Bagi Pengguna WhatsApp, ini Cara Menghemat Kuotamu

By Bowo Susilo - 01:54


WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan singkat yang populer di Indonesia, kamu mungkin salah satu penggunanya. Tapi tahukah kamu bisa menghemat pemakaian kuota internet pada aplikasi ini. Penghematan kota internet pengguna whatsapp tidak secara otomatis melainkan kamu perlu melakukan pengaturan pada beberapa fitur.

Paling penting gunakan kuota keluarga yang murah dan dapat banyak. Sehingga bisa digunakan yanpa khawatir cepat habis. Selain itu kuota keluarga ini memungkinkan berbagi kuota dengan kerabat dan keluarga terdekat. Tidak hanya hemat kamu bisa berbagi dengan keluarga.

Cara Menghemat Kuota Pada WhatsApp

Dilansir dari berita banten, saling berkirim pesan singkat atau gambar, file, panggilan video maupun berbagai momen pada story WhatsApp banyak menyedot kuota internet kamu. Namun ada trik yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian kuota internet pada aplikasi whatsapp. Mau tahu berikut cara menghemat kuota pada penggunaan whatsapp.

1. Nyalakan fitur “Low Data Usage”

Aplikasi whatsapp memiliki fitur bernama Low Data Usage. Dengan mengaktifkan fitur tersebut dapat mengurangi penggunaan data seluler untuk telepon dan video call.  Penggunaan kuota internet akan otomatis lebih hemat.

Namun perlu dipertimbangkan jika koneksi kamu masih 3G atau di bawahnya. Sebab kualitas telepon serta kecepatan kirim pesan akan berkurang dari biasanya. Berikut cara mengaktifkan fitur Low Data Usage:

  • Masuklah ke menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih klik Data and Storage Usage atau penyimpanan dan data
  • Pilih nyalakan toggle atau centang Low Data Usage hingga berwarna hijau

2. Pantau konsumsi data WhatsApp

Tahukah kamu, pengguna aplikasi WhatsApp dapat melihat statistik pemakaian kuota internet. Kamu dapat mengetahui berapa banyak kota yang kamu gunakan secara terperinci. Mulai dari penggunaan telepon cat yang dikirim hingga pengunduhan media.

Kamu juga dapat mereset data setiap bulan untuk melihat rata-rata pemakaian setiap bulannya. Dengan begitu kamu dapat mengontrol penggunaan aplikasi chatting tersebut. Berikut cara akses pemakaian kota internet  WhatsApp:

  • Masuklah ke Pengaturan
  • Pilih Data and Storage Usage
  • Pilih Network Usage.

3. Nonaktifkan auto-download media

Penerimaan media seperti foto video audio dokumen menjadi yang cukup banyak menyedot  kuota internet. Dalam lagi jika kamu tergabung ke dalam banyak grup WhatsApp yang aktif biasanya banyak membagikan file yang sebenarnya tidak terlalu penting. Tidak hanya menghabiskan kuota file-file tersebut juga menghabiskan kapasitas memori.

Untuk mengatasinya kamu dapat menonaktifkan auto download, agar file yang diterima tidak otomatis diunduh secara otomatis dalam ponsel.  kamu dapat memilih media mana yang penting untuk diunduh dan yang tidak perlu.

Berikut cara nonaktifkan Auto download:

  • Masuklah ke Pengaturan
  • Pilih Data and Storage Usage.
  • Klik “When using mobile data” dan hilangkan semua centangnya (pada pengguna Android) atau pilih Wi-Fi atau Never pada setiap pilihan file (untuk pengguna iOS)

4. Atur backup data hanya saat kamu menggunakan Wi-Fi

Berikutnya kamu dapat mengurangi pemakaian kuota dengan mengatur backup chat dan media hanya ketika terhubung Wifi. Berikut caranya:

  • Masuk ke Pengaturan,
  • Klik Chats lalu le menu Chat Backup dan Back up over,
  • Pilih Wi-Fi only.

Itulah cara menghemat kuota internet pada penggunaan aplikasi WhatsApp. Cukup mudah tinggal mengatur beberapa fitur. Makin mudah memilih kuota keluarga yang murah, jadi kamu tidak perlu khawatir penggunaannya. Mau sedikit banyak kuota yang tidak habis-habis bahkan bisa dibagikan.






  • Share:

You Might Also Like

0 komentar