Jika tidak segera diusnahkan, itu akan berbahaya jika digunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Misal dibuat bahan baku obat palsu, buat campuran jamu, dan lain sebagainya.

Cara untuk memusnahkan obat yang sudah kadaluwarsa tersebut adalah bisa dilakukan dengan berbagai cara ya. Pertama, pisahkan obat-obatan yang telah kadaluwarsa dan rusak dengan obat-obat yang masih baik. Kedua, hilangkan label dari wadah obat, rusak wadah obat jika memungkinkan. Ketiga, keluarkan obat dari kemasan, kemudian rusak obat dan campur dengan bahan lain seperti ampas kopi, tanah atau sampah rumah tangga lainnya.

Foto : www.bowosusilo.com
Oke sekian ulasannya ya teman-teman, semoga bermanfaat dan yuk jadi konsumen cerdas sekarang juga. Dengan Cek KLIK sebelum belanja obat-obatan dan makanan tentunya produk yang dibeli insyaallah aman. Semakin mudah kan dengan adanya aplikasi Cek BPOM. Makanya teman-teman dari sekarang, yuk download aplikasinya supaya memudahkan untuk menjadi konsumen cerdas.

Saya sudah download loh, masa kamu belum heheπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„



  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Waaah keren nih campaignnya!
    Klik!
    Apalagi kalau lagi diskon besar-besaran,suka main check out aja ga cek kadaluarsa. Kan sayang kalau udah terlanjur beli banyaaak banget, tapi kadaluarsanya udah bentar lagi.

    ReplyDelete