Mari Tunaikan Zakat untuk Meningkatkan Rasa Syukur dan Mencari Keberkahan Bersama Dompet Dhuafa

By Bowo Susilo - 22:09


zakat-bersama-dompet-dhuafa-1

Marhaban Ya Ramdhan... Bulan dimana umat muslim seluruh dunia untuk melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Bulan suci ramadhan inilah umat muslim berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadahnya kepada Allah SWT. Tak terasa bulan suci ramadhan sudah tinggal menghitung hari lagi selesai.

Dengan berakhirnya bulan suci ramadhan, maka ada kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim yaitu berzakat. Apa itu zakat? Zakat yaitu membersihkan atau menyucikan harta untuk mendapatkan keberkahan hidup didunia. Mengapa umat muslim diwajibkan untuk berzakat? Ya, berzakat merupakan salah satu rukun islam, jadi sebagai seorang muslim dianjurkan untuk berzakat setelah menunaikan ibadah puasa.

Rukun Islam ada 5, diantaranya:

  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat 
  2. Mendirikan Shalat 
  3. Mengerjakan puasa dibulan suci ramadhan 
  4. Menunaikan Zakat 
  5. Naik haji bagi yang mampu

Inilah rukun islam yang harus dikerjakan oleh umat muslim. Agar ibadah kita sempurna, maka kelima rukun islam ini tentu harus ditunaikan. Nah berzakat masuk di rukun islam yang ke empat. Jadi untuk umat muslim, persiapkan dari sekarang untuk berzakat, karena bulan suci ramadhan akan segera selesai.

Perlu kita ketahui bersama bahwa, sebagian harta benda yang Allah berikan kepada kita, itu ada sebagian hak orang lain yang wajib menerima. Itulah kenapa Islam mewajibkan untuk membayar zakat. Penerima zakat tersebut diantaranya fakir, miskin, riqab, gharim, mualaf, fisabilillah, ibnu sabil, amil zakat.

Zakat terdiri dari dua jenis yaitu:

  1. Zakat Mal, yaitu zakat harta yang dikeluarkan setiap tahun sekali sesuai dengan nisab dan juga haulya. Zakat mal baru dikeluarkan apabila benda ataupun barang tersebut sudah mencaai waktu nisab atau satu tahun.
  2. Zakat Fitrah, yaitu zakat yang dikeluarkan pada saat bulan ramadhan yang dibatasi sebelum berlangsungnya ibadah shalat idul fitri. Jadi setelah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan, zakat ini wajib ditunaikan yaitu bisa berupa bahan makanan pokok seperti beras ataupun uang.

Mendekati selesainya bulan suci ramadhan, ibu saya biasanya sudah mempersiapkan beras untuk berzakat. Ibu saya membeli beras yang bagus untuk kami sekeluarga berzakat. Nah kalau zakat fitrah ini, yaitu beras sekitar 3,5 liter ataupun 2,7 kilogram.

zakat-bersama-dompet-dhuafa-3

Manfaat Menunaikan Zakat

Berzakat memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Itulah mengapa berzakat diwajibkan untuk seluruh umat muslim. Manfaat zakat diantaranya:

  • Menyucikan Harta

Jika kita sudah mentunaikan zakat, baik zakat fitrah dan juga zakat maal. Itu berarti kita sudah menyucikan harta yang dimiliki dan tentunya akan membawa keberkahan selama di dunia. Insyaallah selama mencari rezeki dan usaha yang dilakukan di dunia akan mendapat kemudahan oleh Allah SWT. 

Banyak yang akan terbantu dengan dikeluarkannya zakat yang kita berikan. Yaitu para saudara-saudara kita, fakir-miskin dan juga anak yatim piatu. Berbgai sudah diajarkan dalam islam, inilah yang patut kita syukuri karena bisa meningkatkan sikap membantu satu sama lain. 

Dari berbagi nikmat seperti zakat inilah, nantinya akan dapat mendatangkan nikmat yang lainnya. Kalau kita tidak berbagi, maka keberkahan itu akan sulit didapatkan. Semakin banyak berbagi terhadap sesama yang membutuhkan, maka semakin banyak pula keberkahan yang didapatkan.

  • Meningkatkan Rasa Syukur

Menunaikan zakat fitrah, tentunya akan menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala rezeki yang dimiliki. Dengan cara peduli terhadap saudara yang membutuhkannya. Rasa syukur ini tentu tidak hanya dilakukan saat berzakat saja.  Dalam kehidupan sehari-hari berbagi kepada fakir-miskin dan anak yatim piatu juga perlu dilakukan, untuk memperkuat rasa syukur atas semua nikmatnya. 

  • Memperluas Pintu Rezeki

Menunaikan zakat juga akan memperluas pintu rezeki kita. Semakin banyak kita berbagi kepada orang yang membutuhkan bantuan, maka pintu rezeki itu akan terus terbuka lebar. Berzakat ini akan menambah rezeki kita, bukan mengurangi. Pada saat kita memberikan zakat, maka Allah sudah menyiapkan rezeki yang berlipat ganda untuk menggantinya.

  • Menumbuhkan Sikap Tolong Menolong

Menunaikan zakat dan memberikannya kepada orang yang berhak menerinya juga termasuk sikap tolong menolong. Tolong menolong bisa dilakukan banyak hal, baik dalam segi fisik ataupun materi. Semuanya bertujuan untuk mendapatkan kebberkahan dari Allah SWT. 

Nah diera yang serba digital ini, berzakat bisa dilakukan dimana saja. Misal sedang ada diperantauan dan bingung untuk berzakat dimana, Dompet Dhuafa bisa dijadikan pilihan untuk menyalurkan zakat kita.

zakat-bersama-dompet-dhuafa-2

Tunaikan Zakat Bersama Dompet Dhuafa

Setelah kita paham akan pentingnya zakat dan manfaat berzakat, maka seharusnya kita tidak perlu takut ataupun ragu, bahkan menunda-nunda untuk berzakat. Segera tunaikan zakat untuk raih keberkahan.

Zakat bisa dilakukan dengan mudah melalui kanal donasi Dompet Dhuafa. Tentu sudah pada tau kan, Dompet Dhuafa itu apa? Dompet Dhuafa merupakan lembaga filantropi islam yang bersumber dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf, serta dana halal lainnya. 

Dompet Dhuafa juga berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan wirausaha. Dompet Dhuafa memiliki tujuan untuk mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan. 

Tentu sudah tidak diragukan lagi kepercayaan menunaikan zakat di Dompet Dhuafa. Prosesnya pun sangat gampang dan gak ribet untuk bisa berzakat di Dompet Dhuafa.

Langsung saja mengunjungi websitenya disini disini , semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Saatnya tunaikan zakat dengan mudah bersama Dompet Dhuafa. #JanganTakutBerzakat

Oiya bagi yang masih bingung soal hitungan zakat, berapa besaran zakat yang harus dikeluarkan. Bisa langsung hitung dengan kalkulator zakat loh. Tentunya ini sangat mudah dan membantu bagi yang masih bingung untuk menentukan besaran zakat yang dikeluarkan. Untuk selengkapnya bisa klik disini

Yuk segera tunaikan zakat untuk mendapatkan keberkahan :)

Berikut niat untuk berzakat:

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri
ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”
Niat Zakat Fitrah untuk Istri
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”
Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”
Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”
Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”
Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk… (sebutkan nama spesifik), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar