Anak Muda Harus Makin Melek Green Jobs untuk Indonesia Lebih Bersih

By Bowo Susilo - 00:06

Foto: www.bowosusilo.com

Ngomongin soal kebersihan memang menjadi topik yang sangat menarik ya. Seperti yang kita ketahui bahwa penduduk Indonesia terus mengalami peningkatan. Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik tahun 2020, jumlah penduduk di Indonesia mencapai 270,20 juta jiwa. Dari jumlah ini, didominasi dengan Gen Z (lahir tahun 1997-2012) perkiraan usianya sekarang adalah 8-23 tahun. Ini artinya anak-anak muda ini memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan bangsa ini. Agar terciptanya Indonesia yang lebih bersih, maka diperlukan peran dari anak-anak muda ini untuk lebih melek Green Jobs.

Apa sih Green Jobs itu ?

Green Jobs adalah istilah yang diberikan International Labour Organization (ILO) untuk jenis pekerjaan yang terkait dengan agenda pembangunan berkelanjutan dan rendah emisi. Pekerjaan yang ramah lingkungan inilah yang harus terus dikembangkan saat ini, agar Indonesia juga makin lestasi dan bersih.

Foto: coaction.id

Diera yang serba digital seperti sekarang ini, membuat banyak banget inovasi-inovasi dan juga peluang baru. Tentunya kita semua juga harus menyesuaikan dengan perkembangan yang terus berjalan ini. Jika kita tidak mengikuti perkembangan teknologi, yang ada bakal ketinggalan dengan yang lainnya. Diera digital ini, apa saja sih pekerjaan yang ramah lngkungan itu?

Berikut adalah contoh Pekerjaan yang ramah lingkungan (Green Jobs):

  • Ecopreneur
  • Eco Desain Architect
  • Eco Fashionpreneur
  • Electrik Car Technician
  • Energy Startup
  • Organic Foodpreneur
  • Solar Panel Technician
  • Urban Farmer
  • Waste Management Startup

Kenapa sih, mulai sekarang ini sudah seharusnya melek Green Jobs ? Negara-negara di Asia Tenggara sangat rentan terkena bencana alam seperti banjir, kekeringan, sunami, dan lainnya. Khususnya Indonesia akan menjadi wilayah yang terkena dampak oleh perubahan iklim pada tahun 2050. Nah oleh sebab itu, perlunya kesadaran seluruh masyarakat khususnya para anak-anak muda nih, untuk sadar akan lingkungan yang bersih dan lestari.

Peduli terhadap lingkungan sudah seharusnya menjadi tanggung jawab kita semua, dimulai dari diri sendiri dulu. Contoh hal kecilnya adalah jangan membuang sampah sembarangan, dan peduli terhadap kebersihan. Kita juga bisa melestarikan tanaman-tanaman hias di rumah, agar lingkungan dan suasana menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Saat ini sudah seharusnya untuk memilih Green Jobs demi kelestarian lingkungan dan Indonesia bersih. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan berbagai kekayaan alam yang melimpah, hal ini tentunya harus dijaga dan dilestarikan dengan sebaik mungkin. Bagaimana mengelola sumber daya alam yang melimpah ini agar tetap lestari dan berkepanjangan, biar sampai pada anak cucu nantinya.

Banyak banget kok peluang pekerjaan yang ramah lingkungan, diantaranya sektor kehutanan, sektor konstruksi hijau, sektor pertanian, dan masih banyak lagi. Dengan Green Jobs ini maka diharapkan akan bisa melakukan pembangunan yang berkelanjutan. Membangun ketahanan iklim, memberikan keahlian, mengurangi ketergantungan pada sumber energi intensif karbon, dan ini semua bisa dilakukan oleh manusia itu sendiri. Kelestarian lingkungan ini tergantung dengan manusianya, bagaimana mengelolanya dengan sebaik mungkin.

Nah seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan zaman, berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang akan redup dan pekerjaan yang akan bersinar bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

Foto: coaction.id


Sudah saatnya Pemerintah bekerjasama dengan swasta dan berbagai pihak terkait untuk bisa memanfaatkan energi matahari untuk listrik rumah mandiri. Energi matahari termasuk energi terbarukan yang bisa diubah menjadi energi listrik menggunakan panel surya. Lalu, apa saja sih manfaat dari panel surya ?

Berikut ini adalah manfaat dari panel surya:

  • Ramah lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim
  • Energi matahari berlimpah dan tersedia sepanjang tahun
  • Dapat dipasang dimana saja dan bersifat modular
  • Masa pakai panjang, yakni mencapai 25-30 tahun

Selain pemanfaatan energi matahari, tentunya masih banyak lagi yang lainnya seperti energi angin, energi hidroelektrik, panas bumi, lautan, dan lain-lain. Pemerintah dan semua pihak terkait harus sudah mulai melakukan ini, guna menjaga kelestarian alam dan lingkungan agar tetap nyaman dan bersih.

Sudah saatnya generasi muda khususnya dan masyarakat luas pada umumnya untuk terjun langsung ke Green Jobs (pekerjaan-pekerjaan terkait pelestarian lingkungan) untuk Indonesia lebih bersih.

Yuk jadi #EnergiMuda untuk Indonesia lebih bersih!



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar