Bersama Bergerak Berdaya Menjaga Bumi Agar Tetap Lestari

By Bowo Susilo - 10:58

 


Bersama Bergerak Berdaya Menjaga Bumi Agar Tetap Lestari – Hola gengs, gimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan dilancarkan segala urusannya ya, Aamiin. Belakangan ini pada ngerasa juga nggak sih gengs kalau cuaca tidak menentu. Kadang panas dan kadang tiba-tiba hujan. Udah gitu polusi udara terus terjadi di kota-kota besar salah satunya ialah Jakarta. Ini bukan lagi menjadi persoalan yang biasa aja nih. Tapi ini menjadi persoalan yang sangat serius.

Karena kalau kita semua enggak aware dengan permasalahan lingkungan yang ada bakalan berdampak negatif di kemudian hari. Bahkan sekarang aja dampak negative bisa dirasakan terutama di kota-kota besar. Karena semakin tahun semakin bertambah pula penduduk di Indonesia. Itu artinya penghuni di bumi semakin bertambah pesat setiap tahunnya. Nah ini menjadi perhatian bersama agar sama-sama untuk lebih aware dalam menjaga bumi.

Kasihan generasi yang akan datang jika menjaga bumi tidak digalakkan dari sekarang juga. Karena untuk membuat perubahan bisa dengan mudah dilakukan sedini mungkin. Dan semua masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga bumi agar tetap lestari. Kalau semuanya cuek dan hanya segelintir saja yang aware dalam menjaga bumi ya susah juga. Karena untuk membuat perubahan tuh memang bisa dengan mudah jika dilakukan secara serentak dan bersama-sama.

Berdasarkan kategori ini bisa turut serta jaga bumi

Langkah kecil yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi

Untuk memulai berkontribusi dalam menjaga bumi caranya gampang banget. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan itu semua bisa melakukannya dengan mudah kok. Beberapa langkah kecil yang bisa dilakukan ialah sebagai berikut:

Tidak membeli makanan atau minuman dalam kemasan

Memberikan perubahan dalam hal positif memang selalu memiliki tantangan tersendiri dan memang enggak mudah. Apalagi terkait soal sampah dalam kehidupan sehari-hari. Karena memang susah untuk bisa meninggalkan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari. Tapi ini bisa dilakukan jika memang sudah niat bulat dan berusaha untuk bisa terus melakukannya. Seperti tidak membeli makanan atau minuman dalam kemasan. Karena ini bakalan menjadi penyumbang sampah pastinya.

Tidak menggunakan tissue

Siapa yang susah banget untuk meninggalkan menggunakan tissue? Jujur Aku pribadi memang agak susah untuk bisa meninggalkan menggunakan tissue dalam kehidupan sehari-hari. Tapi memang berusaha terus untuk mencobanya. Karena dengan menggunakan tissue setiap hari ya otomatis bakalan nyampah juga.

Tidak menghasilkan sampah makanan

Ini hal mudah untuk bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari tetapi banyak yang menyepelekannya. Padahal jika ini tidak dilakukan makan akan jadi penyumbang sampah. Usahakan kalau makan selalu dihabiskan dan jangan bersisa. Nah ini bisa banget untuk dilatih dan dilakukan. Seperti contohnya ialah ambil porsi makanan sesuai diri masing-masing. Lebih baik ambil kurang sedikit daripada ambil makanan kebanyakan dan tidak dihabiskan.

Ambil tema soal sampah dan mari lakukan perubahan bersama-sama

Bawa bekal

Kalau ngomongin bekal jadi inget pas masih sekolah. Iya pas sekolah dulu soal perbekalan rasanya udah sampai tamat sih hehe. Karena memang sering banget bawa bekal pas waktu sekolah. Dan memang program dari sekolahnya tuh ada. Yakni disuruh gurunya untuk membawa bekal dan dimakan bersama-sama di kelas. Walau dengan lauk pauk seadanya tapi kalau makan ramean memang selalu menyenangkan dan terasa enak banget.

Nah kebiasaan membawa bekal kemanapun ini harus terus dipertahankan dan dijalankan terus nih. Karena ini bakalan berdampak besar dan pastinya positif. Kalau udah bawa bekal aetinya udah enggak perlu jajan lagi. Dan ini jadi salah satu kontribusi dalam mengurangi sampah.

Itu dia langkah kecil yang jika dilakukan secara bersama-sama akan berdampak besar. Nah kalian juga bisa mengikuti challenge #BersamaBergerakBerdaya dan bagikan video aksi kecilmu untuk bergerak demi mencegah dampak perubahan iklim menjadi semakin buruk.

Karena perubahan besar dimulai dari langkah kecil!

Semangat bersama-sama untuk menjaga bumi agar tetap lestari!



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar