Melihat Fasilitas di Zona Madina Hasil Wakaf Binaan Dompet Dhuafa

By Bowo Susilo - 08:06


Ketika ngomongin wakaf, apa nih yang langsung terlintas di fikiran teman-teman? Wakaf mungkin langsung kepikiran tanah atau yang lainnya ya. Tapi untuk berwakaf itu tidak harus dalam bentuk tanah lho. Dan sekarang ini seiring dengan berkembangnya teknologi, untuk berwakaf bisa dilakukan dengan mudah dan siapa saja bisa berwakaf. Karena dengan Rp10.000 sudah bisa berwakaf bersama Dompet Dhuafa lho.

Yups, Dompet Dhuafa mempunyai program Wakaferse atau Wakaf Universe. Nah melalui program inilah teman-teman bisa banget untuk berwakaf mulai dari Rp10.000. Biasanya kan kalau Rp10.000 paling buat beli kopi itu aja masih kurang ya. Nah ini sudah bisa untuk berwakaf dan pastinya pahala akan terus mengalir abadi.

Oke kita bahas lebih detai yuk soal pengertian wakaf itu sendiri seperti apa. Wakaf adalah suatu bentuk amal ibadah dalam agama Islam di mana seorang individu atau kelompok menyumbangkan sebagian atau seluruh miliknya, seperti tanah, bangunan, atau uang, untuk kepentingan umum atau kegiatan sosial. Nah wakaf ini memiliki tujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan umat secara berkelanjutan. Pada dasarnya, wakaf adalah bentuk filantropi dalam Islam yang menggabungkan aspek keagamaan dan sosial.


Intimate Gathering Dompet Dhuafa di Zona Madina

Dompet Dhuafa memiliki program Wakaferse atau Wakaf Universe yang memiliki tujuan untuk mengajak semua orang bisa berwakaf. Karena untuk bisa berwakaf itu tidak harus menunggu kaya dan tidak harus dalam jumlah besar juga. Wakaf bisa ditunaikan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Nah pada acara Intimate Gathering kali ini tanggal 30 Oktober 2023 di Zona Madina mengusung tema “Bersama Lebih Bermakna”. Ya saya kira ini udah jadi tema yang cocok nih, karena apapun itu jika dilakukan bersama-sama akan lebih bermakna pastinya. Dan sesuatu jika dilakukan bersama-sama akan memiliki dampak yang lebih luas juga pastinya.

Intimate Gathering kali ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Eka Setiawati (Direktur Mobilisasi dan Sumberdaya Dompet Dhuafa), Sulistiqomah (So Retail Fundraising Wakaf) dan Ustadz Syari’ie el-Bantanie (Praktisi Wakaf Dompet Dhuafa dan Penulis Buku Membangun Peradaban Wakaf).

Ketika berkunjung ke Zona Madina ini, semuanya terlihat jelas bahwa manfaat wakaf sungguh luar biasa jika dikelola dengan baik. Seperti Zona Madina yang memiliki luas 8,5 hektar yang merupakan sebuah kawasan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan oleh Dompet Dhuafa. Disinilah banyak masyarakat yang terlibat dan langsung mendapatkan manfaatnya.


Fasilitas di Kawasan Zona Madina Ada Apa Aja Sih?

Buat masyarakat sekitar Parung – Bogor tentu sudah tidak asing lagi lah ya dengan Kawasan Zona Madina. Karena kawasan ini memang cukup luas dan suasananya sejuk banyak pepohonan. Dan fasilitas di Zona Madina ini sudah cukup lengkap mulai dari pemberdayaan bidang kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya, pendidikan, dan juga wisata.


RS Rumah Sehat Terpadu (RST)

Oke kita bahas satu-satu ya teman-teman soal fasilitas di Zona Madina Parung – Bogor. Untuk sektor kesehatan ada RS Rumah Sehat Terpadu (RST) yang telah dibangun pada tanggal 7 Januari 2009 dan diresmikan tahun 2012. Nah di RST ini tentunya melayani semua masyarakat yang mau berobat kesini baik BPJS ataupun umum. Jujur RST di Zona Madina ini cukup luas dan memiliki fasilitas cukup lengkap serta suasananya yang asri karena banyak pepohonan disekitarnya.


Smart Ekselensia Indonesia & Kampus Budi Bakti

Untuk sektor pendidikan di Zona Madina ada Smart Ekselensia Indonesia yang merupakan salah satu sekolah terbaik binaan Dompet Dhuafa. Nah di Smart Ekselensia Indonesia ini melayani anak didik mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA. Dan menariknya lagi, banyak banget siswa-siswi disini yang berprestasi lho. Dan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan ada Kampus Budi Bakti.



Kopi Madaya, Rumah UMKM, Teras Madina Resto, DD Water

Nah untuk sektor ekonomi di Zona Madina sendiri juga cukup lengkap mulai dari Kopi Madaya. Buat teman-teman yang suka ngopi wajib banget mampir ke Kopi Madaya karena memang kopinya enak dan diambil langsung dari pelaku UMKM lokal. Selanjutnya ada juga Rumah UMKM yang menjadi tempat kemasan produk-produk UMKM.

Nah kalau pas main-main ke Zona Madina dan lapar enggak usah khawatir karena ada Teras Madina Resto yang menjual aneka menu makanan dan minuman. Jujurly kemarin Aku cobain menu Tongseng Iga Daging Sapi, asli enak banget. Dan untuk minumannya Es Doger Alpukat. Itu salah satu menu rekomendasi dari Aku untuk teman-teman cobain hehe. Selanjutnya untuk minumannya pun di Zona Madina juga punya brand sendiri lho, namanya DD Water.


Mini Zoo Madina, Guest House, Madina Green House

Nah untuk bidang wisatanya ada juga dong pastinya diantaranya Mini Zoo, Guest House, Madina Green House, Lapangan Panahan, Area Bermain dan lain sebagainya. Intinya kalau ke Zona Madina sudah enggak bingung lagi mau berkegiatan apa aja. Karena memang fasilitasnya sudah cukup lengkap termasuk sektor wisatanya.


Masjid Al-Madina

Dan di kawasan Zona Madina juga sudah dilengkapi dengan Masjid Al-Madina yang cukup besar. Masjid ini diresmikan pada tahun 2016. Selain menjadi tempat ibadah tentunya juga menjadi pusat dakwah. Bahkan untuk teman-teman yang mau menggunakan Aula Masjid untuk berbagai acara juga bisa loh. Di dekat Masjid juga sudah dilengkapi dengan pusat perbelanjaan namanya Daya Mart.


Jujur senang banget pas main-main ke Kawasan Zona Madina di Parung – Bogor. Dan ini semua tuh merupakan hasil pengelolaan dari dana wakaf. Benar-benar luar biasa ketika dana wakaf bisa dikelola dengan sebaik mungkin. Makin berkah dan bermanfaat bagi masyarakat luas pastinya.

Yuk semangat untuk terus berwakaf. Karena mulai dari Rp10.000 sudah bisa berwakaf bersama Dompet Dhuafa. Wakaferse #TeruskanKebaikanmu #PahalaMengalirAbadi




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar