Transmate Journey 2022 : Explore Makassar Semakin Mudah Dengan Kemajuan Transportasi

By Bowo Susilo - 01:18


Aga karabe Makassar! Akhirnya salah satu Kota impian untuk dikunjungi berhasil tercapai di Juni 2022. Yups, Makassar memang memiliki magnet tersendiri untuk dikunjungi. Makassar menjadi Kota terbesar keempat di Indonesia dan terbesar di Kawasan Timur Indonesia. Excited banget ketika dapat kesempatan untuk mengunjungi Kota Makassar.

Makassar menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sudah didukung dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai mulai dari sektor transportasinya yang lengkap, wisata alam, wisata kuliner, pusat bisnis, dan lain sebagainya. Rasanya memang kurang cukup puas kalau explore Makassar hanya beberapa hari saja.

Nah explore Makassar kali ini nggak sendirian, aku bersama ketiga temanku yakni Andrew, Raisa, dan Ratri. Perjalanan kali ini terbilang spesial karena nggak hanya explore tempat wisata di Makassar tapi juga melihat dan belajar langsung mengenai perkembangan infrastruktur transportasi, konektivitas transportasi, dan juga para insan transportasi. 

Transmate Journey Makassar 2022

Oiya mungkin sebagian teman-teman ada yang belum tau nih apa itu Transmate? Jadi Transmate merupakan sebuah komunitas dibawah naungan Kementerian Perhubungan yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan sektor transportasi. Nah setiap tahunnya Transmate berkesempatan untuk mengunjungi berbagai daerah untuk melihat sejauh mana perkembangan sektor transportasinya.

Transmate Journey tahun ini memang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya per kelompok hanya terdiri 2 orang saja, namun di tahun 2022 satu kelompok terdiri dari 4 orang. Pastinya makin seru sih kalau berempat karena makin ramai kan haha. Tahun lalu dapat di Joglosemar dan tahun ini keluar jawa yakni Makassar hehe.

Perkembangan Sektor Transportasi di Makassar    

Oke langsung aja kita cerita keseruan saat Transmate Journey kemarin ya gengs. Makassar memang bisa banget sih dijadikan salah satu rekomendasi tempat untuk liburan. Apalagi banyak kuliner enak-enak, tempat wisata, dan tentunya sudah didukung dengan transportasi umum yang memadai. Jadi nggak perlu khawatir lagi untuk keliling Kota Makassar mau naik apa.

Trans Mamminasata siap mengantarkan teman-teman untuk keliling Kota Makassar. Yups, bus Trans Maminasata hadir untuk melayani para penumpang yang mau ke berbagai tempat di Makassar. Nah kemarin aku sempet baik Trans Mamminasata dari Mall Panakukkang. Nah dari Mall Panakukkang ini melayani ke berbagai titik di Kota Makassar dan berakhir di Bandara Sultan Hassanudin. Bus nya nyaman banget dan sopir nya ramah serta gratis hehe. Iya gratis, tinggal download aplikasi Teman Bus dan siapkan kartu e-money. Tinggal tempel aja saat naik tanpa ada potongan. Lumayan banget kan bisa keliling Kota Makassar secara gratis. Kalau ke Makassar jangan lupa cobain naik Bus Mamminasata ya gengs.


Selain Trans Mamminasata juga ada DAMRI yang siap mengantarkan kalian ke berbagai destinasi yang kalian tuju. DAMRI nggak perlu diragukan lagi lah ya, sudah pasti nyaman dan harga terjangkau deh. Aku sempat berkunjung ke Kantor Cabang DAMRI Kota Makassar. Ternyara DAMRI disana memiliki rute yang sangat banyak seperti Palu, Donggala, Pasangkayu, Tikke, Bambaloka, Karossa, Topoyo, Sinjai, Pare-Pare, Bandara, dan masih banyak lagi. Jadi nggak perlu khawatir lagi kalau ma uke berbagai destinasi tinggal naik DAMRI.


Melihat Proyek Pembangunan Kereta Api Pertama di Sulawesi

Yups, kereta api sebentar lagi bakal hadir di Sulawesi lho. Pembangunan sedang berlangsung sampai sekarang yakni dari Makassar – Parepare. Akhirnya pembangunan kereta api nggak hanya fokus di Jawa saja, tetapi sudah sampai Sulawesi. Pastinya kehadiran Kereta Api di Sulawesi disambut baik oleh masyarakat setempat.

Tenang saja, masyarakat nggak perlu menunggu lama lagi dan bakal bisa menggunakan transportasi Kereta Api dalam waktu dekat. Rencananya Kereta Api yang sedang berlangsung pembangunannya ini akan beroperasi pada bulan Oktober 2022. Pembangunan Kereta Api ini masih terus dikebut dan sudah mencapai rata-rata di atas 84% untuk jalur di wilayah Kabupaten Maros dan 94% untuk wilayah Kabupaten Pangkep.



Beberapa stasiun pembangunannya sudah siap beroperasi dan tinggal menunggu finishing untuk rel nya. Hadirnya kereta api Makassar-Parepare tentunya untuk mempermudah transportasi masyarakat. Selain itu juga untuk peningkatan perekonomian baik dibidang pertanian, pariwisata, dan yg lainnya. Kalau sudah beroperasi mau wisata ke ramang-ramang jadi makin mudah. Oiya nantinya angkutan kereta penumpang bakal dibuka untuk rute tahap I Makassar-Parepare, dari Stasiun Barru ke Stasiun Marros sepanjang 71 km. Kita doakan saja semoga pembangunannya lancar dan beroperasi tepat waktu, Aamiin.

Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar

Waktu Journey kemarin juga sempat mengunjungi Pelabuhan Soekarno-Hatta. FYI nih gengs, Pelabuhan Soekarno-Hatta merupakan Pelabuhan yang memiliki lalu lintas penumpang tertinggi dan lalu lintas kargo terbesar di Sulawesi. Pelabuhannya memang sudah tertata dengan rapih dan fasilitasnya pun sudah cukup modern. Mulai dari Pelabuhan yang khusus untuk penumpang dan Pelabuhan yang khusus buat kargo.


Keberadaan Pelabuhan Soekarno-Hatta benar-benar sangat penting untuk menunjang perekonomian di Indonesia Timur. Soekarno-Hatta juga menjadi Pelabuhan dalam program tol laut Indonesia. Oiya buat para penumpang di Pelabuhan Soekarno-Hatta bakal dimanjakan dengan fasilitas yang cukup memadai seperti adanya Garbarata seperti di bandara pesawat, cetak tiket sendiri, bersih, luas, dan bangunannya masih baru.

Kemajuan suatu daerah memang ditunjang dengan adanya fasilitas transportasi yang saling konektivitas satu sama lain. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan Republik Indonesia hadir untuk terus membangun berbagai fasilitas transportasi yang memadai demi kemajuan suatu daerah.

Kalau berkunjung ke suatu daerah dan daerah tersebut sudah memiliki fasilitas transportasi tentu akan sangat memudahkan. Dan perekonomian pun juga turut maju dengan pesat.

Next kemana lagi ya enaknya 😊

Salam,



 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar