Langkah Tegas Menuju Masa Depan Energi Berkelanjutan di ISEW 2023

By Bowo Susilo - 19:25

Foto : www.bowosusilo.com

Halo teman-teman semua, gimana kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan segala urusannya ya, Aamiin. Belakangan ini ngerasa nggak sih kalau bumi sedang kurang bersahabat. Hal ini ditandai dengan polusi dimana-mana dan cuaca yang tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan. Dan salah satu yang paling ngerasain dampaknya ialah para petani di desa-desa. Di musim kemarau seperti sekarang ini membuat para petani harus bekerja lebih keras untuk bisa menyirami tanamannya agar tidak kering. Dan yang masih menjadi permasalahan ialah belum adanya teknologi yang memadai untuk bisa memudahkan menyirami tanaman mereka.

Nah permasalahan para petani ini mulai tercerahkan dengan adanya Indonesia Sustainable Energy Week (ISEW) 2023. Indonesia Sustainable Energy Week (ISEW) merupakan acara yang diselenggarakan oleh Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ), Clean, Affordable, and Secure Energy for Southeast Asia (CASE), serta Institute for Essential Services Reform (IESR). ISEW 2023 berlangsung dari tanggal 10-13 Oktober 2023.

Senang banget bisa berkesempatan untuk menghadiri acara yang penuh insight ini. Di hari ke-3 ISEW 2023 membahas soal langkah tegas menuju masa depan energi berkelanjutan. Sebelum acara talkshow dimulai, diawali dengan Pembacaan dan Penandatanganan komitmen sektor swasta dalam mendukung energi terbarukan.

Foto : www.bowosusilo.com

Program energi GIZ Indonesia/ASEAN memperkenalkan proyek PV-Agri dan PV-Boat

Dalam talkshow kali ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Frank Stegmueller (Penasehat Utama, Proyek SOCOOL, GIZ Indonesia/ASEAN), Giri Cahyo Hartono (Manajemen Proyek Implementasi Energi Terbarukan, PT. Semesta Energi Services), Dolorosa M Bria (BPMD Rote), Akbar Digdo (YAPEKA), Sefanya Patola (Kepala Desa Naikean).

Foto : www.bowosusilo.com

Nah pada sesi talkshow kali ini fokus pada "Mengubah Ide Menjadi Karya Nyata" mengubah konsep inovatif menjadi solusi dunia nyata yang bermakna. PV-Agri merupakan integrasi baru antara pertanian dengan energi hijau, menggabungkan produksi makanan dengan energi bersih. Diera yang serba modern seperti sekarang ini memang sudah seharusnya melihat era baru dimana teknologi dan kepedulian lingkungan bisa Bersatu.

Apa sih dampak positif yang bisa diambil dengan adanya PV-Boat ini? Dengan adanya PV-Boat akan mampu memberikan alternatif baru untuk pengembangan pariwisata danau di Rote dan masyarakat harus dapat mengelola aset ini dengan baik. Nah menjawab persoalan para petani di Desa Naikean yang kesulitan dalam menyirami tanaman di musim kemarau ini, PV Agri memberikan kesempatan bagi petani untuk mengairi tanah mereka dengan efisien. Nah dengan demikian, para petani bisa memiliki lebih banyak waktu untuk pekerjaan lainnya.

Sefanya Patola juga sharing soal warganya yang berprofesi sebagai petani yang kesusahan menyiram tanamannya, dan hal itu tetap dilakukan yakni dengan peralatan seadanya. Menggunakan air dalam sumur dan penyiraman dilakukan pagi dan sore. Sehari menyiram dua kali dan menggunakan ember. Para petani membutuhkan waktu 60 hari (dari waktu tanam sampai panen) untuk luas lahan 25m x 50m dan memakan waktu 1-2 jam. Kalau 1 hektar tentu lebih lama lagi.

Saya kepala Desa dan saya juga pernah menyiram pertanian bawang. Harapan saya terhadap proyek ini, saya terima kasih kepada Ibu dan tim, kami mendapat program dan pembangunan. Kiranya pembangunan ini akan bermanfaat dan bisa meningkatkan hasil produksi. Dan bisa melakukan pekerjaan hijau yakni menyiram tanaman dengan waktu sedikit, jelas Sefanya Patola.

Foto : www.bowosusilo.com

Akbar Digdo juga menyampaikan bahwa, kita menjadi bagian dari masyarakat dan apa yang menjadi tujuan bisa dilakukan dengan bersama. Sudah saatnya mendorong pembangunan yang rendah karbon. Kita harus memahami apa yang mereka hadapi dan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat, kita gak bisa sendiri-sendiri tapi harus kolaborasi. Dan tantangan terbesar saat ini ialah kerjasama dan keterlibatan masyarakat yang menjadi sangat penting, jelasnya.

Bersama-sama mendukung penggunaan dan pengembangan energi terbarukan

Untuk bisa turut serta dalam menjaga bumi diera yang serba modern seperti sekarang ini bisa dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya ialah turut serta mengedukasi orang di sekitar teman-teman tentang pentingnya energi terbarukan dan cara menggunakan energi dengan bijaksana. Transisi energi diera yang modern ini memang sudah seharusnya dilakukan mengingat populasi di bumi semakin padat dan tentu harus diimbangi dengan energi bersih.

Foto : www.bowosusilo.com

Dekarbonisasi juga jadi hal penting dalam upaya mengatasi perubahan iklim global dan mencapai target-target emisi karbon yang telah ditetapkan oleh banyak negara. Sekarang ini sudah mulai banyak loh negara-negara yang menggunakan energi terbarukan. Beberapa penggunaan energi terbarukan diantaranya tenaga surya, angin, dan hidro untuk menggantikan bahan bakar fosil. Perusahaan juga harus bisa mengadopsi produksi yang lebih bersih dan ramah lingkungan. Dan tanpa terkecuali yakni masyarakat juga punya peran penting disini. Intinya semuanya harus bisa berkolaborasi dengan sebaik mungkin untuk bisa menciptakan energi yang lebih ramah lingkungan sehingga bumi bisa terjaga dengan baik.

Salam,






  • Share:

You Might Also Like

0 komentar