Ayo Imunisasi dan Wujudkan Generasi Emas Indonesia

By Bowo Susilo - 16:02

Mewujudkan generasi emas Indonesia tentu menjadi fokus pemerintah. Nah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah gencar melakukan imunisasi untuk anak-anak diseluruh daerah di Indonesia. Mengapa sih imunisasi itu penting untuk dilakukan?

Oke, sebelum kita bahas soal pentingnya melakukan imunisasi, kita harus tahu dulu apa itu imunisasi? Imunisasi adalah proses yang menyebabkan seseorang menjadi imun sehingga tercegah dari penyakit melalui vaksinasi. Nah vaksinasi ialah pemberian vaksin kedalam tubuh untuk menghasilkan imunitas spesifik untuk penyakit tertentu. Sedangkan vaksin ialah produk biologis yang dapat menghasilkan imunitas spesifik untuk penyakit tertentu.


Nah tentunya istilah imunisasi dan vaksinasi sering banget kita jumpai dikehidupan sehari-hari ya. Karena memang istilah ini sering dianggap sama dan dipakai secara bergantian. Edukasi pentingnya melakukan imunisasi masih perlu nggak sih? Jawabannya masih sangat-sangat perlu. Ternyata masih banyak anak-anak di berbagai daerah di Indonesia yang belum melakukan imunisasi secara rutin dan lengkap lho. Padahal kita tahu, manfaat dari imunisasi itu sangatlah penting.

Pentingnya pelayanan imunisasi tetap dilaksanakan selama pandemi Covid-19

Jumlah anak yang belum melakukan imunisasi dasar lengkap tahun 2020 masih tergolong sangat banyak. Ada 786 ribu lebih anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap pada tahun 2020. Nah terlebih disaat pandemi seperti sekarang ini, imunisasi pada anak sangatlah diperlukan. Untuk para orang tua tidak perlu khawatir untuk melakukan imunisasi pada anak disaat pandemi seperti sekarang ini.

Pemerintah menganjurkan agar imunisasi tetap diberikan selama masa pandemi Covid-19 ini dengan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Berdasarkan survey soal kesediaan orang tua membawa anak untuk imunisasi dimasa pandemi ini masih banyak yang khawatir atau tidak mau membawa anaknya untuk melakukan imunisasi. Padahal semua proses imunisasi dilakukan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Inilah pentingnya edukasi secara terus menerus kepada masyarakat agar lebih aware soal pentingnya imunisasi pada anak.


Vaksinasi rutin harus terus dilakukan untuk mencegah penyakit yang dapat mengakibatkan kunjungan medis, dan perawatan di rumah sakit yang tidak perlu. Nah pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah membuat petunjuk teknis pelayanan imunisasi pada masa pandemi Covid-19. Berikut adalah petunjuk teknisnya:

  1. Imunisasi tetap diupayakan lengkap dan dilaksanakan sesuai jadwal untuk melindungi anak dari P3DI
  2. Pelaksanaan kegiatan operasional pelayanan imunisasi baik di Puskesmas maupun Posyandu mengikuti kebijakan Pemerintah Daerah setempat
  3. Bila dilaksanakan di Posyandu, harus menjalankan prinsip social distancing
  4. Bila dilaksanakan di Puskesmas harus dilakukan dengan prinsip social distancing
  5. Bila social distancing sulit dilakukan, kegiatan pelayanan imunisasi dapat ditunda, dicatat, prinsip penjangkauan defaulter tracking, sesegera mungkin memberikan imunisasi selanjutnya
  6. Kegiatan pencatatan dan pelaporan tetap seperti biasa
  7. Kegiatan surveilans PD3I selama masa pandemi harus dioptimalkan


Mungkin para orang tua sempat mengalami ketertinggalan melakukan imunisasi dasar secara lengkap pada anak. Nah hal ini masih bisa diatasi lho dengan melakukan imunisasi kejar (catch-up immunization). Nah untuk melaksanakan imunisasi kejar, ada beberapa hal nih yang harus diperhatikan, berikut diantaranya:

  1. Idealnya rencana imunisasi kejar harus berdasarkan catatan riwayat imunisasi anak
  2. Bila catatan tidak ada, sesuaikan dengan usia anak
  3. Setiap kunjungan vaksinasi harus dinilai status imunisasi anak, untuk mengurangi kemungkinan missed opportunities for vaccination
  4. Untuk mengejar dapat diberikan imunisasi ganda
  5. Jadwal pemberian vaksin dapat dipersingkat
  6. Pilih vaksin sesuai dengan kebutuhan

Yuk imunisasi anak sekarang juga dan mari bersama-sama wujudkan generasi emas Indonesia.

Salam,



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar