IWIC 10, Indosat Ooredoo Kembangkan Ekonomi Digital Indonesia

By Bowo Susilo - 19:57

Alexander Rusli saat memberikan hadiah kepada anak muda yang berprestasi
(Foto: Bowo Susilo)
Dari dulu saya suka banget dengan anak kecil, karena anak kecil itu lucu dan selalu bikin senang hehe. Apalagi anak-anak kecil sekarang yang sudah punya banyak prestasi, wah bikin bangga deh pastinya. Nah minggu lalu saya dapat kesempatan untuk berjumpa dengan anak-anak kecil yang punya banyak prestasi dalam dunia teknologi. Wah semangat banget saya untuk hadir diacara itu.


Acara yang saya hadiri kemarin adalah IWIC 10 Developer di Gedung Indosat Ooredoo Jakarta Pusat. Indosat Ooredoo kembali melahirkan investor muda yang berbakat dalam bidang aplikasi mobile melalui ajang Indosaat Ooredoo Wireless Innovation Contest ke-10 (IWIC 10). Dalam acara ini telah terkumpul anak-anak muda yang mempunyai kreativitas tinggi dan tentu patut diapresiasi.

Ajang yang sangat bergengsi ini bukan hanya diikuti technopreneur muda dari Indonesia, namun juga technopreneur muda dari beberapa negara yang megikuti ajang IWIC 10 yang mulai tahun ini sudah "go global" ke berbagai negara. Sebanyak 34 peserta menjadi juara pada IWIC 10 dari total 3.592 proposal yang diterima, baik itu ide maupun aplikasi yang berasal dari Indonesia dan peserta global seperti Jepang dan Myanmar.

IWIC merupakan program corporate social responsibility (CSR) Indosat Ooredoo pilar inovasi dan edukasi. Dengan adanya program seperti ini, maka dengan mudah akan mendapatkan generasi-generasi muda yang mempunyai bakat dan bisa dikembangkan untuk menjadi lebih besar. Acara ini pun disambut baik oleh kalangan masyarakat dan berlangsung sangat meriah saat acara kemarin.

Dalam acara ini turut hadir President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli. Dalam sambutannya, Alexander Rusli menyampaikan "Kami sangat senang dengan hadirnya generasi muda dari luar negeri, yang secara otomatis memberikan kesempatan para developer muda terbaik Indonesia bersaing dengan para developer global. Kami berharap hal ini akan dapat meningkatkan daya saing talenta lokal agar mampu bersaing ditingkat global. Ini merupakan kesempatan bagi generasi muda untuk menunjukkan kemampuan mereka dipentas global, sekaligus menciptakan aplikasi berkualitas buat bangsa dan masyarakat Indonesia," ujarnya.


Rangkaian grand final IWIC 10, para peserta juga mengikuti Developer Conference yaitu diskusi panel yang dapat diikuti oleh para pelajar dan developer dengan topik bahasan yang menarik terkait dunia digital dengan para ahli sebagai narasumber. Dalam acara ini juga, finalis dapat kesempatan untuk mempresentasikan karyanya didepan para investor melalui sesi Smart Pitching dengan tujuan sebagai ajang penggalangan dana untuk pengembangan ide-ide serta karya yang sudah diciptakan.

Indosat Ooredoo berharap IWIC akan terus berkembang demi mewujudkan program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pemain Ekonomi Digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020. Kami yakin IWIC akan mampu menjadi salah satu langkah awal bagi generasi muda dalam pengembangan ide-ide terkait dunia digital agar mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, ujar Alex.


Peminat untuk mengikuti ajang ini sangat besar lo, wah tentu ini menjadi semangat tersendiri bagi penyelenggara bahwa banyak generasi muda Indonesia yang punya semangat tinggi dalam mengembangkan teknologi. Sejak diluncurkan pada April 2016 lalu, jumlah proposal yang masuk meningkat dari tahun sebelumnya. Tahun lalu IWIC menerima 3.173 proposal, 1.738 proposal pada 2014, dan 667 proposal di tahun 2013. Nah untuk total proposal ide yang telah diterima IWIC selama 10 tahun mencapai 10.703. Wow banyak juga ya ternyata, semoga generasi muda Indonesia semakin semangat dalam berkarya demi memajukan bangsa Indonesia.



Oiya IWIC juga menyajikan beberapa konten kompetisi yang spesial lho, salah satunya adalah menghadirkan kategori spesial untuk wanita. Antusias para wanita ini pun juga tidak kalah saing pastinya. Jumlah proposal ide dan aplikasi pada kategori spesial woman & girls meningkat dari tahun lalu.

"Salah satu pilar dari program-program CSR kami adalah mampu meningkatkan jumlah wanita yang terhubung dengan internet. Tahun ini, kami mendapatkan peningkatan angka peserta wanita yang cukup signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya, ini merupakan indikasi bahwa wanita juga mampu berperan dalam pengembangan dunia digital." tambah Alex.

Wah keren banget nih program dari CSR Indosat Ooredoo. Semoga terus berkarya untuk memajukan Bangsa Indonesia.

Foto: Bowo Susilo
Salam,
www.bowosusilo.com


  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Keren yang juara masih unyu-unyu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masih unyu-unyu banget Haha.

      Patut diapresiasi para generasi muda yang punya inovasi tinggi :)

      Delete