Kilau Digital Permata Flobamora, Bangga Buatan Indonesia

By Bowo Susilo - 16:49


Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan keanekaragamannya disetiap daerah. Kita sebagai warga negara Indonesia tentu patut berbangga dengan ini semua. Produk-produk UMKM di Indonesia tuh keren-keren banget lho. Tentunya nggak kalah kerennya dengan luar negeri. Ini sudah saatnya kita semua bangga dengan produk-produk Indonesia dan mari bersama-sama kita kenalkan ke sluruh Inodonesia bahkan dunia. 

Ditengah pandemi seperti sekarang ini hampir semua terkena dampaknya salah satunya adalah para pelaku UMKM. Tentu ini juga menjadi perhatian Pemerintah bagaimana agar UMKM bisa terus bangkit ditengah pandemi. Nah mengenai hal itu, Pemerintah membuat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang pertama kali diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 sebagai upaya untuk menyelamatkan UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19.   


Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, Alor)

Jumat, 18 Juni 2021 puncak acara Gernas BBI yang berlangsung di Nusa Tenggara Timur menghadirkan Beberapa tamu undangan VVIP baik secara offline maupun online antara lain adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat).  

Apa sih tujuan dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia? Gerakan ini bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Gerakan yang merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.

Rangkaian acara ini dikemas dengan semenarik mungkin dan diisi dengan berbagai rangkaian acara seperti talkshow, Bazaar Expo produk-produk UMKM, menampilkan keindahan tenun khas Flobamora NTT, ada juga hiburan musik.  

Nah ngomomgin soal kain tenun, siapa nih yang suka koleksi kain tenun khas Indonesia khususnya NTT? Jujur saya pribadi suka banget dengan kain tenun yang ada di Indonesia, salah satunya adalah kain tenun khas Provinsi NTT. Bahkan bukan hanya terkenal di Indonesia saja lho, kain tenun juga terkenal hingga ke manca negara. Makin bangga deh dengan kain tenun khas Indonesia.


Dalam sambutannya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia diluncurkan untuk mengajak semua lapisan masyarakat agar makin bangga dan cinta dengan produk anak bangsa. Karena produk-produk UMKM juga nggak kalah bagus dengan produk luar negeri.

Belanja Produk UMKM NTT Dengan Mudah

Melalui Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora, Kominfo mendukung digitalisasi UMKM di Provinsi NTT. Di tahun 2021, Kominfo melalui BAKTI akan membangun sekitar 422 BTS 4G di wilayah NTT yang tersebar di 16 kabupaten, di antaranya yaitu Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur.


Nah pada serangkaian virtual expo ini, masyarakat bisa banget loh mendapatkan produk-produk UMKM sesuai dengan keinginan. Karena semuanya bisa dilakukan secara online, jadi nggak perlu khawatir lagi deh. Berikut adalah caranya:

  • Buka www.kilaudigitalflobamora.id
  • Pilih menu “Pameran Virtual”
  • Registrasi dan isi data diri seperti nama, no hp, dan email
  • Masuk pada lobby area expo dan pilih berbagai menu yang tersedia
  • Nah pada “Exhibition Hall” ada 4 pilihan yaitu Food A, Food B, Fashion, dan Craft. Pilih sesuai dengan keinginan.
  • Pilih produk yang akan dibeli, kemudian klik e-commerce untuk langsung berbelanja
  • Masukkan alamat pengiriman, jenis pengiriman, dan metode pembayaran
  • Tinggal duduk manis dirumah, barang akan segera dikirim deh

Gimana mudah banget kan belanja online produk-produk UMKM NTT. Kapan lagi kan bisa menikmati virtual expo sekaligus bisa berbelanja. Yuk ah dukung terus produk-produk UMKM untuk terus maju dan bangkit ditengah pandemi seperti sekarang ini.

 

#KilauDigitalFLobamora

#DiIndonesiaAja

#SiapBersamaUMKM

#BeliProdukNTT




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar