Cerdas Memilih Makanan Kemasan dengan Pewarna Makanan Alami

By Bowo Susilo - 00:33


Vitakrim Raspberry Yogurt

Cerdas memilih makanan kemasan dengan pewarna makanan alami tentu sangat penting ya teman-teman. Makanan kemasan memang menjadi pilihan banyak orang ya, selain praktis dan pastinya enak hehe. Tapi harus cerdas juga dalam memilih makanan kemasan agar tetap aman dan sehat.

Teman-teman tau nggak sih, makanan kemasan yang kita konsumsi itu pengolahannya seperti apa? Dalam pengolahannya tentu saja bisa berbeda-beda ya, tak sedikit makanan kemasan yang menggunakan bahan tambahan untuk memperenak rasa ataupun tampilannya misalnya dengan menambahkan pewarna pada makanan.

Penambahan pewarna makanan yang cerah-cerah memang menambah selera dan membuat orang penasaran ingin mencobanya. Sayangnya, banyak oknum yang tidak bertanggungjawab yang memnggunakan bahan pewarna tambahan dari zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Nah ngomongin soal pewarna makanan, sudahkah teman-teman memperhatikannya ketika membeli makanan kemasan?

Cara Cerdas Memiliih Makanan Kemasan dengan Pewarna Makanan Alami

Sebelum membeli makanan kemasan atau minuman sebaiknya memperhatikan label dengan teliti. Jangan buru-buru membelinya, alangkah lebih baik membacanya dulu dengan teliti. Dengan begitu, kita akan tahu informasi lengkap tentang produk yang akan dibeli. Jika makanan atau minuman tersebut menggunakan bahan pewarna tambahan yang berbahaya, ya jangan dibeli karena dapat berisiko bagi kesehatan.

Selain memperhatikan label pada kemasan, teman-teman juga bisa mengenalinya dari warna makanan tersebut. Makanan atau minuman yang menggunakan zat pewarna berbahaya biasanya memiliki warna yang terlalu mencolok dan cerah mengkilap. Biasanya tidak mencantumkan label atau informasi produk pada kemasan, sehingga konsumen tidak bisa mengetahui informasi produk dengan jelas.

Vitakrim Raspberry Yogurt

Jujur, saya kalau beli makanan dan minuman selalu memperhatikan informasi produk yang mau dibeli seperti masa kedaluwarsa, label, komposisi dll. Terkadang cowok kan kalau belanja nggak mau lama ya hehe, tapi demi tahu informasi produk dengan lengkap ya gak apa-apa lama. Daripada salah beli produk yang sudah nggak layak dikonsumsi kan.

Usahakan cari produk yang menggunakan warna alami pada daftar bahan saat membeli produk. Ketika kita mengkonsumsi makanan dan minuman dengan bahan-bahan alami tentu akan memberikan dampak baik bagi tubuh yakni akan lebih sehat.

Bahaya Konsumsi  Makanan dan Minuman dengan Pewarna Makanan Buatan

Makanan yang menggunakan pewarna buatan memang menggugah selera, namun efek sampingnya bagi kesehatan tentu tidak bagus. Berdasarkan study yang dilakukan oleh University of Southampton telah meunjukkan bukti peningkatan tingkat hiperaktif pada anak-anak yang mengonsumsi campuran beberapa pewarna makanan buatan dan pengawet natrium benzoat.

Nah peningkatan tingkat hiperaktif pada anak-anak dapat dideteksi pada umur 3 tahun dan 8 tahun. Penelitian ini dilakukan pada 153 anak usia 3 tahun dan 144 anak usia 8 tahun di Kota Southampton. Anak-anak yang dipilih ini dari populasi umum untuk mewakili keseluruhan perilaku yakni normal dan hiperaktif.

Oiya perilaku hiperaktif disini adalah perilaku yang ditunjukkan dengan peningkatan gerakan, impulsif, dan kurangnya perhatian. Anak-anak yang terbagi menjadi dua kelompok tersebut, kemudian diberikan minuman yang mengandung salah satu dari dua campuran pewarna makanan dan pengawet benzoat.

Setelah dilakukan selama periode enam minggu, hasilnya menunjukkan bahwa ketika anak-anak diberikan minuman yang mengandung campuran tes, dalam beberapa kasus perilaku mereka jauh lebih hiperaktif.

Makanya sebisa mungkin harus teliti dalam memilih makanan apalagi buat anak-anak. Jangan sampai tidak memperhatikan label pada kemasan. Baca informasi pada label dengan teliti.

Nabati Vitakrim Raspberry Yogurt

Ngomongin soal makanan dengan pewarna makanan alami, saya mau review Nabati Vitakrim Raspberry Yogurt yang baru saya beli. Saya suka banget dengan perpaduan wafer renyah dan raspberry yogurt yang sangat enak. Jujur, ini memang enak  sih karena dibuat dengan warna-warna alami dari sumber alami. Jadi, bukan pewarna buatan dari zat kimia ya teman-teman.

Lalu sumber pewarna alaminya dari mana nih? Sumber pewarna alami yang digunakan pada Nabati Vitakrim Raspberry Yogurt adalah dari mineral, tanaman dan sayuran seperti wortel, bit merah, ubi jalar, spirulina, dan masih banyak lagi. Jadi rasanya tuh benar-benar enak, di tenggorokan juga tidak gatal.

Vitakrim Raspberry Yogurt

Nabati Vitakrim Raspberry Yogurt juga mengandung vitamin C. tentu teman-teman tahu ya, banyak banget manfaat dari vitamin C diantaranya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu merawat kesehatan tulang dan gigi dan masih banyak lagi.   

Jujur, semenjak pandemi ini kegiatan banyak dilakukan dirumah aja. Biar nggak bosan tentu butuh makanan ringan yang sehat juga hehe. Nah buat teman-teman yang mau cobain Nabati Vitakrim Raspberry Yogurt bisa langsung beli di ecommerce atau supermarket kesayangan teman-teman.  

#BetterNaturallyBetterFuture

Selamat mencoba!

@bowosusilo94



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar