Jasa Logistik yang Siap Dukung Pertumbuhan UMKM di Indonesia

By Bowo Susilo - 19:27

 


Diera yang serba digital seperti sekarang ini dunia teknologi semakin berkembang dengan pesat. Hal ini membuat peluang untuk bisnis semakin terbuka luas bagi para pelaku UMKM. Bahkan buat yang mau memulai usaha sekalipun sangat dimudahkan dengan adanya perkembangan teknologi ini. Dan perlu diketahui juga nih kalau keberadaan UMKM di Indonesia tuh sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Berdasarkan data yang di rilis oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM) sepanjang 2022 UMKM di Tanah Air tercatat tumbuh begitu baik, angkanya sudah mencapai 8,71 juta unit. Data ini hanya untuk UMKM yang sudah terdaftar di platform OSS. Kemungkinan masih banyak juga yang belum terdaftar di platform OSS. Pertumbuhan yang begitu baik ini tentu harus dijaga dan dimaksimalkan dengan sebaik mungkin.

Teman-teman mungkin masih ingat waktu krisis keuangan tahun 1998. Dan UMKM di Indonesia bisa tahan banting lho pada saat itu. Hal ini bisa menjadi acuan bahwa UMKM memiliki peran penting untuk perputaran ekonomi suatu negara. Nah untuk menghadapi ketidakpastian ekonomi yang terus meningkat, UMKM bisa nih untuk dijadikan solusi jika terjadi resesi. Dengan catatan keberadaannya dimaksimalkan dengan sebaik mungkin.

Makanya kalau bisa memulai sebuah bisnis itu sudah menjadi selangkah lebih maju dibandingkan yang lainnya lho. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang sudah ada, ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dengan adanya sebuah bisnis baik kecil maupun besar maka itu akan sangat berpeluang membantu menciptakan lapangan pekerjaan kepada yang membutuhkannya.

Tips untuk memulai sebuah bisnis fashion dalam jumlah grosir

Untuk memulai sebuah bisnis memang tidaklah mudah, butuh persiapan yang benar-benar matang agar ketika bisnis dimulai bisa berjalan dengan baik. Nah persiapan dan strategi yang matang harus disiapkan jauh-jauh hari. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dipertimbangkan untuk mencapai kesuksesan dalam memulai bisnis.

1. Lakukan riset pasar dan identifikasi peluang

Lakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan potensial. Setelah itu lakukan identifikasi segmen pasar yang paling menjanjikan untuk bisnis fashion dalam jumlah grosiran.

2. Buat rencana bisnis yang matang

Tentukan tujuan bisnis teman-teman secara jelas dan rinci. Kemudian buat rencana bisnis yang mencakup analisis pasar, strategi pemasaran, analisis keuangan, dan proyeksi pendapatan dan pengeluaran. Karena ini sangat penting untuk dipersiapan biar semuanya berjalan lancar.

3. Pilih niche yang tepat

Pilih bisnis fashion dalam jumlah grosir yang ingin dijual dan spesifikasikan niche pasar teman-teman. Fokus pada produk atau layanan yang memiliki permintaan tinggi dan margin keuntungan yang baik.

4. Pilih sumber barang

Temukan pemasok atau produsen yang dapat menyediakan barang besar dengan kualitas baik dan harga kompetitif. Pertimbangkan kerjasama dengan beberapa pemasok untuk mengurangi risiko ketergantungan pada satu pemasok saja.

5. Lakukan pengelolaan persediaan yang efisien

Pertahankan persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan tanpa kelebihan yang berlebihan. Gunakan sistem manajemen persediaan yang efisien untuk menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan.

6. Bangun jaringan dan koneksi

Bangun hubungan baik dengan pemasok, distributor, dan pelanggan potensial. Ikuti pameran dagang, konferensi industri, dan acara networking untuk memperluas jaringan teman-teman.


Dukungan pemerintah terhadap pelaku UMKM

Dari tahun ke tahun, Pemerintah terus fokus dalam membantu pertumbuhan UMKM di Indonesia. Karena UMKM sebagai penyumbang produk domestik bruto nasional yang memiliki peran sangat penting. Berbagai program terbaik terus dilakukan pemerintah seperti melakukan bantuan permodalan melalui program restrukturisasi kredit, bantuan tunai untuk PKL dan warung, insentif PPh final UMKM yang ditanggung pemerintah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dukungan yang diberikan terhadap para pelaku UMKM di Indonesia tentu bukan hanya dari pemerintah saja, melainkan banyak juga dari swasta. Dan ini memang sudah seharusnya terus dilakukan dengan beriringan demi kemajuan bersama. Nah hal inilah yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku UMKM.


J&T Cargo solusi pengiriman barang dengan jasa cargo yang aman dan terpercaya

Sekarang ini banyak banget perusahaan jasa angkut barang untuk bisa memberikan solusi bagi para pelaku UMKM untuk mengirim barang dalam jumlah besar. Namun teman-teman juga harus selektif nih dalam memilih jasa layanan pengiriman barang dalam jumlah besar tersebut. Karena memang semua memiliki layanan yang hampir mirip hehe. Nah salah satu yang bisa dipilih ialah J&T Cargo nih teman-teman.

Pastinya teman-teman sudah tidak asing lagi ya kalau dengar J&T. Mungkin sebagian dari teman-teman malah ada yang udah jadi pelanggan setianya nih. Karena jasa pengiriman yang satu ini memang sering banget dijadikan pilihan bagi para pelaku UMKM atau perorangan yang akan kirim barang dalam jumlah besar nih. J&T Cargo hadir untuk membuat pengiriman barang menjadi lebih efisien dari segi biaya, waktu, dan tenaga.

Beberapa jasa pengiriman yang ditawarkan oleh J&T Cargo tentunya sangat beragam, teman-teman bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Nah beberapa layanan produk dari J&T Cargo sebagai berikut: AirTrack untuk berat mulai 1-68kg, FastTrack untuk berat mulai 10-100kg, MaxTrack untuk berat mulai 100-500kg, dan LineTrack untuk berat mulai 50-300kg.

Dalam pengiriman barang tentu yang dicari ialah jaminan keamanannya ya teman-teman. Enggak usah khawatir kalau menggunakan J&T Cargo, karena ada asuransinya dan bisa di klaim dengan mudah. Mulai dari perlindungan pokok, perlindungan maksimal, dan perlindungan barang pecah belah. 

Enggak sampai disitu, beberapa poin ini juga bisa jadi pertimbangan buat teman-teman kenapa harus memilih J&T Cargo untuk pengiriman barang dalam jumlah besar. Beberapa poin itu diantaranya harga yang kompetitif, pengiriman yang cepat, efisien, aman, dan tepat waktu, jangkauan yang luas, klaim asuransi yang cepat, dan tracking yang akurat.

Bagi Para Pelaku Bisnis yang Hendak Mengetahui Lebih Lanjut terkait Pengiriman Barang, Sampaikan Kebutuhanmu melalui bit.ly/JTCargoRangkulUMKM.




  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. sekarang kirim-kirim dengan jumlah besar makin gampang nih pake J&T Cargo

    ReplyDelete
  2. Emang paling suka deh sama pengiriman JNT Cargo.. Barang sampai lebih cepat dengan aman dan harga pun lebih terjangkau yaa.

    ReplyDelete